UPDATE

Selamat Hari Raya Galungan

#PopNoteRecovery

Selamat Hari Raya Galungan

Curhat – Selamat Hari Raya Galungan.

Hai…

Om Swastiastu…

Huaaa… Senangnya, hari ini adalah hari raya Galungan, yang jatuh tepat pada hari rabu wuku Dungulan. Itu artinya 2 hari lagi aku mau otonan. :D Apa itu otonan? Gw gak akan bahas itu sekarang, nanti aja hari jumat ya…:p

Okay, “back-to-topic”, tahukah kamu, kalau Galungan itu adalah hari besar agama Hindu yang diadakan 6 bulan sekali, dan selalu jatuh saat hari rabu wuku Dungulan. Hari raya ini diperingati sebagai hari dimana Dharma berhasil menaklukkan Adharma, atau kebaikkan mengalahkan kejahatan. Sehingga, pada hari ini semua umat Hindu di seluruh dunia (khususnya di Indonesia) merayakan kemenangan Dharma tersebut, dan akhirnya terciptalah hari raya Galungan. (dikutip dari buku pelajaran Agama Hindu gw…:p)

Ada hal yang menarik dan sangat khas pada saat hari raya Galungan, tau apa? Kalau kamu di Bali, pasti hari ini melihat banyaaaak banget batang bambu yang dihiasi daun janur kelapa dan ditempeli kue, bunga, dan biasanya ada di setiap jalan, di depan rumah, atau di depan Pura. Itu namanya “Penjor”.

penjor galungan

penjor galungan [sumber: iwbdenpasar.files.wordpress.com]

Kira-kira, seperti gambar di atas pemandangan sudut-sudut Bali saat ini. Pokokya meriah banget deh…XD

Kalau di Bali, pada saat hari raya galungan (yang akan diikuti hari raya Kuningan) semua kantor, sekolah, pokokya instansi apapun di sana akan mengadakan libur selama 3 hari! Gak percaya? Karena, hari raya Galungan akan diperingati selama 3 hari, dimulai dari selasa yang merupakan hari penampahan Galungan, dan berakhir hari kamis. 10 hari kemudian setelah Galungan, ada hari raya Kuningan (gw lupa tentang apa, nanti gw cari infonya dulu…).

hari raya galungan di Bali

hari raya galungan di Bali [sumber: media.vivanews.com]

Jika di Bali pada saat hari raya seperti ini semua umat Hindu sembahyang di pura, maka lain dengan gw dan sebagian umat Hindu yang ada di luar Bali, cuma bisa sembahyang di rumah. Tapi, menurut gw, mau dimanapun kita sembahyang, tetap yang penting kita ingat Tuhan ada dimana-mana, dan kita tau makna yang sebenarnya dari sembahyang itu.

Baik, sekian dulu untuk cuap-cuap hari ini… Akhir kata, gw mau ngucapin untuk seluruh umat Hindu di dunia, Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan… Semoga kebaikan selalu senantiasa dihati kita…

Om Santih-Santih-Santih Om…

Iklan

Apa komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: