Gejala Pada Penyakit Kembung

Penyakit kembung adalah kondisi di mana perut dalam keadaan penuh oleh sesuatu, biasanya angin.

Gejala Pada Penyakit Kembung
Gejala Pada Penyakit Kembung

Pada kasus ini, kembung bisa terjadi karena kamu telat makan. Selain itu juga kamu terlalu sibuk oleh aktivitas sehingga lupa untuk mengkonsumsi makanan dan minuman. Untungnya, sekarang sudah ada obat mengatasi perut kembung yang mudah kamu temukan di warung atau minimarket dekat rumah.

Gangguan ini tidak bisa dianggap sepele, karena apabila tidak cepat ditangani akan memberikan penyakit yang serius. Dengan perut yang kembung bisa menjadi awal mula dari kanker lambung, kanker usus, penyakit chron, diverkulitis, kanker pankreas, kanker hati, kanker ovarium dan juga gangguan pada pinggul, biasanya radang. Kembung bisa menyebabkan kamu sering sendawa & kentut. Beberapa gejala Kembung antara lain sebagai berikut.


1. Mual

Hal yang pertama biasa kamu alami jika sedang dalam kondisi kembung adalah mual. Hal ini disebabkan karena banyaknya angin yang masuk sehingga tidak terbendung lagi di dalam tubuh, khususnya perut. Mual biasanya disertai dengan tubuh yang berkeringat, ditambah dengan air liur yang meningkat produksinya. Lalu dilanjutkan dengan kontraksi pada otot-otot bagian perut yang terangsang.


2. Perut terasa nyeri

Tahap kedua setelah kamu mual dari kembung adalah nyeri. Bagi kamu yang memiliki penyakit maag, perut kamu akan terasa keram, karena di dalam perut tidak ada asupan yang bisa diolah. Sehingga organ dalam memaksa untuk mengolah apa saja yang ada di dalam tubuh, termasuk usus dan hati. Hal ini bisa menjadi awal dari peradangan bagian pinggul, hingga infeksi dan penyumbatan pencernaan.


3. Nyeri dada

Biasanya bagian dada atas menjadi yang paling merasakan sakit. Nyeri ini disebabkan karena sebagian otot-otot dibagian dada mengalami peradangan sehingga akan terasa mudah terangsang. Apabila dibiarkan begitu saja, tidak menutup kemungkinan jika kamu akan mengalami hal yang lebih serius nantinya. Nyeri pada dada bagian atas ini bisa menjadi pemicu dari tukak dan kanker lambung.


Untuk mengatasi hal ini kamu bisa mengkonsumsi cuka apel. Selain bisa menjadi obat luka bakar kena minyak panas, cuka apel juga bisa mengobati nyeri di bagian dada khusunya karena kembung.


Catatan: Tulisan ini adalah sponsored post, bila ingin bekerja sama dengan saya, silakan hubungi saya di halaman “Kontak”.

Penulis: Agung Rangga

Salam kenal! Saya adalah seorang Indonesian lifestyle blogger yang hobi menulis, baca komik, dan jalan-jalan.