Trending

Kuliah Semester 2 di DKV

Kuliah Semester 2 di DKV

KuliahSemester 2 di DKV masih menyenangkan bagi saya, namun sedikit lebih menantang dari semester 1 kemarin. Sebagai ringkasan, di semester ini saya mulai belajar dasar ilmu manajemen dan etika berbisnis, mata kuliah studio pertama, tipografi, komputer grafis, serta matakuliah umum seperti bahasa Inggris dan PPKN. Apa saja yang dipelajari di matakuliah tersebut? Seperti apa tugas-tugasnya? Silakan membaca~

Eits, sebelum lanjut membaca, perlu saya beritahukan bahwa sekarang (saat tulisan ini diterbitkan) saya sedang berada di semester 8 (DELAPAN)! Dan tulisan ini saya buat untuk memberikan gambaran padamu tentang seperti apa mata kuliah yang diajarkan di jurusan “Desain Komunikasi Visual” (DKV). Mungkin tidak semua universitas mengajarkan matakuliah yang sama dengan kampus saya (Telkom University), namun kurang lebih inti pelajarannya berkisar tentang desain dan seni (dengan tambahan ilmu manajemen dan bisnis).


Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (2 SKS)

PPKN! Ahahaha, berasa balik lagi ke jaman dulu~ Iya, matakuliah ini sama seperti pelajaran yang kita pelajari pas mulai Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas. Matakuliah ini diajar oleh Bu Iis Natamiharja, dan saya suka dengan gaya mengajar beliau yang semangat dan berapi-api! Berkat beliau, saya banyak tahu sejarah dan rahasia-rahasia negara dan dunia, karena wawasan beliau yang luas sekali. Tugas di matakuliah ini seingat saya cuma dua: membahas suku-suku di Indonesia (saya milih suku Sentani) yang dijadikan produk olahan DKV (saya bikin video mini), dan membahas negara-negara di dunia (saya milih Swedia) yang datanya dikumpulkan sebanyak mungkin dan dijadikan slide powerpoint.


General English (4 SKS)

Seperti namanya, matakuliah ini mengajarkan bahasa Inggris secara umum, alias belajar dari dasar. Materi kuliah yang diajarkan berkisar antara grammar, tenses, dan vocabulary. Ada dua tugas yang paling saya ingat di matakuliah ini. Pertama, tugas membuat narasi bercerita tentang keluarga masing-masing, yang hasilnya dibacakan di depan kelas. Kedua, tugas membuat drama 5 menit, dimana kelompok saya membuat parodi dari film “Shrek”. Dosen yang mengajari saya waktu itu adalah Bu Lucy Pujasari Supratman.


Manajemen Bisnis Desain (3 SKS)

Dulu, sewaktu belum resmi menjadi Telkom University, saya masuk di jurusan DKV milik Institut Manajemen Telkom. Bedanya DKV di sini dengan DKV di kampus lain, mahasiswanya juga diajarkan ilmu bisnis dan manajemen. Di semester dua ini, saya mulai berkenalan dengan kedua ilmu tersebut di matakuliah ini. Matakuliah ini diajar oleh Bu Ati Mustikasari, dosen yang tegas tapi juga ramah pada mahasiswanya. Di sini saya baru tahu tentang Product Life Cycle, Marketing Mix, Analisa STP, dan berbagai macam istilah ilmu bisnis dan manajemen lainnya.


Etika Bisnis (2 SKS)

Melengkapi matakuliah sebelumnya, Etika Bisnis menjadi penting untuk dipelajari. Pada matakuliah ini, saya belajar tentang tren bisnis, isu-isu bisnis, ethical behavior, dan lain-lain. Dosen yang mengajar matakuliah ini adalah Pak Djoko Wahjuadi, dosen yang sangat, sangat, sangat sabar menghadapi para mahasiswanya yang sering tidur di kelas dan terlambat masuk. Hmm, memang agak membosankan sih matakuliah ini, hehe.


Tipografi (3 SKS)

Dalam matakuliah studio ini, saya berkenalan lebih dekat dengan huruf, simbol dan angka. Matakuliah ini diajar oleh Pak Budiman yang semester kemarin mengajar matakuliah Pengantar Seni dan Desain. Tugas-tugas yang diberikan antara lain merancang stationery (seperti logo, kartu nama, kop surat, dll) untuk diri sendiri, poster bertema tipografi yang dominan huruf, dan sebuah majalah 8 halaman dengan tema bebas (yang dibuat secara berkelompok). Paling seru sih pas membuat majalahnya.


Dasar Komputer Grafis (3 SKS)

Hore, akhirnya mulai belajar menggambar digital! Dalam matakuliah ini, saya diajari oleh Pak Dicky Hidayat dengan asisten dosennya Mbak Ananda Risya Triani (yang saat ini sudah menjadi dosen di kampusku). Serunya, saya dan teman-teman saya bisa mencicipi fasilitas yang sering dibangga-banggakan kampus: Lab iMac! Iya, ada puluhan iMac yang siap digunakan demi menunjang pembelajaran kami. Di matakuliah ini, saya mulai kenalan dengan software-nya si Adobe (seperti Photoshop, Illustrator, dan Indesign). Tugas-tugasnya antara lain belajar mewarnai gambar di Photoshop, membuat bentuk-bentuk abstrak di Illustrator, dan merancang layout majalah di Indesign.


Studio DKV 1 (4 SKS)

Matakuliah ini merupakan lanjutan dari dua matakuliah semester sebelumnya (Rupa Dasar dan Gambar Bentuk). Di sini, mahasiswa diajak lebih mengeksplorasi jiwa seni dalam dirinya (halah~). Setelah semester lalu cuma mainan pensil warna, pada semester dua ini kami mulai bermain dengan cat akrilik dan cat air. Dosen yang mengajar kami adalah Pak Abdul Hakim Aziz, yang lebih dikenal dengan nama Pak Dudung (padahal jauh banget ya~). Tugas yang diberikan antara lain membuat ilustrasi A3 tentang cerita rakyat, dan bermain dengan ilustrasi pada bidang yang bisa dilipat-lipat.


Jadi, total matakuliah yang dipelajari di semester dua ini adalah tujuh matakuliah, dengan jumlah SKS sebanyak 21 SKS (lebih banyak dibanding semester satu). Semester yang menyenangkan dengan tugas-tugas yang lebih menantang (apa sih~). Dengan begini, selesai sudah kuliah di tahun pertama. Sampai jumpa di pembahasan semester berikutnya!

Salam – Agung Rangga

1 Trackback / Pingback

  1. Kuliah Semester Akhir di DKV (Bagian 3) – Agung Rangga

Apa komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: