Iklan
UPDATE

Masuk DKV Harus Pintar Gambar?

SuratMasuk DKV Harus Pintar Gambar? Jreeeng! Pertanyaan di atas adalah salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh calon mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV). Mereka merasa bahwa semua yang mau masuk DKV itu harus pintar gambar. Benarkah?

Baca juga: 7 Peralatan Kuliah Untuk Mahasiswa DKV

Eits, sebelum menjawab pertanyaan tadi, perkenankan saya untuk mengucapkan “HALOOO!” kepada kamu yang sudah berkunjung ke blog sederhana ini. Perkenalkan (buat yang belum kenal) saya Agung Rangga, mahasiswa DKV semester 4 di Universitas Telkom, Bandung (untuk lebih jelas, klik halaman Profil).

Kali ini ada surat dari Eka (ekanurca*****@gmail.com), isinya:

mau tanya aja nih, sekarang aku sekolah di SMK, jurusan multimedia, aku punya niat masuk DKV kalo udah lulus nanti, aku suka nggambar, tapi hampir gak pernah bisa bagus, apa iya masuk DKV itu harus udah pinter nggambar?

Nah, saya bantu jawab ya Eka. Jadi gini, menurut saya sih pernyataan “masuk DKV itu harus udah pinter nggambar” adalah salah. Yang benarnya adalah “masuk DKV itu harus suka nggambar“.

Yap, semua yang akan kita kerjakan harus didasari oleh rasa ‘suka’ itu sendiri. Karena, apapun yang dikerjakan atas dasar suka, pasti ga akan menjadi beban buat kita, yang ada malah kita bakal makin semangat mengerjakannya.

Baca juga: Kuliah Semester 1 di DKV

Sama seperti kuliah, baik itu di DKV maupun jurusan di bidang lainnya, kalau kita sudah menyukai bidang yang akan kita pelajari, maka kuliah bakalan berjalan lebih menyenangkan. Itulah yang namanya ‘passion‘. Dan si passion ini yang akan terus menyemangati kita setiap hari.

Di awal Eka sudah bilang kalau kamu suka menggambar, dan itu sangat bagus! Kamu tinggal melanjutkan hobi menggambarmu di DKV kalau memang benar-benar mau serius di bidang ini. Karena, di DKV akan diajarkan segala hal yang bisa membantu mengasah hobi menggambarmu.

Satu hal yang perlu diingat, jangan minder karena gambarmu gak bagus! Gambar saya juga dulu masih acak-acakan, tapi saya terus berusaha untuk belajar dan memperbaiki gambar saya, hingga bisa seperti sekarang. Pokoknya, teruslah menggambar, kalau bisa tiap hari sisihkan waktu untuk hobi menggambarmu ini, sebentar pun gak apa-apa.

Baca juga: Desain Komunikasi Visual: Dasar-Dasar Panduan Untuk Pemula

Dan jangan khawatir, begitu kamu masuk jurusan DKV, kamu ga akan disuruh menggambar seperti Picasso atau Da Vinci kok! Melainkan, kamu akan dijari bagaimana dasar-dasar menggambar yang baik dan benar, seperti proporsi, prinsip desain, dan lain-lain. Jadi, semua dimulai dari basic.

Mungkin segitu aja yang bisa saya jawab, kurang lebihnya saya minta maaf. Dan ingat ya Eka,terus kembangkan hobi menggambarmu! Siapa tahu kalau kamu bisa jadi pro di bidang yang kamu suka. Hehe, terima kasih sudah menulis surat.

Untuk kamu yang juga punya pertanyaan, saran, kritik, apapun itu, kamu bisa mengirimkannya lewat formulir di halaman Kontak blog ini. Kamu bisa bertanya apapun ke saya, dan selama saya bisa menjawab, maka pertanyaanmu akan saya balas. Pertanyaan yang menarik akan saya bahas di notes blog ini. Ditunggu ya~

Salam – Agung Rangga

Iklan

24 Comments on Masuk DKV Harus Pintar Gambar?

  1. Terimakasih buat blognya
    Saya niatan tahun ini mau masuk DKV. Tertarik banget sama yang namanya seni, jujur gak bisa gambar bagus tapi saya suka lettering makanya mau masuk dkv. Basic saya smk jurusan perkantoran buta bgt kalo masalah photoshop coreldraw segala macem. Dan pasti down pas masuk tau kalo temen temen udah pada jago gambar:(
    Menurut kaka ketertarikan doang bisa gak si buat modal masuk dkv?

  2. Kak, mau nanya, kalo desain grafis itu sama kaya dkv ngga? Trs pas tes harus gambar apa? Aku cm bisa gambar dgn gaya gambarmu sendiri. Gabisa gambar realistik. Itu gimana ya?

  3. Kak, apa aja yg hrs aku pelajari suapaya bisa keterima di dkv?
    apa nilai akademik waktu SMA jg diuji waktu ujian masuk?
    utk diterima sama ngk nya, mn yg lebih dipertimbangkan antara minat gmbr sm nilai akademik?
    Thanks kak

  4. naufal fadhillah // 18 Maret 2017 pukul 19:28 // Balas

    Kak klo misalnya lulusan dari smk jurusan teknik gambar bangunan, bisa kuliah di dkv gak yah? Mohon balasannya

  5. Kak , aku kan mau coba masuk DKV telkom dengan jalur PU tahun ini , kira” testnya itu kya gumana yaa??

  6. M. Reksa P // 28 Maret 2017 pukul 10:35 // Balas

    ka kalau kk masuk dkv di telkom lewat jalur apa kalau jalur tes tesnya mencakum apa aja ??????? mohon dijawab karnan saya ada niat pengen masuk dkv telkom
    teus saya kan jurusan ipa sma nya bisaga masuk dkv ??
    tolong dijawab kk

  7. Kak mau tanya… saya sekolah di smk jurusan otomotif tapi saya minat masuk dkv apakah saya bisa masuk ?

  8. peralatan pendukung kuliah di DKV apa aja kak ? ,, selain laptop apa lg kak ?

  9. Ade Darmawan // 3 Mei 2017 pukul 05:40 // Balas

    Saya mau tanya, saya minat mau masuk jurusan dkv thaun ini taoi saya paling minat ke 3Dnya soalnya saya belajar 3D sejak kisaran awal smp belajar sendiri, kalau gambar sih suka cuman kurang diasah dan ga sering gambar. Saat saya kecil pernah sampe ikut lomba, sd juga masih suka ikut2 gamabr, smp juga masih, cuman sma soalnya saya sering ngehabisin waktu dengan membuat hal2 3d untuk game. Saran?
    Oh iya dkv itu tugasnya banyak banget gitu sampek bikin sibuk banget ga sih? Soalnya perbulan aku biasanya bikin 3D konten itu seengganya 2 atau 3, saya takut kalo nanti tugasnya kebanyakan karena denger2 ya emang banyak.

    • Saran saya, coba saja dilatih lagi dasar-dasar menggambarnya.
      Kuliah di jurusan apapun pasti tugasnya banyak kok, jadi pintar-pintar atur waktu saja. 🙂

  10. Valend laude // 4 Mei 2017 pukul 19:08 // Balas

    Ka kalau masuk lewat jalur undangan nilai mata pelajaran apa yang di lihat?

  11. Mokhamad Nur // 9 Mei 2017 pukul 19:20 // Balas

    kak saya mau tanya, saya lulusan dari jurusan teknik komputer dan jaringan tetapi disini saya suka menggambar, entah itu gambar realis ataupun style kartun (walau terkadang masih melihat contoh yang ada). Saya juga sudah sedikit mengerti tentang konsep membuat desain 3D di software2 tertentu (sebut saja blender). Oleh karena itu tahun ini saya ingin mendaftar kuliah di jurusan DKV. Nah pertanyaan saya disini, apakah bekal tersebut cukup untuk lebih mendalami tentang ilmu menggambar kak ? walaupun kemampuan gambar saya masih kurang ? terima kasih ~

  12. alfathur jordani rakadea // 14 Mei 2017 pukul 23:33 // Balas

    kak tahun ini saya masuk dkv telkom, jalur rapot, kira kira nanti ada ujiannya lagi nggk? apa langsung keterima di dkv ?

  13. aldo bays // 28 Mei 2017 pukul 21:53 // Balas

    kak kalo masuk dkv ada tes mata pelajaran gak ya.?

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Magang di Penerbit Mizan – Agung Rangga
  2. 5 Syarat Masuk DKV – Agung Rangga

Apa komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: