6 Tips Mudah dalam Menyiapkan Liburan ke Bali

Libur panjang kini semakin dekat, apakah kamu sudah menyiapkan rencana liburanmu nanti? Kalau belum, yuk simak tips mudah menyiapkan liburan ke Bali ala saya.

6 Tips Mudah dalam Menyiapkan Liburan ke Bali
6 Tips Mudah dalam Menyiapkan Liburan ke Bali

Selamat datang bulan September! Ahh, tidak terasa waktu liburan panjang sudah semakin dekat~ Rencananya sih, libur tahun baru nanti saya mau jalan-jalan. Pokoknya, saya ingin santai-santai lah~

Setelah suntuk dengan rutinitas di kampus, saya sangat butuh yang namanya liburan! Tapi jujur, saya itu orang yang malas keluar rumah sih. Makanya, sesekali saya mau mencoba keluar dari zona nyaman saya.

Saya pernah membayangkan bagaimana rasanya solo travelling. Itu lho, yang jalan-jalan sendirian gitu. Biasanya nih, saya kalau liburan jauh-jauh pasti bareng keluarga (seperti saat menghadiri upacara ngeroras beberapa tahun yang lalu). Sesekali, saya juga ingin bisa liburan sendirian.

Sebagai tempat awal untuk memulai liburan sendirian ini adalah: Bali! Ahahaha, sengaja sih milih Bali, biar lebih dekat dengan keluarga di kampung. Jadi kalau ada apa-apa, saya bisa langsung menghubungi saudara di sana~

Nah, biar liburan saya berjalan dengan sukses, maka wajib hukumnya membuat persiapan/rencana liburan. Berikut ini sedikit tips mudah dari saya untuk mempersiapkan liburan ke Bali nanti.


1. Cari Waktu Liburan yang Tepat

Cari Waktu Liburan yang Tepat
Cari Waktu Liburan yang Tepat [shutterstock]
Yap, sebelum merencanakan liburan, kamu harus tahu waktu yang pas untuk pergi. Umumnya, orang-orang akan mencari waktu liburan panjang seperti libur tahun baru sebagai waktu berlibur mereka.

Tapi ada untung-ruginya juga sih memilih waktu libur panjang begini. Untungnya, saya tidak perlu izin dari kampus. Namun ruginya, tempat wisata pasti bakalan ramai banget, dan harga tiket pesawat pasti sedang mahal-mahalnya. Namun itu tidak masalah, yang penting tujuan saya untuk liburan tercapai~


2. Cari Destinasi/Tujuan yang Diinginkan

Cari DestinasiTujuan yang Diinginkan
Cari DestinasiTujuan yang Diinginkan [shutterstock]
Berhubung Bali itu luas, saya harus fokus mencari tempat wisata yang bakal jadi tempat berlibur saya. Kalau biasanya saya liburan di daerah pegunungan (kampung saya di Karangasem, daerah sekitar Gunung Agung), maka kali ini saya mau main ke daerah pantai!

Biar seru, saya memutuskan untuk pergi ke daerah wisata yang belum pernah saya kunjungi: Legian! Daerah ini terkenal memiliki pantai yang tak kalah dari Kuta dan Sanur. Selain itu ada beberapa objek wisata lain di Legian yang pastinya bakal menambah keseruan liburan saya nanti~


3. Siapkan Anggaran Selama Liburan

Siapkan Anggaran Selama Liburan
Siapkan Anggaran Selama Liburan [shutterstock]
Ini penting banget, mengingat saya orangnya sangat cukup boros dalam pengeluaran. Saya sering banget tergoda untuk beli barang-barang lucu sebagai oleh-oleh, atau mencicipi berbagai makanan khas saat di tempat wisata.

Maka dari itu, mengatur anggaran yang ketat sebelum pergi liburan adalah solusi bagi saya. Cukup dengan mengalokasikan dana untuk makan, transportasi, tempat menginap, tiket masuk tempat wisata, dan sedikit untuk belanja oleh-oleh. Kalau sudah diatur begini kan jadi tenang~


4. Buat Daftar Barang Bawaan

Buat Daftar Barang Bawaan
Buat Daftar Barang Bawaan [shutterstock]
Sebelum berangkat, pastikan kamu sudah menulis daftar barang yang akan dibawa selama berlibur. Utamanya sih pakaian, mulai dari pakaian dalam, kaos, celana, dan aksesoris. Kalau saya paling cuma bawa pakaian kasual saja.

Selain pakaian, saya biasanya juga bawa ponsel, pengisi daya, power bank, dan peralatan mandi. Semuanya harus bisa masuk ke dalam satu buah koper, biar mudah dibawa-bawa. Kalau cemilan sih bisa beli di bandara atau saat tiba di tempat tujuan.


5. Cari Tiket Pulang-Pergi

Cari Tiket Pulang-Pergi
Cari Tiket Pulang-Pergi [shutterstock]
Berikutnya adalah cari tiket pulang-pergi. Biasanya, semakin pesan dari jauh-jauh hari, semakin murah harganya tiket pesawatnya. Kadang ada beberapa maskapai dan situs pencarian tiket daring yang memberikan promo diskon, jadi sering-seringlah cek situs mereka~


6. Cari Akomodasi di Tempat Liburan

Cari Akomodasi di Tempat Liburan
Cari Akomodasi di Tempat Liburan [shutterstock]
Yang terakhir dan yang terpenting adalah cari tempat menginap selama liburan nanti. Saya bisa saja mencari hotel/penginapan langsung saat tiba di Legian. Tapi, itu kan merepotkan ya~ Apalagi di musim liburan nanti, hotel-hotel pasti sudah pada penuh.

Makanya, saya pun mulai berburu hotel di beberapa situs pencarian hotel daring. Ada banyak sekali situs pencarian hotel yang menawarkan beragam jenis hotel dengan harga bervariasi.

Setelah menimbang-nimbang, akhirnya pilihan saya jatuh ke situs Traveloka. Karena di Traveloka, pilihan hotelnya lebih lengkap, dan harga kamar yang ditawarkan pun lebih murah dibanding situs pencari hotel lainnya.

Mencari hotel di Traveloka
Mencari hotel di Traveloka [traveloka]
Proses pencarian hotel pun sangat mudah di Traveloka, hanya dengan 3 langkah saja. Cukup masukkan destinasi/nama hotel, pilih durasi menginap, dan isi berapa orang/kamar yang dibutuhkan.

Dari berbagai pilihan Hotel Traveloka, saya pun memilih Sandat Hotel Kuta yang terletak di Jl. Popies II, Benesari, Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Legian, Kuta. Menurut saya, kamar yang ditawarkan sudah sesuai dengan kebutuhan saya, dan harganya pun lumayan murah.

Sandat Hotel Kuta
Sandat Hotel Kuta [traveloka]
Saat booking, kamu tinggal isi nama kontak, nomor telepon, alamat email, dan nama lengkap tamu yang menginap. Selanjutnya, tinggal bayar deh. Oh iya, selain bayar dengan kartu kredit atau transfer bank, kamu juga bisa bayar langsung di hotelnya nanti. Jadi lebih aman dan mudah kan~

Pokoknya, memesan hotel di Traveloka tuh sama sekali tidak sulit. Dengan proses pembayarannya yang mudah dan cepat, pilihan hotel yang di tawarkan pun lengkap di seluruh Indonesia, bahkan di dunia!


Nah, itulah beberapa tips dari saya untuk menyiapkan liburan ke Bali nanti. Oh iya, jangan ragu untuk mencari hotel buat liburan nanti di Traveloka. Dijamin kamu bakal menemukan berbagai keuntungan dan kemudahan yang sudah saya sebutkan tadi. Terima kasih sudah membaca!

Salam,
Agung Rangga


Catatan: Tulisan ini adalah sponsored post, bila kamu ingin bekerja sama dengan saya, silakan hubungi saya di halaman “Kontak”.

Iklan

Penulis: Agung Rangga

Salam kenal! Saya adalah seorang Indonesian lifestyle blogger yang hobi menulis, baca komik, dan jalan-jalan.

8 thoughts

  1. 14-16 sept besok aku ke baliiiiii :D. Ga sabar, walopun bisa dibilang tiap thn selalu k bali ama kantor, ttp aja seneng kalo ksana. Tp jujurnya, krn prgi ama kantor, ga bisa milih tempat. Krn udh diatur. Selalunya pantai lagiiii. Pdahal, aku sukanya daerah2 atas di bali kyk ubud. Pokoknya yg sejuk2. Tp yo wiiis lah :p. yg ptg bisa liburan

  2. betul sekali, cari informasi salah satunya di Traveloka saya dapat tiket Denpasar-Melbourne 500 ribuan one way, jadi deh jalan-jalan seminggu di Melbourne dan Sydney. waktu itu-Des2016 ga nemu tarif yang sama di OTA lain. Amazing.

Apa pendapatmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s