Masuk DKV Harus Pintar Gambar?

SuratMasuk DKV Harus Pintar Gambar? Jreeeng! Pertanyaan di atas adalah salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh calon mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV). Mereka merasa bahwa semua yang mau masuk DKV itu harus pintar gambar. Benarkah?

Baca juga: 7 Peralatan Kuliah Untuk Mahasiswa DKV

Eits, sebelum menjawab pertanyaan tadi, perkenankan saya untuk mengucapkan “HALOOO!” kepada kamu yang sudah berkunjung ke blog sederhana ini. Perkenalkan (buat yang belum kenal) saya Agung Rangga, mahasiswa DKV semester 4 di Universitas Telkom, Bandung (untuk lebih jelas, klik halaman Profil).

Kali ini ada surat dari Eka (ekanurca*****@gmail.com), isinya:

mau tanya aja nih, sekarang aku sekolah di SMK, jurusan multimedia, aku punya niat masuk DKV kalo udah lulus nanti, aku suka nggambar, tapi hampir gak pernah bisa bagus, apa iya masuk DKV itu harus udah pinter nggambar?

Nah, saya bantu jawab ya Eka. Jadi gini, menurut saya sih pernyataan “masuk DKV itu harus udah pinter nggambar” adalah salah. Yang benarnya adalah “masuk DKV itu harus suka nggambar“.

Yap, semua yang akan kita kerjakan harus didasari oleh rasa ‘suka’ itu sendiri. Karena, apapun yang dikerjakan atas dasar suka, pasti ga akan menjadi beban buat kita, yang ada malah kita bakal makin semangat mengerjakannya.

Baca juga: 7 Tips Kuliah di Jurusan DKV

Sama seperti kuliah, baik itu di DKV maupun jurusan di bidang lainnya, kalau kita sudah menyukai bidang yang akan kita pelajari, maka kuliah bakalan berjalan lebih menyenangkan. Itulah yang namanya ‘passion‘. Dan si passion ini yang akan terus menyemangati kita setiap hari.

Di awal Eka sudah bilang kalau kamu suka menggambar, dan itu sangat bagus! Kamu tinggal melanjutkan hobi menggambarmu di DKV kalau memang benar-benar mau serius di bidang ini. Karena, di DKV akan diajarkan segala hal yang bisa membantu mengasah hobi menggambarmu.

Satu hal yang perlu diingat, jangan minder karena gambarmu gak bagus! Gambar saya juga dulu masih acak-acakan, tapi saya terus berusaha untuk belajar dan memperbaiki gambar saya, hingga bisa seperti sekarang. Pokoknya, teruslah menggambar, kalau bisa tiap hari sisihkan waktu untuk hobi menggambarmu ini, sebentar pun gak apa-apa.

Baca juga: 5 Syarat Masuk DKV

Dan jangan khawatir, begitu kamu masuk jurusan DKV, kamu ga akan disuruh menggambar seperti Picasso atau Da Vinci kok! Melainkan, kamu akan dijari bagaimana dasar-dasar menggambar yang baik dan benar, seperti proporsi, prinsip desain, dan lain-lain. Jadi, semua dimulai dari basic.

Mungkin segitu aja yang bisa saya jawab, kurang lebihnya saya minta maaf. Dan ingat ya Eka,terus kembangkan hobi menggambarmu! Siapa tahu kalau kamu bisa jadi pro di bidang yang kamu suka. Hehe, terima kasih sudah menulis surat.

Untuk kamu yang juga punya pertanyaan, saran, kritik, apapun itu, kamu bisa mengirimkannya lewat formulir di halaman Kontak blog ini. Kamu bisa bertanya apapun ke saya, dan selama saya bisa menjawab, maka pertanyaanmu akan saya balas. Pertanyaan yang menarik akan saya bahas di notes blog ini. Ditunggu ya~

Salam – Agung Rangga

Iklan

Penulis: Agung Rangga

Salam kenal! Saya adalah seorang Indonesian lifestyle blogger yang hobi menulis, baca komik, dan jalan-jalan.

255 thoughts

  1. Kakak saya g jago menggambar tp apakah saya akan diterima….
    Klo soal gambar jujur saya tak tau apapa bahkan tidak tau sama sekali…
    Tp apakah saya dpt masuk di jurusan dkv

  2. Kak, saya masih SMK dan sekarang saya ambil jurusan RPL tapi setelah lulus nanti, saya mau masuk jurusan DKV kira kira bisa ngga?

  3. Thank kk, tulisan positifnya bikin semangat + belajar ga minder sm orang” yang gambarnya lebih bagus haha
    Btw, saya calon mahasiswa dkv jg, semoga bisa belajar dgn baik dan nyusul kk haha
    Sukses selalu~

  4. kak, tapi aku suka gambarnya tu yang gambar abstrak gitu. yang cuman aku aja yang tau maksud nya orang-orang tertentu aja yang tau itu gimana kak? soalnya, akalu gambar yang pasti-pasti gitu aku jarang banget bikin ataupun latihan

  5. Ka minta pendapat dong
    Saya ini mahasiswa baru DKV yang bisa masuk dkv tanpa jalur test
    Dan saya lebih mau kejurusan lain sebenarnya
    Tapi Kenapa? Karena orangtua saya yang maksa masuk dkv karena alasan prospek kerja…
    Hmmm gambar aja moodmoodan, saya cuma takut skill gambar ituitu terus aja, soalnya kalo gambar aja kadang masih harus liat contoh gitu…
    Terus apa yg harus saya lakukan? Saya udah gabisa nolak orangtua saya, dan juga gamau ngecewain orangtua tapi mikir juga untuk kedepannya di dkv:(

    1. Hmm, mungkin kamu bisa coba untuk serius belajar di DKV. Tapi, kalau hati kamu sudah menolaknya, lebih baik bilang terus terang ke orang tua, dan katakan alasanmu. Soalnya kalau kamu tetap memaksakan kuliah di jurusan yang tidak sesuai minatmu, kedepannya nanti bakalan susah. 😔

  6. Bang saya mau nanya, klo uda Kuliah di DKV,.. nanti tembusnya kmna bg, maksudnya kerjaan pas uda selesai kuliah jd apa bg..?? **Mksih bg 😊

  7. Kak, anak smk jurusan TKJ klo mau kuliah di DKV bisa enggk ya?
    Trus klo enggk terlalu bisa gambar pake imajinasi sendiri, akan susah enggk?

Apa pendapatmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s