Trending

Selfie

selfie

Curhat – Foto merupakan salah satu bentuk dokumentasi penting dari sebuah peristiwa. Ada banyak sekali kejadian-kejadian sekitar yang bisa diabadikan melalui foto. Mulai dari kejadian bersejarah yang akan dikenang berpuluh-puluh tahun kemudian, sampai kejadian ga penting yang ditujukan untuk kesenangan semata.

Berbicara mengenai foto, pasti kamu sudah akrab kan dengan kata ‘selfie‘. Sederhananya, selfie a.k.a foto narsis merupakan foto dari potret diri sendiri yang diambil menggunakan kamera ponsel atau kamera digital. Biasanya, selfie sering dijadikan ajang ‘pamer wajah’, dimana kita bisa mengungkapkan berbagai ekspresi wajah sesuka hati.

Ada beberapa macam teknik untuk mengambil foto selfie. Contohnya dengan menggunakan ‘tongsis‘ a.k.a tongkat narsis, yaitu tongkat portable yang ujungnya bisa digunakan untuk tempat kamera/ponsel, dan gagangnya bisa diatur panjangnyaΒ sesuai keinginan. Tongsis ini juga sangat penting bila ingin ber-selfie bareng banyak orang, karena dapat menjangkau rana yang luas.

Kalau tidak punya tongsis, pakai tangan sendiri juga bisa. Tinggal arahkan lensa kamera menghadap wajah, jauhkan tangan sesuai jarak yang pas, dan potret! Atau menggunakan bantuan cermin, jadi kita tinggal memotret pantulan diri kita di cermin, simple dan ga ribet. Tapi kalau pakai cermin, kurang berasa sih selfie-nya.

Sekarang ini, banyak sekali gadget keluaran terbaru yang mendukung kegiatan selfie ini. Kalau dulu kita harus bersusah payah mengatur sudut pengambilan yang pas agar foto kita terlihat sempurna, kini semua terasa lebih mudah berkat bantuan dari teknologi ini.

Salah satunya yaitu kamera depan pada ponsel. Kamera ini biasa digunakan untuk melakukan panggilan video (video calling) melalui jaringan internet. Seiring jaman, kamera depan beralih fungsi menjadi alat selfie paling mudah ditemui. Hampir semua ponsel keluaran baru memiliki kamera depan. Bahkan, beberapa diantaranya memiliki kualitas yang sangat baik dengan ukuran resolusi yang besar.

Selain untuk dokumentasi pribadi, selfie biasa dibagikan ke publik lewat jejaring sosial, semacam facebook, twitter, instagram, atau path. Nah, kalau tujuan kita ber-selfie untuk dibagikan ke publik, maka foto yang kita ambil tidak boleh menyinggung SARA atau vulgar. Tahu sendiri kan jejaring sosial seperti apa, sekali dipublikasi, bisa-bisa seluruh dunia tahu.

Intinya, selfie memang menyenangkan! Mari ber-selfie ria. Cheese!

Kapan terakhir kali selfie? πŸ˜€

logo

38 Comments on Selfie

  1. Belum gung…saya belum pernah selpi.selpian hihihi

  2. Herannya justru selfie ini baru akhir-akhir ini ngetrennya ya, hahaha πŸ˜† . Padahal dari sebelumnya ketika era mengambil foto semakin mudah karena adanya kamera digital, kan mau nggak mau harus selfie juga kalau mau ambil foto diri sendiri tapi nggak ada orang yang bisa diminta tolong untuk memfotokan πŸ™‚ .

  3. Daripada pake tongsis, Lebih suka pake TongBro alias Tolong Potoin donk, Bro

  4. Jangankan dgn kamera digital kek sekarang, jamannya kamera klise (film) aja sdh pada selfie kok

  5. udah lama juga ga selfie Gung *malu sama umur πŸ™‚

  6. Ah aku jadi ingat belom beli tongsis biar eksis. Eh πŸ˜›

  7. Jujur, aku nggak pede selfie, hahaha…. Biasanya harus ditambah aksesoris lain, misalnya kacamata hitam, biar terkesan misterius, hahaha…

  8. Foto Selfiemu mana? πŸ˜€

  9. selfieku paling ngumpet2 πŸ™‚

  10. saia dah beberapa kali foto ama selvie, yg kebetulan teman saia

  11. Irvan Robiansyah // 23 Juli 2014 pukul 14:01 // Balas

    Ga ada salahnya ya tiap orang buat Selfie. yang penting gaya fotonya wajarnya aja, jangan kaya anak alay :p
    terakhir saya selfie kemarin lusa, waktu bukber sama teman-teman πŸ˜€

  12. Saya ndak suka selpi, tapi sering jadi korban istri selpi-selpian :0

  13. Kalo aku malah ngga bisa selfie. Makanya susah kalo disuruh selfie tangannya kaku hehehe. Salam kenal mas πŸ™‚

  14. nope, none and never,
    jauh lbh suka motoin orang lain atau makanan soalnya…..

Apa komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: