Rencana Untuk Lanjut Kuliah S2

Mengambil pendidikan magister memang sudah saya rencanakan sejak duduk di bangku sarjana. Karena dengan lanjut kuliah S2, saya bisa selangkah lebih dekat untuk meraih cita-cita saya, menjadi dosen.

Rencana Untuk Lanjut Kuliah S2
Rencana Untuk Lanjut Kuliah S2

Pepatah mengatakan agar kita jangan pernah berhenti belajar, karena kehidupan tidak pernah berhenti memberikan pelajaran. Hal itulah yang mendorong saya untuk terus berusaha mempelajari dan mendalami bidang kajian yang saya sukai.

Ada banyak sumber ilmu pengetahuan yang bisa kita temui. Mulai dari buku, internet, orang lain, hingga pengalaman pribadi. Namun yang akan saya bahas kali ini adalah sumber ilmu yang berupa bangku pendidikan, yaitu kuliah.


Bicara Cita-Cita

Bicara Cita-Cita
Bicara Cita-Cita [sumber: shutterstock.com]
Saat masih kecil, jika ditanyakan soal apa cita-cita saya, maka jawaban saya sering berubah-ubah. Kadang saya ingin jadi pilot, jadi dokter, bahkan jadi presiden. Pas memasuki masa SMA, saya pun mulai menentukan apa yang ingin saya capai waktu dewasa nanti.

Saya pernah bercita-cita untuk bisa kuliah di jurusan agrobisnis. Saat itu, saya percaya kalau tanah Indonesia itu kaya akan hasil bumi, dan bila dikelola dengan baik, maka rakyat Indonesia tidak akan ada lagi yang mati kelaparan.

Belum lagi, saya sangat hobi bermain game simulasi berkebun berjudul Harvest Moon. Oh iya, saya juga sangat senang melihat pepohonan rindang, bunga, tanaman buah dan sayur, sampai rerumputan hijau. Rasanya damai sekali~

Tapi Bapak saya langsung meletuskan balon angan-angan itu. Beliau menyindir saya, “lah, kamu aja gak pernah nyentuh tanah~”. Jadi, rumah kami memiliki kebun belakang yang cukup luas. Bapak menanami kebun ini dengan berbagai pohon bunga (kamboja, soka, kembang sepatu, dll) dan buah-buahan (mangga, jambu, pisang, kelapa, dll).

Karena saya keseringan di kamar, saya jarang sekali main-main di kebun belakang ini. Udah gitu, saya juga benci dengan hal-hal yang kotor, jadi gak kebayang sih kalau nanti harus selalu berkotor-kotor di kebun. Yaa, yaa, saya akui kalau impian tadi hanyalah sebatas angan-angan belaka~


Impian Sejak Kuliah S1

Impian Sejak Kuliah S1
Impian Sejak Kuliah S1 [sumber: shutterstock.com]
Saat di akhir tahun SMA, saya mendapat kesempatan untuk kuliah di jurusan Desain Komunikasi Visual, Universitas Telkom (dulu namanya masih Institut Manajemen Telkom). Lewat program SMBB-nya dan dengan bantuan pendaftaran kolektif dari SMA, saya pun diterima di jurusan ini, tanpa tes!

Ahh, rasanya senang sekali bisa masuk di jurusan impian~ Yap, karena hobi saya dari kecil adalah menggambar, maka bisa masuk jurusan DKV adalah hal yang paling membahagiakan bagi saya~

Untuk itu, saat menjalani hari-hari sebagai mahasiswa sarjana, saya bertekad untuk serius dalam belajar. Saya berusaha sekuat tenaga untuk menjadi mahasiswa yang aktif, disiplin, ulet, dan tekun selama kegiatan belajar-mengajar, baik di dalam maupun luar kampus.

Berkat itu, saya pun lulus dengan predikat dan nilai yang cukup membanggakan. Tinggal satu hal lagi yang perlu saya capai, yaitu berusaha mewujudkan cita-cita saya sebagai dosen. Eh, kenapa ingin jadi dosen?

Hehehe, gak tahu kenapa, saya sangat terpikat dengan profesi tenaga pengajar di kampus ini. Seru aja melihat bagaimana cara dosen mengajar, berbagi pengalaman dan wawasannya pada mahasiswa, hingga berupaya memberikan pendidikan terbaik bagi penerus bangsa ini (halah~).

Bahkan saat saya mendapat tawaran menjadi asisten dosen di kampus saya, rasanya tuh senang sekali! Akhirnya saya bisa sedikit merasakan bagaimana menjadi dosen. Biarpun cuma satu semester, pengalaman ini sungguh berharga bagi saya.


Kesempatan Untuk Ambil S2

Kesempatan Untuk Ambil S2
Kesempatan Untuk Ambil S2 [sumber: shutterstock.com]
Sebenarnya, rencana untuk lanjut ke jenjang pernikahan S2 sebenarnya sudah direncanakan sejak saya selesai sidang akhir. Waktu itu niatnya pas lulus nanti, saya mau langsung lanjut kuliah lagi.

Namun ternyata Tuhan berkehendak lain, saya harus menunda 2 tahun untuk bisa kembali ke kampus. Dua tahun itu saya isi dengan bekerja di kantor, mengisi blog ini, membuat komik, dan menjadi penulis serta ilustrator.

Biarpun belum sesuai dengan cita-cita saya, pekerjaan-pekerjaan tersebut tetap saya laksanakan dengan senang hati. Karena saya tahu, mencari pekerjaan di zaman sekarang tidak semudah yang dipikirkan selama ini.

Hingga akhirnya, kesempatan itu datang. Sekarang saatnya saya serius untuk mendaftarkan diri ke program penerimaan mahasiswa baru. Jurusan yang saya tuju adalah Magister Desain, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung.


Semoga saja, ini adalah pilihan yang terbaik bagi saya. Semangat Gung, sedikit lagi cita-citamu akan tercapai! Berusahalah sekuat tenaga!

Salam,
Agung Rangga

Iklan

Penulis: Agung Rangga

Salam kenal! Saya adalah seorang Indonesian Visual Storyteller yang hobi menulis di blog, baca komik, dan jalan-jalan.

6 thoughts

Apa pendapatmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s