UPDATE

Pokemon X & Y [Nintendo 3DS]

Pokemon X & Y [Nintendo 3DS] Pokemon X & Y [Nintendo 3DS]

Permainan – Pokemon X & Y untuk Nintendo 3DS merupakan game pertama yang saya beli, bersamaan dengan konsol game Nintendo 3DS itu sendiri. Seri game Pokemon memang tidak pernah absen untuk saya mainkan, karena saya sangat menyukai monster-monster lucu yang memiliki kekuatan super, keunikan bentuk, dan kisah-kisahnya sendiri.

Pokemon X & Y merupakan game yang dirilis 12 Oktober 2013, berjenis RPG (Role Playing Game) yang dikembangkan oleh Gamefreak dan diterbitkan oleh Nintendo untuk konsol Nintendo 3DS. Game ini merupakan generasi keenam dari seri game Pokemon yang berjenis RPG, dan memperkenalkan 70 spesies Pokemon baru dengan penambahan 1 tipe Pokemon baru: Fairy.

Calem dan Serena

Calem dan Serena

Masih sama seperti plot Pokemon RPG sebelumnya, di seri ini kamu akan berperan sebagai Calem (Hero)/Serena (Heroine) yang berpetualang di wilayah bernama Kalos (mengambil setting di negara Perancis). Bersama dengan salah satu dari 3 partner Pokemon (Chespin, Fennekin dan Froakie), kamu akan berjuang untuk mendapatkan gelar Pokemon Master.

Di sepanjang perjalanan menyusuri keindahan Kalos, kamu akan bertemu teman dan lawan baru. Untuk sampai di Liga Kalos dan mendapatkan gelar Pokemon Master, kamu harus bertarung untuk mendapatkan lencana dari 8 Pokemon Gym Leader, melawan 4 Elite Four, dan seorang Champion bernama Diantha.

Chespin, Fennekin dan Froakie

Chespin, Fennekin dan Froakie

Kamu juga akan bertarung melawan Team Flare, sebuah organisasi jahat yang dipimpin oleh Lysandre. Mereka berencana untuk menghancurkan Kalos dan membangkitkannya kembali menjadi lebih indah dari sekarang (menurut mereka). Untuk mencapai tujuannya, mereka berusaha membangkitkan Pokemon legenda Xerneas dan Yveltal.

Uniknya, di Pokemon X & Y kita akan berkenalan dengan metode evolusi baru, yaitu “Evolusi Mega”. Evolusi mega memungkinkan Pokemon yang sudah mengalami 2-3 tahap evolusi final (seperti Charizard, Houndoom, dan lainnya) atau tidak pernah berevolusi (seperti Absol, Pinsir, dan lainnya) untuk bisa berevolusi lagi, dengan bantuan “Mega Stone” dan “Mega Ring”. Sebagai catatan, tidak semua Pokemon bisa melakukan evolusi mega.

Wilayah Kalos

Wilayah Kalos

Secara grafis, tadinya saya mengira bahwa game pertama Pokemon RPG untuk Nintendo 3DS ini akan biasa-biasa saja (seperti seri Pokemon Black & White), namun ternyata dugaan saya salah. Di game ini, kita akan disuguhkan dengan grafis yang bagus dengan keindahan negara Perancis (lengkap dengan menara Eiffel-nya) yang direpresentasikan oleh wilayah Kalos. Penggambaran animasi, karakter, hingga efek-efek lainnya juga sangat baik.

Dari segi soundtrack yang menambah keseruan bermain, saya juga mengacungi jempol untuk tim audio Gamefreak. Banyak sekali alunan musik-musik khas Perancis yang diputar di sepanjang wilayah Kalos. Saya juga menyukai suara latar saat kita sedang bertarung Pokemon, terutama saat melawan Elite Four dan Champion.

Pokemon Legenda, Xerneas dan Yveltal

Pokemon Legenda, Xerneas dan Yveltal

Dalam mekanisme permainannya, tidak ada yang aneh bagi saya yang sudah lama bermain seri Pokemon RPG. Namun sayangnya, seperti yang dikeluhkan oleh beberapa pemain game ini, cerita dalam Pokemon X & Y ini masih terasa kurang. Setelah kita menamatkan cerita utama, hanya sedikit cerita tambahan yang dapat kita nikmati di paska gamenya.

Jujur saja, saya mulai agak jenuh setelah memainkan game ini selama 5 bulan setelah membelinya. Sebab, saya bukan tipe pemain game Pokemon RPG yang sering bertarung secara kompetitif melawan pemain lain secara online. Para pemain kompetitif itu akan berusaha mendapatkan tim Pokemon terbaiknya dengan cara mengawinkan, barter, hingga menangkap Pokemon-Pokemon yang “sempurna”. Ugh, saya sih sudah cukup dengan hanya menamatkan cerita utamanya saja.

Menunggang Pokemon Kambing, Gogoat

Menunggang Pokemon Kambing, Gogoat

Kesimpulannya, game Pokemon X & Y ini wajib dimainkan oleh fans Pokemon yang ingin merasakan sensasi bertualang di generasi ke 6. Keseruan menangkap dan mengumpulkan spesies Pokemon baru, hingga bertarung dan menamatkan ceritanya, membuat saya memberi nilai 4/5 [ ⭐ ⭐ ⭐ ⭐ ] untuk game ini. Kamu bisa membeli game ini di toko game terdekat, atau beli game digitalnya di Nintendo eShop. Terima kasih sudah membaca, dan nantikan ulasan game-game lainnya di blog ini.

Salam – Agung Rangga


Referensi:
http://en.wikipedia.org/wiki/Pok%C3%A9mon_X_and_Y
http://www.pokemonxy.com/en-us/root/

Iklan

8 Comments on Pokemon X & Y [Nintendo 3DS]

  1. pokemon aku taunya film kartunnya aja, soalnya gak terlalu suka games

  2. Duh, saya kalau main game Pokemon, boro-boro mau menyelesaikan cerita utamanya :haha, mana alur ceritanya maju saja saya tidak tahu! Tapi saya memang menganggapnya keren sih, terutama kalau saya lihat ada teman-teman yang bisa bermain sampai tamat terus sampai jadi keren banget itu :hehe, rahasianya bagaimana toh ya? :haha. Habisnya kalau saya yang main, kayaknya lama banget naik level :hihi.

    • hmm, iya juga sih, kalau belum pernah main game Pokemon ini memang kelihatan agak susah.
      tapi sebenarnya tinggal ikuti petunjuk di dalam gamenya aja juga sudah sangat membantu, bli. 🙂

  3. Saya sih penggemar pokemon sedari kecil. Pernah memainkan semua seri game pokemon. Tapi karena sekarang sudah bekerja jadi nggak punya waktu buat main game. Jadi kangen nikmatnya main pokemon.

  4. Beli konsolnya diindonesia dmn yg recommended? Atau yg dr online jg?

Apa komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: