Iklan
UPDATE

NEO Mushroom Garden

NEO Mushroom Garden NEO Mushroom Garden

PermainanNeo Mushroom Garden adalah satu-satunya game yang wajib ada di smartphone saya. Sudah hampir dua tahun saya memainkan game simulasi menanam jamur ini. Cara bermain yang mudah dan koleksi berbagai bentuk karakter jamur a.k.a “funghi” adalah hal yang paling saya sukai.

Neo Mushroom Garden merupakan jenis permainan kasual (santai), yang dapat dimainkan di smartphone bersistem operasi Android dan iOS. Uniknya, game ini bersifat gratis tanpa pembelian di aplikasi (in app purchase), serta dapat dimainkan dalam keadaan offline (tanpa terhubung ke internet). Sebenarnya, game Neo Mushroom Garden adalah seri keempat dari seri game simulasi menanam jamur ini. Game buatan BeeworksGames ini sebelumnya sudah punya tiga seri, yaitu “Mushroom Garden”, “Mushroom Garden Deluxe” dan “Mushroom Garden Seasons”.

Yang membedakan Neo Mushroom Garden dengan ketiga seri lainnya yaitu kualitas grafis HD (high definition), berbagai karakter jamur baru, pustaka jamur yang lebih komplit, mesin pembuat makanan yang lebih baru, dan tentu saja tema-tema baru yang dirilis secara teratur oleh si pengembang game. Dalam game ini tersedia beberapa misi yang jika diselesaikan akan memberikan hadiah, bisa berupa tema baru, mesin baru, dan lain sebagainya.

Baca juga: LINE Cookie Run

Cara bermainnya sangat sederhana, sama seperti menanam jamur di dunia nyata. Kita cukup memberi “makanan” jamur (berupa serum) yang ditaruh di sebuah batang kayu, lalu tinggal menunggu jamur-jamur tersebut tumbuh hingga siap dipanen. Kita bisa mengatur waktu tumbuhnya dari 15 menit hingga 8 jam, serta memberi serum tambahan supaya tumbuh lebih cepat atau menumbuhkan jamur langka. Cara memanennya cukup dengan menyapukan jari kita di atas para jamur, yang akan dengan sendirinya masuk ke dalam kotak panen. Untuk menunggu panen, kita tidak harus terus-menerus membuka game-nya, karena pas keluar dari game pun waktu tumbuh akan terus berjalan.

Saya adalah salah satu penggemar berat permainan yang tujuan utamanya mengoleksi karakter. Saat tulisan ini dibuat, sudah ada 252 karakter funghi yang dapat dikoleksi, dimana 246 diantaranya sudah berhasil saya dapatkan. Semua karakter jamur disimpan infonya lewat pustaka jamur (mirip Pokedex-nya Pokemon). Lucunya, setiap karakter jamur punya deskripsi dan sifat yang bisa bikin ketawa sendiri. Misalnya karakter normal “Funghi” dideskripsikan “Jamur yang dapat dimakan yang bertujuan untuk mengambil alih meja makan. Ingin menjadi makanan pokok”, atau karakter jamur dempet “Twins” yang dideskripsikan “Keduanya berbagi ulang tahun yang sama, tetapi hanya mendapat satu hadiah. Ini milikku tahun ini”. Ahahaha, lucu-lucu kan~

Ada tiga komponen pendukung pertumbuhan jamur yaitu lampu (untuk merangsang pertumbuhan jamur langka), penghangat (untuk mencegah jamurnya layu) dan pelembab (untuk mempercepat pertumbuhan jamur). Selain grafisnya yang sangat bagus, Neo Mushroom Garden juga memiliki efek suara yang juga unik. Musik latar permainan ini akan berubah sesuai tema dari kayu yang kita pakai untuk menanam jamur. Oh iya, pas kita memanen jamur, akan ada suara lucu “nnf, nnf” yang dikeluarkan oleh jamur yang kita panen.

Baca juga: Subway Surfers

Memainkan game ini tidak butuh tenaga banyak dan tidak perlu sampai pusing memikirkan strategi. Karena itulah game Neo Mushroom Garden ini cocok dimainkan saat waktu luang. Dari semua kelebihan yang saya sebutkan, kekurangannya mungkin hanya pada fitur sinkronisasi yang belum menggunakan akun Google, melainkan dengan kode-kode unik (id dan password). Terlepas dari itu, game ini sangat layak untuk dimainkan. Tertarik untuk mencobanya?

Salam – Agung Rangga

Iklan

2 Comments on NEO Mushroom Garden

  1. wah game baru lagi ya

Apa komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: