UPDATE

Desain Komunikasi Visual: Dasar-Dasar Panduan Untuk Pemula

Desain Komunikasi Visual: Dasar-Dasar Panduan Untuk Pemula Desain Komunikasi Visual: Dasar-Dasar Panduan Untuk Pemula

Buku – Desain Komunikasi Visual: Dasar-Dasar Panduan Untuk Pemula adalah sebuah buku karangan Lia Anggraini S. dan Kirana Nathalia. Seperti yang sudah tertulis di judulnya, buku ini merupakan buku yang sangat cocok untuk dibaca oleh calon mahasiswa yang akan masuk di jurusan DKV. Di dalamnya, ada berbagai pengetahuan dasar tentang ilmu desain yang dikemas menjadi sangat ringan dan mudah dimengerti.

Buku Desain Komunikasi Visual Dasar-Dasar Panduan Untuk Pemula

Buku Desain Komunikasi Visual Dasar-Dasar Panduan Untuk Pemula

Buku yang diterbitkan oleh Penerbit Nuansa Cendekia ini berdimensi 25 cm x 17,5 dengan orientasi portrait. Bentuknya cukup ringkas dengan jumlah halaman sebanyak 100 halaman. Sampulnya berjenis softcover, dengan kertas isi berjenis art paper yang membuat buku ini lebih berkualitas. Cetakannya sangat rapi, dengan penempatan layout isi yang sangat menawan (wajar sih, kan pengarangnya desainer).

Baca juga: Masuk DKV Harus Pintar Gambar?

Buku ini berisi hal-hal yang wajib diketahui oleh para calon mahasiswa DKV maupun mahasiswa DKV semester-semester awal. Sebab, banyak sekali materi-materi seputar desain komunikasi visual yang cukup lengkap tersaji di dalam buku ini. Selain itu, banyak juga contoh-contoh gambar yang akan membantu pembaca lebih memahami setiap materi yang dijelaskan.

Bentuk layout buku yang sangat menarik

Bentuk layout buku yang sangat menarik

Secara keseluruhan, buku Desain Komunikasi Visual: Dasar-Dasar Panduan Untuk Pemula memiliki isi yang terbagi menjadi 3 bab utama. Bab pertama berisi Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual. Dalam bab ini, pembaca akan disuguhkan pengetahuan mengenai pengertian desain komunikasi visual, sejarahnya DKV, proses grafis menuju visual, unsur-unsur pada desain, prinsip-prinsip kerja desain, hingga teori Gestalt. Bagian terpenting dalam bab ini adalah unsur-unsur desain dan prinsip-prinsip kerja desain (yang nantinya bakal sering dipakai saat kuliah).

Pada bab kedua, pembaca akan mendapatkan info seputar Tipografi. Di sini terdapat makna dari tipografi, seperti apa tipografi dalam DKV, belajar anatomi huruf, penjelasan mengenai klasifikasi huruf, apa itu desain tipografi, dan panduan dalam aplikasi tipografi. Sementara bab terakhir berisi pengetahuan tentang Layout dan Grid System. Bab ini berisi semua hal mengenai layout, mulai dari penerapan sistem grid, anatomi grid, jenis-jenis grid, hingga penjelasan mengenai ruang kosong (white space).

Penjelasan mengenai tipografi

Penjelasan mengenai tipografi

Keunggulan dari buku ini adalah pada penyajian materinya yang sangat ringkas dan mudah dipahami. Tidak ada penjelasan yang berbelit-belit, dan semuanya terangkum dengan jelas menggunakan poin-poin penting. Pembaca tidak akan merasa kesulitan dalam mencari berbagai informasi seputar DKV dalam buku ini. Sedangkan kelemahannya ada pada kualitas binding-nya, dimana kertas mudah lepas kalau dibuka secara tidak hati-hati (sejauh ini punya saya aman, tapi pernah melihat di toko buku ada yang sampai tercecer kertasnya).

Baca juga: re:ON Comics

Kesimpulannya, buku Desain Komunikasi Visual: Dasar-Dasar Panduan Untuk Pemula sangat patut dibaca oleh orang-orang yang tertarik akan dunia desain komunikasi visual. Sekedar informasi tambahan, buku ini bisa kamu dapatkan di toko-toko buku terdekat (atau toko buku online) seharga 68.000 Rupiah. Semoga ulasan buku ini bermanfaat bagi kamu, dan selamat membaca!

Salam – Agung Rangga

Iklan

2 Comments on Desain Komunikasi Visual: Dasar-Dasar Panduan Untuk Pemula

  1. kak tes masuk untuk dkv sendiri apa aja?

Apa komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: