Iklan
UPDATE

Wow, Ujian Kenaikan Kelas Sebentar Lagi!

#PopNoteRecovery

Wow, Ujian Kenaikan Kelas Sebentar Lagi! Wow, Ujian Kenaikan Kelas Sebentar Lagi! [sumber: pexels.com]

Sekolah – Wow, Ujian Kenaikan Kelas Sebentar Lagi! Tinggal menghitung hari, ujian kenaikan kelas bagi saya, siswa kelas XI yang bersekolah di salah satu SMA negeri di Bekasi, akan dimulai. Dan tepat pada hari kamis, 9 Juni 2011, pertempuran itu dimulai. Halo, halo, selamat sore semuanya. Tahukah kamu, kalau sekolah saya akan melaksanakan ujian kenaikan kelas (UKK) pada hari kamis minggu depan?! Dan tebak, apakah saya sudah siap lahir batin untuk menghadapinya???

Hmm… Setiap siswa, baik itu yang masih sekolah di SD, SMP, atau SMA, mungkin akan ‘sedikit’ was-was bila hendak menghadapi ujian ini. Ya, UKK ini memang terkenal lebih menyeramkan dari UAS (Ujian Akhir Semester). Iya, kalau pas UAS, khususnya Ujian Akhir Semester 1, maka si murid (seperti saya) akan lebih santai menghadapinya. Karena, apapun yang terjadi/dihasilkan, maka bisa diperbaiki di semester depan (maksudnya semester 2).

Lain halnya dengan UKK. Kalau hasil UKK-nya tidak ‘bagus’, maka si murid berada dalam ancaman bahaya besar! Iya, resikonya ada pada kata-kata dari akronim UKK itu sendiri, “naik kelas” atau “tidak naik kelas”!!! Dan mungkin kamu sudah tahu, sangat susah untuk memperbaiki nilai-nilai hasil UKK yang ‘tidak bagus’ itu. Secara, kalau misalnya si murid mendapat nilai rapor (yang benar ‘rapor’ atau ‘rapot’ sih???) jelek, maka dia hanya bisa pasrah.

Hmm… Untung lah, selama ini saya bisa terbebas dari yang namanya ‘tinggal kelas’. Ya, saya bersyukur karena masih diberikan kesempatan untuk terus naik kelas, dari SD sampai SMA sekarang. Dan, pada hari kamis depan, maka saya akan menghadapi UKK yang terakhir kali. Iya ‘kan? ‘Kan kalau sudah ada di kelas XII SMA gak ada UKK lagi ‘kan? Tapi yang ada malah Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah (US)?!

Oh iya, tadinya UKK di sekolahku diundurkan loh, bahkan tadinya akan mulai dilaksanakan hari senin tanggal 13 Juni 2011. Tapi, gak tau kenapa, malah dimajukan lagi tanggalnya ke hari kamis depan. Mungkin, salah satu alasan pemajuan waktu pelaksanaan UKK ini dikarenakan sekolah-sekolah di daerah lain sudah melaksanakannya. Dan, sekolah saya memang terlalu ‘lambat’ untuk hal ini. Yang lain aja udah pada liburan, dan sekolahku baru mengadakan ujian…

Yah, oke, saya maklumi hal itu. Oh iya, bahkan teman saya yang bersekolah di Surabaya sudah melaksanakan UKK dari hari senin lalu. Sedangkan menurut kabar yang beredar, di sekolah-sekolah swasta katanya juga ada yang sudah. Haduuuh… Oh iya, mau tau jadwal pelajaran selama UKK saya, ini dia :

Hari/Tanggal Mata Pelajaran
Kamis, 9 Juni 2011
  • Bahasa Indonesia
  • Sejarah
  • Teknologi Informasi dan Komunikasi
Jumat, 10 Juni 2011
  • Fisika
  • Pendidikan Agama
Sabtu, 11 Juni 2011
  • Bahasa Inggris
  • Pendidikan Kewarganegaraan
  • Pendidikan Lingkungan Hidup
Senin, 13 Juni 2011
  • Matematika
  • Pendidikan Jasmani dan Olahraga
Selasa, 14 Juni 2011
  • Kimia
  • Bahasa Jepang
Rabu, 15 Juni 2011
  • Biologi
  • Bahasa Sunda

#tabel mata pelajaran yang diujikan untuk UKK SMA kelas XI IPA

Ya, begitulah. Karena saya kelas XI jurusan IPA, maka tidak ada pelajaran IPS di jadwal tersebut (kecuali sejarah…). Dan untung saja, saya memulai hari ujian dengan pelajaran yang agak mudah bagi saya. Hmm… Ada selang waktu diantara jadwal itu! Ya, hari minggu! Hari minggu nanti bisa sedikit istirahat deh, ya, sebelum masuk ke pelajaran matematika. Hehe… Maklum, saya suka stress jika menghadapi angka dan huruf pada mata pelajaran itu…

Mungkin, segini dulu yang bisa saya sampaikan di notes hari ini. Dan, semoga saya bisa menghadapi minggu-minggu berat tersebut dengan tenang. Huuuft… Fiuuuuh… (olah nafas)

Salam – Agung Rangga

Iklan

1 Trackback / Pingback

  1. Belajar, Belajar, Belajar! – Agung Rangga

Apa komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: