Iklan
UPDATE

Kuliah Semester Akhir di DKV (Bagian 2)

Sidang Preview 2

Kuliah Semester Akhir di DKV (Bagian 2) Kuliah Semester Akhir di DKV (Bagian 2)

KuliahSemester Akhir di DKV. Setelah lulus dari Sidang Preview 1, langkah selanjutnya adalah melakukan persiapan untuk Sidang Preview 2. Jarak antara Sidang Preview 1 ke Sidang Preview 2 adalah 7 minggu, di mana kami harus sudah melaksanakan bimbingan dengan dosen pembimbing minimal 6 kali. Jika kurang dari itu, mahasiswa tidak diperbolehkan melaksanakan sidang berikutnya.

Lanjutan dari: Kuliah Semester Akhir di DKV (Bagian 1)

Mengerjakan Bab 3

Preview 2 menuntut kami untuk menyelesaikan seluruh bab skripsi, mulai Bab 1 hingga Bab 4. Bab 1 dan Bab 2 sih sudah dibahas di Preview 1, namun setelah sidang kemarin, ternyata masih ada beberapa bagian yang harus diperbaiki. Sementara itu, penyusunan Bab 3 dan Bab 4 inilah yang seru!

Bab 3 berisi data dan analisis masalah. Di sini saya harus mengumpulkan beberapa data pendukung tugas akhir saya. Data yang wajib dikumpulkan adalah: data institusi, data produk, data khalayak sasaran, data proyek sejenis, data wawancara, dan data kuesioner. Sementara analisis masalah terbagi menjadi 4 bagian, yaitu: analisis data visual, analisis data wawancara, analisis data kuesioner, dan kesimpulan analisis data.

Mengumpulkan Data

Karena tugas akhir saya membuat buku cergam anak bertema ajaran Hindu, saya mengambil data institusi dari penerbit buku dan Direktorat Jenderal Bimas Hindu Kementerian Agama Republik Indonesia. Sementara data produk berisi spesifikasi produk TA saya (buku cergam) dan isi dari produk tersebut.

Data khalayak sasaran saya bagi menjadi target primer (anak-anak) dan target sekunder (orang tua). Untuk data proyek sejenis, saya melakukan perbandingan terhadap tiga buku cergam anak bertema budi pekerti. Pada data wawancara, saya melakukannya pada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat u.p. Pebimas Hindu, psikolog anak, serta guru Pasraman Hindu. Sedangkan data kuesioner saya kumpulkan dari kuesioner yang sudah saya sebar di internet (100 responden).

Baca juga: Kuliah Semester 4 di DKV

Menganalisis Data

Di bagian analisis data visual, saya menganalisis ketiga buku cergam pada data produk sejenis tadi, berdasarkan teori perancangan desain: teori ilustrasi (menganalisa gambar dan visual), teori warna (menganalisa warna yang dipakai), teori layout (menganalisa tata letak gambar dan teks), dan teori tipografi (menganalisa jenis teks dan keterbacaan). Semuanya dianalisis menggunakan teknik matriks perbandingan.

Analisis data wawancara saya lakukan dengan menuliskan poin-poin penting apa saja yang saya dapat dari hasil wawancara kemarin. Sedangkan analisis data kuesioner saya kerjakan dengan mengumpulkan ringkasan data hasil kuesioner. Setelah melakukan tiga analisis data, muncul deh kesimpulan analisis data. Bab 3 pun selesai!

Bab 4?

Ternyata waktu saya tidak keburu untuk menyelesaikan Bab 4, lantaran Bab 3 pun masih harus direvisi sana-sini. Sebagai gantinya, saya mulai membuat sketsa karakter untuk buku cergam yang akan saya buat. Karakter utamanya adalah seorang anak kecil laki-laki dan ibunya. Karakter tambahannya adalah enam monster yang mewakili enam sifat buruk dalam diri manusia (Sad Ripu).

Ngomong-ngomong, bukan hanya saya lho yang belum mengerjakan Bab 4, banyak teman-teman saya yang juga demikian. Lebih parah lagi, ada beberapa yang bahkan belum menyelesaikan Bab 3! Yaa, paling tidak saya sudah mulai merancang karakter dan cerita sih. Bab 4 akan saya kerjakan setelah Sidang Preview 2.

Baca juga: Kuliah Semester 3 di DKV

Sidang Preview 2

Oh iya, Sidang Preview 2 saya dilaksanakan hari Selasa tanggal 17 Mei 2016. Berbeda dengan Sidang Preview 1 yang dilakukan hanya dengan dosen pembimbing di ruang dosen, pas Sidang Preview 2 ini sudah ada seorang dosen penguji (dosbing tetap ikut pas sidang). Sidangnya berlangsung di sebuah ruang khusus, dan kami harus antri sesuai jam sidang masing-masing.

kelompok tugas akhir setelah sidang preview 2

kelompok tugas akhir setelah sidang preview 2

Saat sidang, saya melakukan presentasi tugas akhir saya, mulai dari Bab 1 hingga Bab 3. Presentasinya berjalan lancar dan cukup cepat (cuma kurang dari 5 menit!). Kemudian, saya berdiskusi dengan dosen penguji (Pak Patra Aditia, dosen wali saya, hehe~) dan dosen pembimbing (Pak Dwija). Diskusi ini yang lama, sekitar 30 menitan. Saat diskusi, saya mendapat banyak masukan dari kedua dosen, dan saya pun dinyatakan LULUS dari Sidang Preview 2 ini! Tahap berikutnya adalah persiapan menuju Sidang Preview 3~

Lanjut ke: Kuliah Semester Akhir di DKV (Bagian 3)


Oke, ini adalah pengalaman saya pas melaksanakan tugas akhir dari studi S1 saya di DKV Universitas Telkom. Pada bagian ini, cuma sampai sidang preview 2 saja, soalnya kalau kepanjangan, nanti capek bacanya~ Saat tulisan ini diterbitkan, saya sudah lulus dan sedang menunggu wisuda di akhir bulan November 2016. Terima kasih sudah membaca~

Salam,
Agung Rangga

Iklan

20 Comments on Kuliah Semester Akhir di DKV (Bagian 2)

  1. masa kuliah itu masa perjuangan

  2. saya doakan dirimu semoga jadi desain grafis dan animator professional kayaka adek saya, coba cek http://www.lepaskendali.com 😀

  3. Wah, spertinya mau DKV atau apapun itu ujian sebelum kelulusannya sama ya 😀

  4. karakternya agung khas banget mesti, imut- imut gimana gitu. 😀
    itu kerjasama dengan rabbithole, Gung? ada fotonya itu, apa salah lihat? hehe

  5. Kenapa bimbingan dengan dosen pembimbing minimal 6 kali, dan kurang dari itu tidak diperbolehkan melaksanakan sidang berikutnya?
    Kalo menurut saya sih fleksibel aja, misal bimbingannya baru 4 kali tapi mahasiswa sudah tokcer, ya tak perlu sampai 6 kali. Tapi ini kebijakan masing-masing institusi.

    Selamat ya Gung. Semoga tercapai cita-citanya.
    Anak saudara saya bulan November ini juga wisuda di Universitas Telkom. Anaknya jurusan s1 teknik industri.

    • Memang sudah peraturan dari kampusnya pak, mungkin biar lebih maksimal gitu. 🙂
      Saya sendiri sudah selesai di bimbingan ke-4, dan bimbingan ke-5 dan 6 cuma menyempurnakan sketsa karakter di atas saja. 😅
      Terima kasih, wah, wisudanya barengan dong ya~ 😂

  6. Wah, bagus idenya bang, menyimpulkan memori persemester, selain buat ilmu juga kenang-kenangan sebelum lulus! Happy graduation bang agung 🎓

  7. Wah selamat ya, berarti wisudanya bulan ini dong.

  8. perjuangan banget itu prosesnya, tapi sesuai lah dengan hasil yang nanti didapat, cemumud ya 🙂

4 Trackbacks / Pingbacks

  1. Kuliah Semester Akhir di DKV (Bagian 1) – Agung Rangga
  2. Kuliah Semester Akhir di DKV (Bagian 3) – Agung Rangga
  3. Kuliah Semester Akhir di DKV (Bagian Akhir) – Agung Rangga
  4. Farewell Party – Agung Rangga

Apa komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: