Ketahui Beberapa Hal yang Bisa Menghambat Proses Penyembuhan Luka Setelah Operasi

Ketahui Beberapa Hal yang Bisa Menghambat Proses Penyembuhan Luka Setelah Operasi

Waktu yang dihabiskan pasca operasi perlu digunakan untuk proses pemulihan sampai luka benar-benar sembuh. Diperlukan waktu yang cukup lama hingga berminggu-minggu agar pasien bisa benar-benar sembuh dan beraktivitas secara normal. Proses pemulihan luka operasi bukanlah hal yang sepele karena tidak bisa disembuhkan dengan obat hidung mampet dan hidung meler karena dibutuhkan obat khusus yang bisa mempercepat proses penyembuhan luka.

Selain menggunakan obat yang bisa mempercepat penyembuhan luka pasca operasi yang bisa didapat dengan beli disini (goapotik) atau di apotik terdekat, terdapat pula beragam hal yang perlu dihindari agar proses pemulihan bisa berjalan lebih cepat. Apa sajakah hal tersebut? Inilah dia beberapa diantaranya:


Makanan atau Minuman yang Terlalu manis

Semua orang tentu suka dengan minuman yang manis. Minuman manis bisa meningkatkan selera saat minum serta bisa memberikan energi tambahan. Energi tersebut diperoleh melalui glukosa dari minuman tersebut yang nantinya diolah oleh hormon insulin hingga menjadi energi. Tapi, meskipun minuman yang manis sangat disukai dan bisa menghasilkan energi tambahan, minuman yang terlalu manis justru perlu dihindari pasca melakukan operasi.

Konsumsi minuman yang terlalu manis bisa meningkatkan kadar gula dalam darah dengan cepat. Ini terjadi ketika tubuh mulai resisten terhadap insulin atau bahkan tidak memproduksi insulin secara cukup. Ketika kadar gula dalam darah naik, maka proses penyembuhan luka operasi akan berjalan lebih lama. Potensi infeksi juga bisa semakin tinggi dan berujung pada luka yang kering lebih lama.


Makanan yang Terlalu Pedas

Makanan pedas jadi salah satu karakter makanan di Indonesia. Bahkan, banyak orang Indonesia yang sulit untuk makan apabila rasanya tidak pedas sama sekali. Namun, rasa pedas pada makanan perlu diwaspadai karena bisa berdampak pada sistem pencernaan. Terlebih pada kamu yang baru saja selesai melakukan operasi, makanan yang terlalu pedas jadi salah satu makanan yang wajib dihindari.

Walaupun makanan pedas bisa meningkatkan nafsu makan, namun makanan pedas perlu dihindari karena bisa menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan. Iritasi tersebut bisa membuat kamu ingin lebih sering buang air besar dan membuat proses pemulihan luka bekas operasi berjalan lebih lambat.

Referensi artikel : https://www.guesehat.com/3-cara-merawat-luka-setelah-operasi


Catatan:
Tulisan ini adalah sponsored post, bila ingin bekerja sama juga, jangan ragu untuk langsung menghubungi saya melalui formulir di halaman “Kontak”.

Diterbitkan oleh Agung Rangga

Salam kenal! Saya adalah seorang Indonesian lifestyle blogger yang hobi menulis, baca komik, dan jalan-jalan.