Bermain Nintendo 3DS XL

Bermain Nintendo 3DS XL
Bermain Nintendo 3DS XL

PermainanBermain Nintendo 3DS XL memang sangat menyenangkan! Selain untuk mengisi waktu luang, dengan bermain game-game di konsol ini juga dapat meredakan stress dan kepenatan akibat mengerjakan tugas kuliah. Hah, kamu baru dengar nama “Nintendo 3DS”? Oke, berikut ini akan saya ceritakan sedikit mengenai makhluk apa ini sebenarnya.

varian Nintendo 3DS
varian Nintendo 3DS [sumber]

Nintendo 3DS merupakan sebuah konsol game portable yang diproduksi oleh perusahaan game ternama di Jepang: Nintendo. Salah satu keunggulan dari konsol game ini adalah kemampuannya menampilkan efek 3D (tiga dimensi) stereoscopic pada game tanpa menggunakan alat bantu seperti kacamata 3D. Hal ini tentu merupakan sebuah terobosan baru di dunia industri konsol game portable.

Saat ini, ada 3 varian jenis Nintendo 3DS, yaitu Nintendo 3DS (berukuran mini), Nintendo 3DS XL (berukuran jumbo) dan Nintendo 2DS (berbentuk datar, tanpa fitur 3D). Yang saya miliki adalah jenis Nintendo 3DS XL berwarna merah. Selain itu, masih ada banyak sekali fitur-fitur unggulan pada konsol game ini, antara lain:


Layar 3D dan Slider Pengatur Kedalaman Efek 3D

Layar 3D dan Slider Pengatur Kedalaman Efek 3D
Layar 3D dan Slider Pengatur Kedalaman Efek 3D [sumber]

Hoho, ini dia fitur unggulannya~ Seperti yang dijelaskan di awal, layar atas Nintendo 3DS memiliki fitur menampilkan efek 3D stereoscopic yang dapat menimbulkan kesan ruang dan kedalaman pada game, sehingga bermain game-game 3D menjadi lebih mudah. Kalau belum terbiasa dengan efek 3D-nya, kamu bisa mengatur kedalaman efek dengan mengubah posisi slider 3D-nya. Selain itu, efek 3D ini juga bisa dimatikan total, sehingga kamu bisa memainkannya dengan efek 2D saja, sehingga mata tidak cepat lelah.


Kamera 3D dan Sensor Game (Motion & Gyro)

Kamera 3D dan Sensor Game (Motion & Gyro)
Kamera 3D dan Sensor Game (Motion & Gyro) [sumber]

Konsol ini juga menyematkan kamera, bukan cuma 1, melainkan 3 sekaligus! 2 kamera di bagian luar berfungsi untuk menangkap foto berefek 3d, yang bisa ditampilkan di layar atas 3DS. Sementara 1 kamera ada di bagian dalam untuk kamu yang hobi selfie. Ditambah lagi ada 2 sensor game yang bisa memudahkan kita dalam bermain! Motion sensor dan gyro sensor akan beraksi ketika kita memiringkan atau memutar 3DS, sehingga menambah keseruan pas waktu bermain.

Baca juga: Pokemon X & Y [Nintendo 3DS]


Kontrol Analog, 2 Layar, dan Stylus

Kontrol Analog, 2 Layar, dan Stylus
Kontrol Analog, 2 Layar, dan Stylus [sumber]

Yay, inilah fitur favorit saya! Pertama, 3DS memiliki 2 buah layar, layar atas untuk menampilkan efek 3D, layar bawah sebagai layar sentuh dengan menggunakan bantuan stylus! Jadi, bermain game di 3DS tidak akan membosankan, karena kita bisa berinteraksi dengan mudah berkat 2 layar ini. Kedua, adanya kontrol analog yang memudahkan kita menggerakkan karakter dalam game dengan lebih luwes, jadi gak perlu capek-capek lagi pencet tombol arah (d-pad).


Kartu Memori, Streetpass, dan Software Lainnya

Kartu Memori, Streetpass, dan Software Lainnya
Kartu Memori, Streetpass, dan Software Lainnya [sumber]

3DS juga dilengkapi slot kartu SD untuk menyimpan lagu, foto, dan game digital. Ada juga fitur Streetpass, yang berguna untuk mengetahui siapa saja orang disekitarmu yang juga memainkan konsol 3DS ini, dengan cara bertukar informasi menggunakan wifi. Serta, masih banyak lagi software yang terdapat di dalam konsol ini, yang tentunya bisa jadi hiburan selingan ketika bosan bermain game.


Nintendo eShop

Nintendo eShop
Nintendo eShop [sumber]

Selain menggunakan game berbentuk fisik (berupa cartridge, semacam kaset game), 3DS juga dilengkapi dengan fitur game digital yang dijual di toko khusus bernama eShop. Di sini, kita bisa membeli berbagai macam game dan aplikasi dengan menggunakan kartu kredit atau voucher eShop. Saya sih lebih senang membeli game digital, karena gak perlu repot-repot gonta-ganti cartridge untuk memainkan game lain.

Baca juga: Pergilah Malas!


Tidak Bisa Dibajak & Belum Ada Emulatornya

Dulu pas masih menggunakan Nintendo DS Lite (sesepuh 3DS), kita sih bisa dengan leluasa memainkan game-game bajakan. Di 3DS sih sebenarnya bisa, cuma prosedurnya ribet banget! Antara lain, kita harus menyiapkan uang sekitar Rp 800.000,- untuk beli Gateway (semacam flashcard, untuk main game bajakan) dan firmware 3DS harus masih berada di 4.5 (sekarang udah di 9.0 loh!).

Makanya, saya lebih memilih untuk membeli game original. Biarpun harganya (lumayan) mahal, tapi jadi ada rasa lebih aman dan bangga karena bisa mendukung para pengembang game 3DS. Oh iya, sejauh ini, GAK ADA EMULATOR UNTUK 3DS! Yap, jadi jangan harap bisa memainkan game 3DS di komputer atau smartphone kamu, beli konsolnya!


Harga dan Region

Untuk harga konsol 3DS sekitar 1,7 juta, 3DS XL sekitar 2,5 juta, sedangkan 2DS sekitar 1,5 juta (karena masih baru, jadi agak mahal). Sedangkan harga gamenya berkisar antara 100-500 ribu rupiah. Sistem 3DS ini ada region lock-nya dan ada 3 region: USA, Jepang, dan Eropa. Kamu gak bisa main game lintas region (konsol USA dengan game Jepang), melainkan harus 1 region (konsol USA dengan game USA).


Hmm, jadi bagaimana? Sudah tahu kan tentang nintendo 3DS? Ehehehe, sekedar info, Nintendo 3DS XL saya dibeli dengan uang hasil hadiah lomba konsep game di event Gameworks kemarin. Kamu bisa baca liputan lombanya di tulisan ini dan ini. Untuk kedepannya, akan saya coba ulas beberapa game 3DS yang sudah saya mainkan.

Terima kasih sudah membaca, silakan tinggalkan komentar di bawah ya~

Salam – Agung Rangga