Iklan
UPDATE

Hari Blogger Nasional

Pengalaman 6 Tahun Ngeblog

Hari Blogger Nasional Hari Blogger Nasional

Blog – Hari Blogger Nasional. Setiap tanggal 27 Oktober, para blogger di Indonesia merayakan Hari Blogger Nasional. Ngeblog itu seperti menuangkan segala isi pikiran (dan hati) dalam setiap tulisan yang dipublikasikan lewat media bernama blog. Dan asiknya, apa yang kita tulis bisa dibaca oleh semua orang, dan siapa tahu kalau tulisan ini bermanfaat bagi si pembaca.

Oh, sekilas tentang hari blogger nasional, dikutip dari Kompas Tekno, hari blogger nasional ini pertama kali dicanangkan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Muhammad Nuh, pada 27 Oktober 2007 pada pembukaan Pesta Blogger tahun itu. Dan setelahnya, setiap tanggal 27 Oktober diperingati sebagai hari blogger nasional. (sayang ini bukan tanggal merah, huhuhu…)

Awal Ngeblog

Untuk memperingati hari blogger nasional ini, saya ingin kilas balik pengalaman pertama saya menulis di blog. Awal banget mengenal blog itu pas masih SMA, sekitar tahun 2010-an. Blog saya yang pertama awalnya beralamat agungrangga[dot]wordpress.com. Isinya masih copy-paste sana-sini, karena waktu itu bingung mau nulis apa di blog. Ujung-ujungnya, blog ini saya jadikan semacam catatan dari apa saja yang saya temukan di internet.

Selang beberapa bulan, saya ubah nama blog tadi menjadi “PopNote” yang beralamat popnote[dot]wordpress.com. Di sini saya mulai mengisi blog dengan tulisan saya sendiri. Isinya pun beragam, mulai dari curhatan, pengalaman, hingga kisah cinta ala-ala remaja (ada yang masih ingat?). Tapi, masih ada beberapa yang copy-paste artikel juga sih (soal kesehatan, teknologi, dll), namun sudah agak jarang. Saya pun mulai mendapat banyak teman baru lewat blogwalking, bahkan sempat kopdar (kopi darat/ketemu langsung) sama beberapa teman blogger.

WordPress vs Blogger

Setelah bertahun-tahun ngeblog di PopNote, tahun 2014 saya iseng membuat blog baru beralamat gungrangga.wordpress.com (blog ini!). Rencananya isi PopNote akan dipindah ke blog baru ini, namun yang terjadi adalah kedua blog saya kena suspend (ditahan) oleh WordPress.com (baca tulisan lengkapnya di sini: WordPress: Account Suspended!). Hingga akhirnya saya hijrah ke platform Blogger untuk sementara waktu, dengan alamat blog gungrangga[dot]blogspot.com.

Pengalaman nulis di Blogger ternyata tidak seenak di WordPress.com, terutama post editor-nya yang lebih bagus di WordPress.com. Biarpun begitu, asiknya ngeblog di Blogger adalah kita bisa mengutak-atik tampilan blog sesuka hati. Bahkan, saya bisa memasang template dari pihak luar, dan mengubah desainnya semau saya. Hal ini tidak bisa saya lakukan di WordPress.com, karena di sana cuma disediakan tema yang terbatas saja (walaupun ada yang gratis dan berbayar sih).

Tragedi Ngeblog

Ngeblog di Blogger cuma bertahan sebentar, karena saya sangat kangen dengan suasana ngeblog di WordPress.com. Blog PopNote pun sudah dicabut penahanannya, begitu pula blog ini. Tadinya semua tulisan di PopNote mau dipindah ke Blogger, tapi ternyata gak bisa karena formatnya berbeda. Akhirnya blog yang di Blogger dihapus, dan tulisan yang di sana dipindah ke blog ini.

Lalu, dengan “pede”-nya saya hapus blog PopNote dari dunia maya. Saya pikir, waktu itu saya sudah punya file backup tulisan di laptop saya, jadi aman-aman saja untuk menghapus PopNote. Ternyata takdir berkata lain. Laptop saya rusak dan semua data terhapus, termasuk file backup dari blog PopNote yang belum sempat saya upload ke blog ini. Damn. (kisah lengkapnya bisa dibaca di sini: Memori Yang Hilang)

Upgrade Blog

Setelah itu, mulai Juli 2o14 (hingga sekarang) saya kembali ngeblog di blog ini. Setelah kehilangan ratusan tulisan di PopNote, ngeblog dari nol lagi rasanya menyakitkan sekali. Awal-awalnya saya kurang bersemangat untuk menulis, namun berkat dukungan teman-teman blogger, saya jadi bisa move-on dari PopNote. Bahkan, saya memutuskan untuk lebih serius dalam dunia blogging dengan membeli domain premium “.com” untuk blog ini, dan menyisakan sebagian uang untuk memperpanjangnya setahun sekali. (baca di sini: Domain Baru)

Belum puas di sana, saya sempat beli tema premium di wordpress.com. Iya, hobi saya sejak ngeblog di PopNote adalah seringnya gonta-ganti tema dan tampilan ngeblog. Karena saya orang yang suka berkreasi, jadi begitu ada tema baru diluncurkan oleh WordPress.com, langsung buru-buru saya coba terapkan di blog saya.

Untuk mencegah tampilan blog ini berubah-ubah lagi, Tahun 2015 kemarin saya beli tema premium bernama “Pocket”. Saya suka tema ini karena tampilannya yang minimalis, tanpa sidebar, dan mirip seperti Tumblr. Namun, lama-lama saya merasa membutuhkan adanya sidebar, juga sedikit elemen-elemen tambahan di blog. Akhirnya, beberapa hari yang lalu (4 Oktober 2016) saya kembali beli tema premium “MH Magazine” yang dipakai saat ini. Tampilan blog pun jadi berubah 180 derajat, jadi lebih ramai dan meriah. Semoga saja ini tema terakhir untuk blog ini.

Harapan Ngeblog

Setelah hampir 6 tahun menjalani pahit-manis dunia blogging, saya rasa inilah saatnya untuk saya lebih serius menekuni hobi ngeblog ini. Saya ingin agar blog ini tidak sekedar menjadi wadah curahan hati dan obrolan tidak jelas saja. Saya berharap agar blog ini bisa membantu menyalurkan aspirasi, ide, dan pengalaman saya yang mungkin nantinya akan berguna untuk orang lain. Sederhana sih, tapi sangat penting untuk saya.

Semoga saja di hari blogger nasional ini, makin banyak blogger-blogger Indonesia yang juga berkarya dan saling berbagi lewat media blog. Oh iya, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada semua teman-teman blogger yang sudah menemani saya di dunia maya ini, semoga saja kelak bisa bertemu juga di dunia nyata. Jadi, bagaimana dengan pengalaman ngeblog-mu?

Salam,
Agung Rangga

Iklan

8 Comments on Hari Blogger Nasional

  1. Udah tahun ke 10 to Hari Blogger Nasional itu…
    Enak theme yang ini Gung…

  2. Awal aku ngeblog dulu juga kutip dari majalah trus kutulis di blog. Masih nggak ngerti waktu itu 🙂

  3. waaah udah suhu nih…saya baru ngeblog Oktober 2015 mas. Salam kenal yaaa

  4. Hallo Kak. kalau boleh tahu, kaka diaman ya tempat wordpress yang gratisan templatenya kak.. tempalate yang bagus gitu kaka.. 🙂

Apa komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: