Kuliah Semester 3 di DKV

Kuliah Semester 3 di DKV
Kuliah Semester 3 di DKV

KuliahSemester 3 di DKV, yang berarti seorang mahasiswa Desain Komunikasi Visual sudah ada di tahun keduanya di jurusan ini. Total ada delapan matakuliah dengan jumlah 21 SKS. Mulai dari Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), English for Business Communication, Statistika, Studio DKV 2, Dasar Komputer Multimedia, Teknologi Grafika, Pengantar ICT, serta Inovasi dan Kreasi.

Eits, sebelum lanjut membaca, perlu saya beritahukan bahwa sekarang (saat tulisan ini diterbitkan) saya sedang berada di semester akhir, yaitu semester 8! Dan tulisan ini saya buat untuk memberikan gambaran padamu tentang seperti apa mata kuliah yang diajarkan di jurusan “Desain Komunikasi Visual” (DKV). Mungkin tidak semua universitas mengajarkan matakuliah yang sama dengan kampus saya (Telkom University), namun kurang lebih inti pelajarannya berkisar tentang desain dan seni (dengan tambahan ilmu manajemen dan bisnis).

Baca juga: Kuliah Semester 2 di DKV


Hak Atas Kekayaan Intelektual (2 SKS)

Matakuliah yang akan saya bahas pertama adalah HAKI. Pastinya kamu pernah mendengar kata tersebut kan? Bagi seorang desainer (yang juga merupakan kreator), penting banget memahami apa itu HAKI. Di sini, saya belajar seluk beluk HAKI, mulai dari permasalahan hak cipta, merek, sengketa HAKI, persaingan tidak sehat, hingga rahasia dagang. Saya lupa nama dosen yang mengajar (maaf ya bu!), tapi beliau mengajar dengan sangat baik. Tugas di matakuliah ini pun tergolong mudah, hanya buat makalah dan presentasi kelompok.


English for Business Communication (2 SKS)

Ini merupakan matakuliah lanjutan dari General English pada semester sebelumnya (semester 2). Perbedaannya terletak pada materi yang diajarkan, bila di General English baru diajarkan dasar-dasarnya, di matakuliah EBC ini saya diajarkan ke tingkat yang lebih advance. Misalnya belajar mengenalkan company profile, memperdalam tenses, sampai belajar business meeting conversation. Dosen yang mengajar yaitu Bu Gartika Rahmasari, yang sering memberikan tugas kelompok.


Statistika (2 SKS)

Eh, tunggu dulu! DKV belajar statistika?!?! Hahaha, buat kamu yang berharap di jurusan DKV tidak ada hitung-hitungan, siap-siap kecewa~ Benar, karena jurusan DKV saya adalah berbasis manajemen desain, maka muncullah matakuliah yang terkutuk ajaib ini. Mungkin berbeda dengan jurusan ekonomi yang belajar statistikanya lebih dalam, di statistika DKV kita hanya belajar dasar-dasarnya, seperti mengulang pelajaran matematika pas SMA.

Seingat saya, yang dipelajari di sini seputar mean, median dan modus (kamu pasti tahu kan?), serta beberapa rumus-rumus lainnya (yang sudah lama saya lupakan). Dosen yang mengajar adalah Bu Ati Mustikasari (dosen yang sama pada matakuliah Manajemen Bisnis Desain di semester 2), yang suka banget ngasih kuis mendadak (tapi aslinya baik banget kok~).


Studio DKV 2 (4 SKS)

Kalau di matakuliah Studio DKV 1 kemarin masih menggunakan teknik manual (menggunakan cat, kertas, dll), di matakuliah Studio DKV 2 ini saya mulai belajar menggambar digital (menggunakan Wacom Bamboo dan Paint Tool Sai). Waktu itu, tugasnya disuruh membuat infografis, poster ilustrasi dari lirik lagu hingga belajar buat ilustrasi dalam berbagai gaya (mulai dari art deco, art nouveau, dll). Dosen yang mengajar adalah Bu Kireina Windiah.


Dasar Komputer Multimedia (2 SKS)

Hore, belajar di Lab iMac lagi! Matakuliah DKM ini merupakan lanjutan dari matakuliah Dasar Komputer Grafis di semester kemarin, yang diajarkan oleh Pak Dicky Hidayat. Di sini saya belajar menggunakan software Adobe Flash, dengan membuat beberapa aplikasi slideshow dan game sederhana berbasis Flash. Awalnya agak sulit sih, karena saya dituntut untuk memahami beberapa kode-kode pemrograman. Tapi kalau sudah bisa, rasanya menyenangkan sekali!


Teknologi Grafika (3 SKS)

Sama seperti matakuliah DKM, matakuliah ini diajar oleh Pak Dicky Hidayat. Pada matakuliah ini, saya belajar tentang seluk beluk dunia cetak-mencetak. Perlu banget loh seorang desainer memahami proses dan teknik cetak, karena nantinya akan sangat membantu kerja kalian. Oh iya, di matakuliah ini, saya bersama mahasiswa lainnya mengadakan kunjungan ke salah satu percetakan besar di Bandung, dan di sana kami berkenalan dengan berbagai macam jenis mesin cetak. Selain kuis, saya bersama kelompok saya membuat buku sejarah Jawa Barat sebagai tugas besarnya.


Pengantar ICT (3 SKS)

Matakuliah ini sebenarnya agak membosankan sih, karena materinya jauh dari apa yang saya dan teman-teman saya kuasai. Seperti namanya, matkul yang diajar oleh Pak Yudi Priyadi ini mengajarkan dasar-dasar dunia ICT (Information and Communication Technologies). Kami mempelajari bagaimana struktur web, menghitung bilangan biner, hingga mengetahui segala hal mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Tugas yang saya ingat sih cuma presentasi per kelompok, dimana kelompok saya menjelaskan tentang apa itu GPS (Global Positioning System).


Inovasi dan Kreasi (3 SKS)

Dan matakuliah terakhir di semester tiga ini adalah Inovasi dan Kreasi, yang diajar oleh Bu Alberta Haryudanti. Di matkul ini, mahasiswa diajarkan membuat suatu inovasi dan terobosan baru dalam berkarya. Untuk tugas kelompoknya, kami disuruh membuat poster acara kreatif. Sementara untuk tugas individunya, saya membuat poster konsep inovasi transportasi massal, serta satu produk bibit tanaman instan yang memanfaatkan bekas cup mie sebagai potnya.


Baca juga: Kuliah Semester 1 di DKV

Kira-kira, begitulah gambaran perkuliahan yang saya jalani di semester tiga ini. Dengan total delapan matakuliah, semester tiga ini benar-benar banyak menguras tenaga saya. Tapi gak apa-apa, tugas-tugas yang diberikan cukup menyenangkan kok, dan saya sangat menikmatinya. Sampai jumpa di semester berikutnya.

Salam – Agung Rangga