5 Syarat Masuk DKV

Kuliah5 Syarat Masuk DKV. Tidak bisa dipungkiri, saat ini banyak sekali pelajar yang berminat untuk melanjutkan jenjang pendidikannya ke jurusan DKV. Beberapa kampus negeri maupun swasta yang memiliki jurusan Desain Komunikasi Visual pun banyak menerima lamaran mahasiswa baru di sana. Sebenarnya, memang apa saja sih syarat untuk masuk ke DKV ini?

Hampir setiap hari saya menerima pertanyaan ini dari pembaca blog saya. Mulai dari yang bertanya langsung di artikel blog, via email, hingga lewat pesan di sosial media. Dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, maka saya buatkan sebuah tulisan tentang syarat-syarat untuk masuk ke jurusan DKV ini.

Oh iya, syarat yang akan saya bagikan di sini adalah syarat untuk mempersiapkan diri bagi masing-masing calon mahasiswa DKV. Bagi yang ingin tahu persyaratan umum atau khusus lainnya seperti berkas-berkas untuk pendaftaran kuliah, silakan kunjungi situs masing-masing kampus yang dituju.

Baca juga: Masuk DKV Harus Pintar Gambar?


1. Bisa dan Suka Menggambar

Bisa dan Suka Menggambar
Bisa dan Suka Menggambar [sumber: pexels.com]
Sarat pertama dan yang paling penting bagi calon mahasiswa jurusan DKV adalah bisa menggambar. Eh, tidak hanya sekedar bisa loh ya, tapi harus juga suka menggambar! Alasannya, karena mahasiswa di jurusan ini akan selalu mendapat tugas yang berhubungan dengan gambar-menggambar.

Bisa berupa gambar objek, ruang, layout, ilustrasi, film, dan masih banyak lagi. Setidaknya, kamu harus bisa menguasai teknik-teknik menggambar bentuk dasar. Kalau kamu sudah punya basis menggambar, kamu tidak akan kesulitan mengikuti setiap mata kuliah di jurusan ini. Yang tidak kalah penting, kamu jangan sampai merasa tersiksa/terpaksa dalam menggambar! Harus enjoy dan menikmati setiap prosesnya~

Baca juga: Desain Komunikasi Visual: Dasar-Dasar Panduan Untuk Pemula


2. Dapat Mengatur Waktu/Jadwal

Dapat Mengatur Waktu/Jadwal
Dapat Mengatur Waktu/Jadwal [sumber: pexels.com]
Kesibukan mahasiswa bukan hanya di dalam kelas, melainkan juga di luar kelas. Saat kuliah nanti, kamu pasti tertarik untuk mengikuti berbagai kegiatan di luar kuliah. Bisa ikut kepanitiaan suatu acara, mendaftar jadi anggota BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), ikutan organisasi mahasiswa, hingga mengikuti berbagai perlombaan bergengsi.

Dengan setumpuk tugas-tugas yang kamu terima dari dosen dan berbagai kegiatan lainnya tadi, mau tidak mau jadwalmu pasti akan sangat padat. Untuk itulah syarat kedua adalah bisa mengatur waktu dan jadwal tiap kegiatan secara teratur dan rapi. Ingat, waktu adalah hal yang paling berharga (terutama bagi mahasiswa), karenanya manfaatkanlah waktu sebaik dan sebijaksana mungkin.

Baca juga: Kuliah Semester 1 di DKV


3. Bisa Bekerja Secara Individu dan Tim

Bisa Bekerja Secara Individu dan Tim
Bisa Bekerja Secara Individu dan Tim [sumber: pexels.com]
Kadang-kadang, tugas yang diberikan oleh dosen bisa dikerjakan secara individu atau kelompok. Kalau tugasnya mudah dan ringan, pasti mampu dikerjakan sendiri-sendiri. Namun bila membuat tugas yang cukup sulit dan agak berat, maka sang dosen pun menyuruh mahasiswanya untuk berkelompok.

Beberapa tugas di semester-semester awal (seperti membuat nirmana, menggambar bentuk objek, dan lain-lain) biasanya merupakan tugas individu. Sementara tugas di semester tengah hingga akhir (membuat animasi, iklan, film pendek, branding perusahaan, dan lain-lain) biasanya adalah tugas per kelompok. Maka dari itu, kamu harus bisa berteman dengan siapa saja, terutama dengan teman sekelas.

Baca juga: Wisuda DKV (Bagian 1)


4. Memiliki Beberapa Perlengkapan Kuliah

Memiliki Beberapa Perlengkapan Kuliah
Memiliki Beberapa Perlengkapan Kuliah [sumber: pexels.com]
Jika ingin masuk di jurusan DKV, maka kamu harus siap untuk mengeluarkan biaya lebih untuk membeli berbagai peralatan kuliah. Alat-alat menggambar dasar seperti pensil, kertas, buku gambar, alat tulis kantor, cat hingga kuas akan berguna di semester-semester awal.

Saat semester tengah menjelang akhir, kamu akan mulai berkenalan dengan alat-alat menggambar digital seperti laptop, komputer, pen tablet, scanner, printer, kamera, hingga camcorder. Jika kamu tidak mampu memiliki semuanya, kamu bisa meminjam kepada teman, saudara, atau siapa saja.

Baca juga: 7 Peralatan Kuliah Untuk Mahasiswa DKV


5. Mau Belajar dan Aktif Di Kelas

Mau Belajar dan Aktif Di Kelas
Mau Belajar dan Aktif Di Kelas [sumber: pexels.com]
Syarat yang terakhir untuk kamu para calon mahasiswa DKV adalah mau belajar dan aktif di kelas. Tidak bisa menggambar dengan baik? Tenang, nanti bakal diajarkan kok di kelas. Masalahnya adalah, kamu mau atau tidak untuk mempelajari setiap materi perkuliahan nanti? Jangan sampai saat dosen serius menerangkan/mencontohkan, kamu malah malas-malasan atau sibuk ngobrol dengan teman.

Yang tidak kalah penting, kamu juga harus aktif di kelas. Bila ada materi dari dosen yang kurang jelas, segera bertanya pada beliau. Juga ketika dosen mengajukan pertanyaan pada mahasiswa, kamu harus coba untuk menjawabnya. Salah atau benar urusan belakangan, yang penting kamu terlihat menyimak penjelasan dari dosen. Tentunya, dosen-dosen pun akan senang bila ada mahasiswa yang aktif di kelas, dan tidak akan ragu untuk memberi nilai plus pada mahasiswa tersebut.

Baca juga: Pakaian Kuliah Mahasiswa DKV


Nah, begitulah syarat-syarat yang harus kamu penuhi bila ingin masuk ke jurusan Desain Komunikasi Visual. Semoga saja tulisan ini dapat memberikanmu gambaran seperti apa kuliah di DKV nantinya. Bila ada pertanyaan, silakan tuliskan di kolom komentar. Terima kasih sudah membaca.

Salam,
Agung Rangga

Iklan

Penulis: Agung Rangga

Salam kenal! Saya adalah seorang blogger yang merangkap sebagai ilustrator, penulis buku dan komikus.

54 thoughts

  1. Wah yg sulit itu di perlengkapan kuliah yg beberapa diantaranya terlihat mahal. Klo nggak dapat pinjaman bagaimana kira2 kelanjutannya mas agung? Apa bisa menganggu perkuliahan?

    1. Hmm, biasanya sih pasti ada yang mau meminjami/menyewakan. Tidak semuanya harus dimiliki kok mas. 🙂

  2. tos! saya juga anak dkv *tapi abal-abal hehe

    nggambarmanualku juga ngga terlalu jago, tapi kalau dari awal kuliah udah diniatin masuk dkv mah, insyaallah bisa ngikutin. kudu banyak latihan dan latihan

  3. Membahani pembaca yang berminat masuk DKV Gung ataupun tuk kasih saran yang mau ke DKV.
    Saya sudah gugur di syarat no 1 Gung, ya wis saya milih ngebun saja hehe

    1. Iya bun, biar membantu mereka yang ingin masuk di DKV. 😀
      Sip, sip, berkebun juga bagus bun~ 😀

  4. “Ingat, waktu adalah hal yang paling berharga (terutama bagi mahasiswa)…”

    Menohok sekali ini wkwk. Kecuali syarat nomor 1, sepertinya penerapan syarat2 ini bisa dipakai juga di banyak jurusan lain. Selanjutnya cuss bikin syarat untuk bekerja di bidang yang berhubungan dengan DKV bang hihihi 😀

    1. Iya, sebenarnya itu cuma syarat-syarat umum aja sih~ 😀
      Siap, nanti juga bakal saya tulis di sini. 🙂

  5. halo kak, saya juga mau masuk dkv… tapi di awal” kayaknya belum ada laptop yang mumpuni apa bisa mengikuti ?

  6. Kak mau tanya.. BIasanya test gambar dkv tuh kek gimana ya? Aku tahun ini naik ke kelas 12, rencananya nnti kuliah mau ambil DKV.. tp bsa dibilang aku masih blom bener2 “bisa gambar”.. Aku tertarik bngt masuk DKV kak soalnya aku suka gambar.. Takut nda lolos di testnya.. 😦

    1. Hmm, kurang tahu juga ya. Mungkin cuma tes gambar biasa, kayak gambar bentuk gitu. 🙂
      Jangan takut, terus belajar menggambar sampai bisa. 😀

      1. Hmm.. Okelaa.. Makasih kak, btw aku udh diterima di salah kampus (ngga usah aku sebut deh ya ehehehe), jurusan dkv.. Mohon doanya ya kak biar aku bsa jalaninnya nnti 🙂 aku juga psti bakal latian2 lg biar bsa memaksimalkan modal buat kuliah nnti..

  7. Kak, kan aku suka gambar tapi gambar aku itu gapernah bagus sama sekali, mau gambar muka naruto aja kadang matanya rada kebawah, tapi aku juga lagi mendalami tentang editing gitu kak di premiere, after effect, photoshop sama speedgrade kira kira bisa gak masuk dkv?

  8. Smpai saat ini msih suka gambar,klo udh megang alat tulis pngennya coret2 aja.bahkan wktu sd pernah juara tiga lomba gambar sekabupaten,tpi pas kuliah ke sasar di dunia bisnis,sdikit nyesel knapa dulu gk coba dkv

  9. Saya, blm bisa gambar manual, tp saya mencoba buat wpap dan vector dan hasilnya cukup memuaskan dr yg saya kira, kira kira bisa msk dkv ga? Tp saya suka yg ada di dkv

    1. Halo Rahma, coba untuk belajar menggambar manual dulu ya. Soalnya kemampuan menggambar manual sangat penting di DKV. 🙂

  10. Oke kak saya coba usaha sekeras mungkin, karna saya memang sangat pengen bisa gambar dan design, dan saya juga udh daftar dkv😂😁

  11. Kak, mau tanya dong gambar pemula itu seperti gambar yg kaya gimana ya kak? Hehe insya allah soalnya udh bayar satu semester😂

    1. Gambar pemula? Maksudnya gambar dasar ya? Mungkin gambar bentuk-bentuk dasar seperti benda aslinya (objek, tanaman, dll). 🙂

  12. saya lulusan D3 teknik komputer dan ingin alih jenjang ke S1 DKV karena suka desain grafis tapi ga punya skill gambar, kira2 bakal susah ga ya ngejar kurikulumnya? karena bukan dari basic desain. thanks

    1. Hmm, mungkin coba belajar menggambar dasar dulu mas. Soalnya di DKV perlu kemampuan menggambar juga, apalagi di semester-semester awal.

  13. Mau tanya nih ka,aku udah kelas 12,trs niatnya mau lanjutin ke dkv telkom jg,nah mapel dominan buat masuk dkv telkom apa aja sih yg harus gede nilainya?

    1. Kayaknya tidak terlalu deh, soalnya saya dan teman-teman banyak yang dari SMA IPA/IPS/Bahasa, dan ada yang dari SMK juga. 🙂

  14. Untuk msuk dkv perlu skill gambar di komputer dlu? Kalo misalnya bisa gambar di kertas tpi di photoshop gk bisa gimana?

  15. kak, mau nanya untuk semisal sudah lulus dkv dan cari kerja susah ngga? takut sudah capek masuk dengan bayaran yang kata nya mahal trus setelah lulus jadi pengangguran. takut nya begitu hehe

  16. Halo kak, kenalin aku MJ. aku pengen nanya nih kak, dkv yg di ptn buka jalur undangan ga kak? btw aku suka blog kaka, ngebantu banget buat aku yang pengen masuk dkv.
    oiya kak, jika berkenan aku pengen ngobrol dan nanya2 banyak sama kakak, boleh minta alamat email kakak??

    1. Sepertinya buka, coba saja cek langsung di kampus tujuanmu.
      Terima kasih ya sudah membaca tulisan di blog ini.
      Kalau mau menghubungi saya, bisa langsung ke halaman “Kontak”. 😄

Apa pendapatmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s