Tips Berinvestasi Untuk Kamu yang Baru Memulai

Investasi menjadi salah satu jalan yang dipilih banyak orang dalam menggunakan uang yang dimilikinya.

Tips Berinvestasi Untuk Kamu yang Baru Memulai
Tips Berinvestasi Untuk Kamu yang Baru Memulai

Mengalihkan uang untuk berinvestasi merupakan cara jitu agar uang yang tidak digunakan dapat berkembang dengan sendirinya dan menghasilkan keuntungan untuk kamu selaku investor. Namun, tidak semua orang telah berinvestasi dan mengetahui seluk beluk investasi. Untuk itu, berikut ini 3 tips berinvestasi untuk kamu yang baru memulai.


Memilih Skema Investasi yang Tepat

Memilih Skema Investasi yang Tepat
Memilih Skema Investasi yang Tepat [sumber: shutterstock]
Bagi kamu yang baru mulai berinvestasi, tips pertama yang bisa kamu ikuti adalah memilih skema investasi yang tepat untuk kamu. Setiap orang memiliki preferensi masing-masing dan tentu menginginkan investasi terbaik untuk pemula yang mudah untuk dijalani.

Dalam memilih investasi, kamu dapat memilih sesuai dengan imbal hasil yang kamu inginkan nantinya. Jika kamu menginginkan skema investasi dengan imbal hasil tinggi, maka kamu harus siap dengan risiko tinggi. Pun begitu sebaliknya dengan risiko yang rendah maka kamu harus siap dengan imbal hasil yang rendah pula.


Tidak Serakah

Tidak Serakah
Tidak Serakah [sumber: shutterstock]
Salah satu hal yang bisanya dialami oleh para investor pemula adalah sifat serakah yang menghancurkannya. Sifat serakah ini didapat dari rasa tidak puas dengan imbal hasil yang telah didapatnya dan ingin mendapatkan imbal hasil yang lebih tinggi lagi dalam waktu singkat.

Salah satu contoh sifat serakah pada investor pemula adalah memilih investasi yang tidak terpercaya dengan imbal hasil dan risiko tinggi ketimbang investasi terpercaya yang menjanjikan return lebih kecil. Oleh karena itu, jika kamu ingin sukses sebagai investor pemula, jauhkan sifat serakah dalam diri kamu.


Menghitung Kebutuhan Investasi Secara Tepat

Menghitung Kebutuhan Investasi Secara Tepat
Menghitung Kebutuhan Investasi Secara Tepat [sumber: shutterstock]
Berinvestasi tidak hanya dilakukan dengan menyerahkan dana dan mendulang hasilnya begitu saja. kamu harus menghitung secara rinci apakah dana tersebut akan mengganggu kondisi keuangan kamu atau tidak.

Karena, pada beberapa kasus terdapat orang-orang yang kesulitan dana akibat terlalu gila dalam berinvestasi. Hal ini tidak tepat dan sebaiknya kamu menghitung kebutuhan investasi secara tepat agar tidak mengganggu kondisi keuangan pribadi kamu.

Salam,
Agung Rangga


Catatan: tulisan ini adalah sponsored post.

Iklan

Penulis: Agung Rangga

Salam kenal! Saya adalah seorang Indonesian lifestyle blogger yang hobi menulis, baca komik, dan jalan-jalan.

4 thoughts

  1. Dulu aku ga ngerti samasekali investasi itu apa. Taunya, kalo udh dgr investasi, yg keinget lgs properti dan tanah. Tp sejak kerja di bank, jd paham, bahwa ada banyaaaak investasi yg bisa kita lakuin even dgn modal terjangkau, cthnya reksadana, obligasi, sukuk, dual currency dan msh banyak lg kalo di bank. Aku sendiri tipe Speculative. Berani ambil resiko tinggi, demi imbal hasil yg tinggi juga :D.

    Kayak sekarang nih, indeks lg jatoh, time to buy sebenernya. Orang2 awam biasanya lgs panik kalo IHSG jeblok, dan cepet cepet redeem semua investasinya, dgn tujuan cut loss. Padahal yg namanya reksadana, bonds, sukuk, ga bisa dlm wkt sebentar. Ini jangka panjang mainnya. Jadi kalo jeblok, ya biarin aja. Justru di saat semua harga jatuh, kita lgs masuk utk membeli, dan jual lg pada saat tinggi. Biasanya dlm 5-10 thn kedepan. Makanya kalo di bank, sebelum beli produk yg resikonya tinggi, nasabah slalu diminta utk tanda tangan deklarasi form, kalo dia memiliki cadangan dana darurat minimal 6 bulan :). Setidaknya kalo di bank tempat aku kerja begitu

Apa pendapatmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s