Iklan
UPDATE

Kuliah Semester Akhir di DKV (Bagian 3)

Sidang Preview 3

Kuliah Semester Akhir di DKV (Bagian 3) Kuliah Semester Akhir di DKV (Bagian 3)

KuliahSemester Akhir di DKV. Pasca sidang preview 2, kini saatnya lanjut ke tahap yang lebih menegangkan. Sebelum sidang preview 3 nanti, saya harus sudah menyelesaikan skripsi dan karya tugas akhir. Disediakan waktu selama enam minggu untuk mahasiswa melakukan bimbingan TA (minimal lima kali).

Lanjutan dari: Kuliah Semester Akhir di DKV (Bagian 2)

Mengerjakan Bab 4 & 5

Jika Bab 1 hingga Bab 3 sudah dibuat pada saat menuju Sidang Preview 2 kemarin, kini giliran membuat Bab 4-nya. Bab 4 dari skripsi saya berisi konsep dan hasil perancangan dari karya tugas akhir. Konsep perancangan terdiri dari konsep pesan, konsep kreatif, konsep media, konsep visual dan konsep bisnis. Sementara hasil perancangan dibagi menjadi bagian sampul buku dan bagian isi buku.

Konsep pesan adalah bagian terpenting dari Bab 4 ini, karena menjelaskan tentang apa yang mau disampaikan lewat karya tugas akhir. Dalam konsep kreatif, saya menjelaskan berbagai aspek penting dalam karya yang dibuat, mulai dari sinopsis cerita, desain karakter, isi buku, storyline, hingga storyboard.

Spesifikasi dan bentuk karya (dalam hal ini berupa buku cerita bergambar) dijelaskan dalam konsep media. Konsep visual berisi empat referensi yang dijadikan acuan dalam merancang, yang dibagi berdasarkan empat teori perancangan desain (ilustrasi, layout, warna & tipografi). Sedangkan konsep bisnis membahas detil biaya produksi hingga pemasaran produk/karya.

Bab 5 merupakan bab terakhir dari skripsi saya yang terbagi menjadi dua bagian: kesimpulan dan saran. Kesimpulan berisi garis besar terhadap apa saja yang telah dikerjakan dalam tugas akhir ini. Sedangkan bagian saran berisi pendapat/masukan dari dosen penguji setelah melaksanakan sidang akhir nanti.

Baca juga: Kuliah Semester Akhir di DKV (Bagian 1)

Putu Ingin Tahu: “Sad Ripu”

Karena saya kuliah di jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV), pastinya tugas akhir saya berupa karya dong~ Menggunakan kemampuan membuat ilustrasi dan cerita anak-anak, saya pun memutuskan untuk bikin sebuah buku cerita bergambar. Tema yang diangkat adalah seputar ajaran agama Hindu, yaitu “Sad Ripu”.

sampul buku Putu Ingin Tahu Sad Ripu

sampul buku Putu Ingin Tahu Sad Ripu

Sad Ripu sendiri berasal dari kata Sad yang artinya enam dan Ripu yang artinya musuh. Sad Ripu memiliki makna enam musuh yang berada di dalam diri manusia. Keenam musuh tersebut terdiri atas Kama (nafsu), Lobha (tamak), Krodha (marah), Moha (bingung), Mada (mabuk) dan Matsarya (dengki).

contoh isi buku 1

contoh isi buku 1

Karena sifat-sifat buruk tersebut berupa abstrak (tidak berbentuk nyata), maka saya perlu mengolahnya biar bisa lebih menarik, terutama di mata anak-anak. Tadinya saya ingin membuat monster-monster yang menyeramkan. Namun niat itu saya urungkan, dan jadilah monster-monster yang lucu.

contoh isi buku 2

contoh isi buku 2

Tokoh utama dalam cerita ini adalah seorang anak kecil laki-laki bernama Putu dan ibunya. Buku ini bercerita tentang bagaimana sang ibu menjelaskan pada Putu apa itu Sad Ripu, dan bagaimana cara mengendalikan enam musuh dalam diri tersebut. Semua disampaikan dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak-anak (butuh berkali-kali revisi naskah biar sesuai~).

Baca juga: Kuliah Semester 2 di DKV

Sidang Preview 3

Hari sidang preview 3 pun tiba, yaitu tanggal 24 Juni 2016. Tadinya sih, dengar-dengar sidang preview 3 ini bakal dilaksanakan sama seperti sidang preview 1 kemarin, yaitu cuma tatap muka sama dosen pembimbing saja. Namun dugaan kami salah, sidang preview 3 ternyata sama seperti sidang preview 2, ada seorang dosen penguji dan dosen pembimbing.

selesai sidang preview 3

selesai sidang preview 3

Karena di sidang preview 2 kemarin saya sudah menjelaskan bab 1 hingga bab 3, di sidang preview 3 ini saya hanya menerangkan bab 4 saja. Sidang berlangsung kurang lebih 30 menit, saya banyak mendapat masukan dari dosen penguji dan dosen pembimbing. Yap, saya LULUS dari sidang preview 3! Ini artinya, selangkah lagi menuju sidang akhir!!!

Lanjut ke: Kuliah Semester Akhir di DKV (Bagian Akhir)


Oke, ini adalah pengalaman saya pas melaksanakan tugas akhir dari studi S1 saya di DKV Universitas Telkom. Pada bagian ini, cuma sampai sidang preview 3 saja, soalnya kalau kepanjangan, nanti capek bacanya~ Saat tulisan ini diterbitkan, saya sudah lulus dan sedang menunggu wisuda di akhir bulan November 2016. Terima kasih sudah membaca~

Salam,
Agung Rangga

Iklan

8 Comments on Kuliah Semester Akhir di DKV (Bagian 3)

  1. btw saya suka sama karakter2 yang mas bro buat..coba bikin komik hehehe

  2. Dimas Candra Sugiarto // 19 November 2016 pukul 06:55 // Balas

    Saya yang masih maba kelak juga akan merasakan sensasi2 semester akhir ini 😂😁

  3. Kalian hebat, gambar2 nya ilustrasi lucu dan hidup

  4. semoga berhasil sidang nya ya Mas …

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Kuliah Semester Akhir di DKV (Bagian 2) – Agung Rangga
  2. Kuliah Semester Akhir di DKV (Bagian Akhir) – Agung Rangga
  3. Farewell Party – Agung Rangga

Apa komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: