Kuliah Semester 5 di DKV

Kuliah Semester 5 di DKV
Kuliah Semester 5 di DKV

Kuliah – Semester 5 di DKV. Memasuki tahun ketiga kuliah, semester ini merupakan semester paling sibuk yang saya alami. Bayangkan saja, total matakuliahnya berjumlah 9, dengan jumlah SKS sebanyak 24. Manajemen waktu dan kedisiplinan berperan sangat penting dalam menjaga saya tetap fokus. Nah, seberapa seru kuliah di semester 5 ini?

Eits, sebelum lanjut membaca, perlu saya beritahukan bahwa tulisan ini saya buat untuk memberikan gambaran padamu tentang seperti apa mata kuliah yang diajarkan di jurusan “Desain Komunikasi Visual” (DKV). Mungkin tidak semua universitas mengajarkan matakuliah yang sama dengan kampus saya (Telkom University), namun kurang lebih inti pelajarannya berkisar tentang desain dan seni (dengan tambahan ilmu manajemen dan bisnis).


Studio Manajemen Desain 3 (4 SKS)

Awalnya kaget, kenapa di semester ini gak ada matkul lanjutan dari matakuliah Studio DKV 3 di semester 4 kemarin. Ternyata, nama matkulnya diubah menjadi Studio Manajemen Desain, dengan penyesuaian tingkat menjadi Studio Manajemen Desain 3. Ini adalah matkul wajib yang berjenis matkul praktik, dengan jumlah SKS paling banyak.

Tugas yang diberikan cuma satu, yaitu membuat video profil dari jurusan kami, DKV Manajemen Desain – Telkom University. Tugas kedua adalah bikin video profil perusahaan di Bandung. Tugas tersebut dikerjakan secara berkelompok. Di tugas ini, saya berperan sebagai storyboard-maker, yang tugasnya mengubah naskah di storyline ke dalam storyboard. Tim saya saat itu sangat kompak, dan kebetulan saya laki-laki sendiri dengan ditemani 3 perempuan (Annisa, Hasna & Yuna). Dosen yang mengajar adalah Pak Yanuar Rahman.

tim studio mandes 3 (Annisa-Hasna-Agung-Yuna)
tim studio mandes 3 (Annisa-Hasna-Agung-Yuna)

Baca juga: Kuliah Semester 4 di DKV


Manajemen Keuangan (3 SKS)

Kalau yang ini adalah matkul lanjutan dari Pengantar Akuntansi di semester 4 kemarin. Seperti namanya, hal yang kami pelajari di matkul teori ini yaitu bagaimana cara mengatur keuangan bagi seorang desainer. Semua hal penting dalam perancangan keuangan dibahas di matkul ini. Menurut saya, Manajemen Keuangan ini sedikit lebih mudah dibanding matkul Pengantar Akuntansi, karena lebih sedikit hitung-hitungannya. Sayang, saya lupa nama dosen yang mengajar matkul ini.


Riset Pemasaran (2 SKS)

Untuk mengetahui target pasar dari desain yang akan dibuat, seorang desainer perlu melakukan riset pemasaran. Dalam matkul teori ini, saya belajar lebih dalam tentang bagaimana melakukan riset STP (Segmenting, Targeting & Positioning). Tugas yang diberikan saat itu adalah tugas berkelompok, dimana kami harus melakukan riset pemasaran sebuah UKM di Bandung. Dosen yang mengajar adalah Bu Wirania Swasty.


Pengantar Animasi (3 SKS)

Kalau di semester 4 kemarin belajar membuat motiongraphic, di matkul semester 5 ini kami mulai belajar yang lebih sulit: membuat animasi! Dosen yang mengajar adalah Pak Aditya Satyagraha. Sebenarnya animasi yang dikerjakan pun masih sederhana, tapi perjuangan membuatnya butuh satu semester!

Tugas matkul praktik ini hanya dikerjakan berdua (bersama teman saya si Dhifa), yang menghasilkan sebuah animasi pendek berdurasi 1 menit. Saya bertugas membuat aset animasi & mengubahnya menjadi beberapa scene, sementara Dhifa bertugas dalam menyusun semua aset & menambah efek suara. Kamu bisa tonton hasilnya di atas.

Baca juga: 7 Peralatan Kuliah Untuk Mahasiswa DKV


Komunikasi Periklanan (2 SKS)

Salah satu dunia profesi yang berkaitan dengan DKV adalah dunia periklanan, baik di media cetak maupun elektronik. Dalam matkul teori ini, kami belajar bagaimana menganalisis dan membuat iklan yang baik. Dosen yang mengajar kami adalah Kepala Program Studi (Kaprodi) DKV saat itu, yaitu Pak Dicky Hidayat. Tugas yang diberikan pun tergolong tidak terlalu sulit, seperti menganalisa iklan hingga menulis naskah iklan.


Estetika (2 SKS)

Matkul teori ini diajar oleh dosen yang seru banget, Pak Imansyah Lubis. Walaupun materi kuliahnya bikin ngantuk (seputar sejarah estetika di dunia seni dan desain), tapi karena cara mengajar dosennya seru, jadi gak membosankan. Seperti kebanyakan matkul teori, tugas-tugasnya cuma buat esai dan makalah saja.


Manajemen Proyek (2 SKS)

Bagaimana cara seorang desainer dalam memimpin sebuah proyek? Di matakuliah teori ini, kami belajar semua yang perlu diketahui dalam manajemen proyek. Mulai dari awal menentukan anggaran, target sasaran, hingga akhir proyek tersebut selesai. Tugasnya sih cuma bikin makalah proyek saja. Dosen yang mengajar adalah Bu Maria Apsari Sugiat.


Branding Activation (3 SKS)

Matakuliah ini berbicara tentang aktivasi sebuah brand/merek. Di sini kami belajar mengelola dan membangun sebuah brand UKM, dengan cara merancang suatu acara/event terkait produk dari UKM tersebut. Tugas yang diberikan adalah tugas kelompok, diajar oleh Pak Twin Agus Pramonodjati.

Baca juga: Masuk DKV Harus Pintar Gambar?


Kewirausahaan (3 SKS)

https://www.instagram.com/p/wJHF1WPnqx/

Matkul terakhir ini spesial, karena matkul ini adalah matkul semester 7! Iya, tadinya sih saya gak mau ngambil matkul ini, soalnya udah padat banget jadwalnya. Berhubung teman-teman satu angkatan banyak yang ngambil, alhasil jadi ikut-ikutan deh. Seperti namanya, di matakuliah ini saya bersama tim saya belajar menjadi seorang wirausahawan, dengan menjual sebuah produk desain. Matkul ini diajar oleh Pak Muliadi Palesangi.


https://www.instagram.com/p/wnOpEhPntU/

Fyuh, selesai juga nulis tentang kuliah di semester 5 ini. Sesuai dengan yang saya tulis di bagian awal, semester ini adalah semester paling padat yang pernah saya alami. Banyak tugas yang berat, tapi menyenangkan karena bisa dikerjakan secara bersama-sama. Terima kasih sudah membaca. Sampai jumpa di tulisan tentang semester berikutnya~

Salam,
Agung Rangga