Summer Course FSRD ITB 2018 (bagian akhir)

Summer Course FSRD ITB 2018 (bagian akhir)

Saat semester pertama kuliah di Magister Desain ITB, saya berkesempatan untuk mengikuti Summer Course FSRD ITB 2018 untuk kelas Digital Game Design, dengan tema “Connecting Cultures Through Digital Technology”. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 5-11 September 2018, di mana pesertanya terdiri dari mahasiswa yang berasal dari Jepang dan Indonesia.

Lanjutan dari: Summer Course FSRD ITB 2018 (bagian 1)

8/9 – Game Development

Setelah kami selesai merumuskan konsep dasar dari game yang akan dibuat kemarin, hari ini kami mulai melaksanakan game development. Di tahap ini kami mulai merancang berbagai puzzle yang akan dimasukkan ke game kami. Selain itu kami juga mulai membuat daftar aset gambar yang harus dibuat, serta mulai mencicil aset-aset gambar tersebut.

Proses game development
Proses game development

Saya mendapatkan tugas dalam membuat aset untuk berbagai key items yang menjadi objektif dalam game yang kami rancang. Anggota lainnya ada yang merancang background, karakter, dan elemen visual lainnya. Sementara itu, 2 orang anggota kami yang berasal dari Jepang mengerjakan coding untuk game ini.

9/9 – Barbeque Party

Hari ini adalah hari yang spesial, karena proses game development kami tidak lagi dilakukan di kampus, melainkan di sebuah tempat bernama Haroem Residence. Tempat ini semacam guest house, di mana rumahnya cukup luas dan asri. Ketika menuju ke sana, saya sempat tersesat gara-gara petunjuk dari Google Maps yang lagi gangguan.

Santai sambil barbeque party
Santai sambil barbeque party

Di sini semua peserta summer course melanjutkan proses game development, termasuk kelompok saya. Tiap kelompok bebas mau bekerja di ruang mana saja di rumah ini, kelompok kami pun memilih kamar di lantai 2 yang cukup sunyi dan tenang. Setelah beberapa jam bekerja, tidak terasa kami berhasil membuat semua aset game, dan progres game kami semakin bagus.

Foto bersama setelah barbeque party
Foto bersama setelah barbeque party

Saat hari menjelang sore, kami semua berhenti mengerjakan game development, dan berkumpul di taman belakang rumah. Di sana sudah tersedia berbagai macam makanan yang dimasak ala barbeque party. Ada daging sapi, sosis bakar, kentang goreng, dan lain-lain. Selain peserta yang merupakan mahasiswa, para dosen dan profesor pun turut datang dan berpesta bersama. Saat malam tiba, kami semua pamit pulang ke rumah masing-masing.

10/9 – Ulang Tahun

Selamat ulang tahun, Gung! Yap, hari ini adalah hari ulang tahun saya yang ke 25 Tahun. Karena status saya adalah mahasiswa baru di ITB, jadi tidak banyak yang tahu bahwa hari itu adalah ulang tahun saya. Hanya beberapa orang yang mengucapkan selamat di tengah kesibukan kami melanjutkan game develompent di kampus. Karena semua aset gambar sudah selesai, kini tinggal menyelesaikan proses coding saja.

11/9 – Hari Terakhir

Ini adalah hari terakhir acara summer course, dan syukurlah game yang kami buat telah selesai 100%. Kami pun dengan percaya diri melakukan presentasi hasil game develompent yang kami buat selama seminggu ini di depan para profesor dan dosen. Setelah presentasi, semua kelompok melakukan playtest, yaitu kegiatan menguji game antar kelompok.

Foto bersama semua peserta summer course
Foto bersama semua peserta summer course

Sorenya, kami semua jalan menuju gedung aula barat ITB, dan mengikuti seminar Indonesia Game and Apps Conference 2018. Di sana kami juga membuka lapak di mana pengunjung seminar dapat mencoba game yang kami buat. Reaksinya macam-macam sih, dan rata-rata bilang kalau game kami bagus dan seru. Setelah acara selesai, kami semua berfoto bersama sebagai kenang-kenangan terakhir.


Kira-kira begitulah cerita keseruan saya bersama teman-teman dalam mengikuti kegiatan Summer Course FSRD ITB 2018. Benar-benar satu minggu yang sangat menyenangkan!

Salam,
Agung Rangga

Diterbitkan oleh

Agung Rangga

Hai, salam kenal! Saya adalah seorang dosen yang hobi menulis, baca komik, dan jalan-jalan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s