Trending

Masuk DKV Harus Pintar Gambar?

SuratMasuk DKV Harus Pintar Gambar? Jreeeng! Pertanyaan di atas adalah salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh calon mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV). Mereka merasa bahwa semua yang mau masuk DKV itu harus pintar gambar. Benarkah?

Baca juga: 7 Peralatan Kuliah Untuk Mahasiswa DKV

Eits, sebelum menjawab pertanyaan tadi, perkenankan saya untuk mengucapkan “HALOOO!” kepada kamu yang sudah berkunjung ke blog sederhana ini. Perkenalkan (buat yang belum kenal) saya Agung Rangga, mahasiswa DKV semester 4 di Universitas Telkom, Bandung (untuk lebih jelas, klik halaman Profil).

Kali ini ada surat dari Eka (ekanurca*****@gmail.com), isinya:

mau tanya aja nih, sekarang aku sekolah di SMK, jurusan multimedia, aku punya niat masuk DKV kalo udah lulus nanti, aku suka nggambar, tapi hampir gak pernah bisa bagus, apa iya masuk DKV itu harus udah pinter nggambar?

Nah, saya bantu jawab ya Eka. Jadi gini, menurut saya sih pernyataan “masuk DKV itu harus udah pinter nggambar” adalah salah. Yang benarnya adalah “masuk DKV itu harus suka nggambar“.

Yap, semua yang akan kita kerjakan harus didasari oleh rasa ‘suka’ itu sendiri. Karena, apapun yang dikerjakan atas dasar suka, pasti ga akan menjadi beban buat kita, yang ada malah kita bakal makin semangat mengerjakannya.

Baca juga: Kuliah Semester 1 di DKV

Sama seperti kuliah, baik itu di DKV maupun jurusan di bidang lainnya, kalau kita sudah menyukai bidang yang akan kita pelajari, maka kuliah bakalan berjalan lebih menyenangkan. Itulah yang namanya ‘passion‘. Dan si passion ini yang akan terus menyemangati kita setiap hari.

Di awal Eka sudah bilang kalau kamu suka menggambar, dan itu sangat bagus! Kamu tinggal melanjutkan hobi menggambarmu di DKV kalau memang benar-benar mau serius di bidang ini. Karena, di DKV akan diajarkan segala hal yang bisa membantu mengasah hobi menggambarmu.

Satu hal yang perlu diingat, jangan minder karena gambarmu gak bagus! Gambar saya juga dulu masih acak-acakan, tapi saya terus berusaha untuk belajar dan memperbaiki gambar saya, hingga bisa seperti sekarang. Pokoknya, teruslah menggambar, kalau bisa tiap hari sisihkan waktu untuk hobi menggambarmu ini, sebentar pun gak apa-apa.

Baca juga: Desain Komunikasi Visual: Dasar-Dasar Panduan Untuk Pemula

Dan jangan khawatir, begitu kamu masuk jurusan DKV, kamu ga akan disuruh menggambar seperti Picasso atau Da Vinci kok! Melainkan, kamu akan dijari bagaimana dasar-dasar menggambar yang baik dan benar, seperti proporsi, prinsip desain, dan lain-lain. Jadi, semua dimulai dari basic.

Mungkin segitu aja yang bisa saya jawab, kurang lebihnya saya minta maaf. Dan ingat ya Eka,terus kembangkan hobi menggambarmu! Siapa tahu kalau kamu bisa jadi pro di bidang yang kamu suka. Hehe, terima kasih sudah menulis surat.

Untuk kamu yang juga punya pertanyaan, saran, kritik, apapun itu, kamu bisa mengirimkannya lewat formulir di halaman Kontak blog ini. Kamu bisa bertanya apapun ke saya, dan selama saya bisa menjawab, maka pertanyaanmu akan saya balas. Pertanyaan yang menarik akan saya bahas di notes blog ini. Ditunggu ya~

Salam – Agung Rangga

20 Comments on Masuk DKV Harus Pintar Gambar?

  1. Hai Kakak,
    Saya mau tanya untuk testnya, selain diminta menggambar apa kita diminta disuruh ngerjain soal juga??
    Makasih.

  2. Hi kakak, untuk masuk jurusan decade bisa gak sih dari smk pariwisata?

  3. kak, saya kan smknya jurusannya akuntansi, bisa nggak ya kalo kuliah ambil jurusan dkv? basic sih dah ada, hobi saya juga gambar, malah saya yang terjebak di jurusan akuntansi :’D, bisa nggak ya kak? :3

  4. ka saya ga bisa sama sekali mengambar manual. gimana untuk tes masuk awal saya keterima ga ya? karena sama lumayan di software designe
    tolong jawab dong ka

  5. kak mau tanya nih, kan saya hobi gambar tapi masih kaya corat coret gitu, atau gk paling bisa niru gambar kaya di komik atau sebuah sketsa karakter… apa skill saya masih kurang ya kalau mau masuk ke jurusan dkv?
    terima kasih..

  6. Apa anak sma jurusan bahasa bisa dapat peluang untuk di terima di snmptn dkv? ( ´ ー `)
    Saya selama ini selalu mengejar apa yang saya suka. Kebetulan saya suka belajar bahasa dan seni. Saya mau mengejar apa yang saya suka

  7. Mau tanya dong, kalau semester 1 laptop butuh banget ya? Soalnya masih belum punya. Rencana mau ikut bidikmisi, kira2 bisa kebeli nggak ya pakai uang dari bidikmisi? Dan peralatan2 buat tugas apa aja ya kira2? Ty

  8. ka, kalo gabisa gambar sama sekali bisa masuk dkv ga?

Apa komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: