Dikendalikan oleh Pikiranmu atau Hatimu?

Dikendalikan oleh Pikiranmu atau Hatimu?

Curhat – Dikendalikan oleh Pikiranmu atau Hatimu? Apakah kamu dikendalikan oleh pikiranmu, atau hatimu? Atau mungkin oleh sesuatu yang lain? Bagaimana kamu menyeimbangkan kekuatan yang saling bertentangan untuk sesuatu hal yang rumit?

Halo, selamat ber-weekend ria semuanya~ Kali ini, ketemu lagi ide tulisan yang ‘mungkin’ sebagian besar dari kalian pernah mengalaminya. Ya, dan termasuk saya, yang kini bingung harus menyerahkan kendali saya kepada yang mana… “Pikiran” dan “Hati”. Kedua hal tersebut bisa saling berkaitan, dan bisa saling bertentangan. Iya, apa kamu gak sadar, saat pikiranmu berkata “yang ini!“, namun hatimu seakan menjawab “jangan, yang itu saja!“.

Rumit? Begitulah~ Tapi mau bagaimana lagi, kedua hal itu memang sudah tertanam di diri kita sejak kita lahir ke dunia ini. Mau gak mau, kita harus pandai-pandai menjaga dan memelihara, serta menggunakan kedua hal itu dengan baik. Dengan baik? Kamu yakin sudah menggunakan pikiranmu dan hatimu untuk memikirkan dan merasakan sesuatu yang ‘baik’? Saya pikir belum. Karena, sepertinya ‘jarang’, atau bahkan ‘tidak ada’ seorang pun yang sanggup untuk selalu menggunakan keduanya untuk sesuatu yang baik.

Bukannya mau asal nilai atau apalah, tapi saya sadar kok, saya juga kurang bisa mengatur keduanya semau saya. Bahkan bisa dibilang, mereka berdua yang mengatur/mengendalikan diri saya! (panik, panik, panik~) Iya, seperti saat ini, pikiran saya sedang memikirkan apa, tapi hati saya merasakan apa~ Gak ada hal yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya! Persis seperti air dan api, atau langit dan bumi.

Pikiran saya mempermainkan pergerakan saya, hati saya mempermainkan emosi saya. Bagaimana seandainya kalau keduanya bertukar fungsi? Pikiran memainkan emosi, dan hati memainkan pergerakan? Wih, kebayang ‘kan ribetnya~ Yang seperti sekarang saja sudah ribet, apalagi kalau beneran tertukar?

Misalnya, saat kamu mengerjakan suatu tugas yang diberikan gurumu. Mana yang paling dominan mengendalikanmu, pikiran atau hatimu? Pasti jawabannya pikiranmu! Tapi kalau situasinya berbeda, mau tidak mau, hatimulah yang harus bergerak~ Dan bahkan kadang, saat kamu menonton sebuah drama. Mana yang paling dominan mengendalikanmu? Tentu hatimu bukan? Tapi kadang pikiranmu juga ikut ‘nimbrung’, dan berpikir sesuatu yang aneh terhadap drama tersebut~

Aduh makin lama makin ngaco ngomongnya! Jadi intinya, bagaimana cara untuk menyeimbangkan pikiran dan hati agar bisa jalan selaras dengan kehidupanmu?! Sudah, itu saja kok~ Terima kasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan ini~

nb : tulisan ini dibuat gak sengaja, dan dengan pikiran dan hati yang sedang kacau balau setelah menghadapi hari yang sangat melelahkan di sekolah~ jadi kalau ada kekurangan, saya minta maaf ya~

https://twitter.com/GungRangga/status/102289691876929536

Salam – Agung Rangga

Diterbitkan oleh

Agung Rangga

Hai, salam kenal! Saya adalah seorang dosen di jurusan Desain Komunikasi Visual, memiliki minat dengan animasi dan komik, serta hobi menuliskan cerita kehidupannya ke dalam blog ini.

Tinggalkan Balasan