Iklan
UPDATE

Otonan Bali

#PopNoteRecovery

Otonan Bali Otonan Bali

CurhatOtonan Bali.

Hai…

Hari ini, tepat Jumat Pahing wuku Dungulan, gue lahir. Yap, itu menurut kalender bali, tapi tetep hari ulang tahun gue ya tanggal 10 September. Dalam tradisi bali, pada saat hari lahir seseorang biasanya diadakan upacara otonan, tapi tidak semua orang merayakannya. Yah, emang sih, upacara otonan gak wajib dilakukan, tapi di keluarga gw udah jadi kebiasaan sih…

Eniwey, apa itu otonan? Dikutip dari situs parisada.org mengenai penjelasan otonan:

“Berbeda dengan peringatan hari Ulang Tahun yang hanya menggunakan perhitungan tanggal dan bulan saja, dengan mengabaikan hari maupun wuku pada tanggal tersebut. Misalnya seseorang yang lahir tanggal 10 Januari, maka hari ulang tahunnya akan diperingati tiap-tiap tanggal 10 Januari pada tahun berikutnya (12 bulan kalender).

Otonan diperingati sebagai hari kelahiran dengan melaksanakan upakara yadnya yang kecil biasanya dipimpin oleh orang yang dituakan dan bila upakaranya lebih besar dipuput aleh pemangku (Pinandita). Sarana pokok sebagai upakara dalam otonan ini ada1ah; biyukawonan, tebasan lima, tumpeng lima, gebogan dan sesayut.

Menurut tradisi umat Hindu di Bali, dalam mengantarkan doa-doa otonan sering mempergunakan doa yang diucapkan yang disebut sehe (see) yakni doa dalam bahasa Bali yang diucapkan oleh penganteb upacara otonan yang memiliki pengaruh psikologis terhadap yang melaksanakan otonan, karena bersamaan dengan doa juga dilakukan pemberian simbol-simbol sebagai telah menerima anugerah dari kekuatan doa tersebut.”

So, tradisi ini sudah mendarah daging di masyarakat bali, dan khususnya di keluarga gue. Biasanya, keluarga gue cuma ngebikin banten sajen kecil-kecilan aja di rumah, karena nanti sore mau sembahyang bersama. Dan yang paling spesial, di setiap banten otonan keluarga gue ada ayam bakar! Hehehe… maklum, gue cuma makan ayam bakar cuma pas ada otona gue atau adik-adik gue aja…:p

Nah, mudah-mudahan, dengan bertambahnya usia, gue dapat menjadi semakin dewasa dalam segala aspek yang ada di dalam diri gue…

Terima kasih sudah berkunjung…

Salam

Agung Rangga

Iklan

Apa komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: