Kaleidoskop 2017

Kaleidoskop 2017
Kaleidoskop 2017

Selamat tahun baru 2018! Wah, tidak terasa tahun 2017 berlalu begitu cepat~ Sebagai tulisan pertama di tahun ini, saya ingin berbagi peristiwa apa saja yang pernah saya alami sepanjang tahun 2017 kemarin. Beberapa peristiwa tersebut ada yang sudah saya tulis di blog ini, dan ada yang belum. Selamat membaca!


Januari

Di awal tahun 2017, saya beserta keluarga menyempatkan diri untuk liburan ke Bali! Sebenarnya sih karena Bapak ada acara reuni di SMA-nya, eh, malah jadinya liburan sekeluarga~ Seperti biasa, kami menginap di Kubu (rumah nenek) selama delapan hari lamanya.

Januari - Saat jalan-jalan di Taman Soekasada Ujung
Januari – Saat jalan-jalan di Taman Soekasada Ujung

Kegiatan yang saya lakukan diantaranya: sembahyang ke Pura Pasar Agung, jalan-jalan ke Taman Soekasada Ujung & Virgin Beach, mengikuti upacara Ngusaba Besakih, dan mampir ke Pantai Lebih sebelum pulang ke Bekasi. Pokoknya, benar-benar liburan awal tahun yang menyenangkan! Tulisan lengkapnya bisa kamu baca di sini:


Februari

Bulan ini adalah bulan paling menggalaukan bagi saya. Setelah lulus dari kuliah S1, saya bingung menentukan pilihan untuk lanjut kuliah S2 atau cari kerja. Saya meminta pendapat pada orang tua dan dosen-dosen saya pas kuliah. Mereka menyarankan agar saya cari pengalaman kerja dulu.

Februari - Mulai bekerja di kantor
Februari – Mulai bekerja di kantor

Tidak lama, teman saya memberi kabar bahwa perusahaan tempat dia bekerja membutuhkan seorang ilustrator. Segera saya mengirimkan berkas lamaran ke sana, melakukan wawancara, dan akhirnya diterima bekerja di Kumata Animation Studio di Bandung, bagian desainer karakter. Selengkapnya bisa kamu baca di sini:


Maret

Setelah mencoba beradaptasi, akhirnya saya sudah merasa lebih nyaman bekerja di kantor. Saya juga punya banyak teman di sana, dan kami saling bekerja sama dalam menyelesaikan proyek besar sebuah film animasi Indonesia. Film tersebut adalah “Si Juki The Movie”, yang tayang di bulan Desember 2017.

Maret - Meja kerja di kantor
Maret – Meja kerja di kantor

Oh iya, di bulan ini saya dapat tawaran kerja sama dari penerbit buku Elex Media Komputindo. Waktu itu saya ikut acara komunitas Paberland di Bandung, yang melibatkan penulis, ilustrator dan penerbit. Berkat acara tersebut, saya mendapatkan proyek freelance membuat ilustrasi buku anak. Selengkapnya bisa kamu baca di sini:


April

Ini adalah bulan terakhir masa percobaan saya bekerja di kantor, dan setelah melewatinya, saya akan diangkat jadi pegawai tetap. Sejauh ini, penilaian terhadap kerja saya dari atasan pun cukup baik. Namun, ternyata takdir berkata lain. Saya terpaksa harus berhenti kerja di sana karena beberapa alasan.

April - Berpisah dengan atasan di kantor
April – Berpisah dengan atasan di kantor

Mulai dari kesehatan saya yang semakin memburuk (karena stres), hingga puncaknya saat saya diminta pindah ke bagian animasi. Orang tua saya pun menyarankan agar saya mempersiapkan diri lanjut kuliah S2. Ya sudah, segeralah saya pamit dari Bandung, dan kembali ke Bekasi. Selengkapnya bisa kamu baca di sini:


Mei

Setelah berhenti kerja di kantor, sekarang saya bisa lebih fokus mengerjakan proyek freelance. Ada dua proyek yang saat itu saya kerjakan, yaitu membuat ilustrasi buku anak dari penerbit Elex Media Komputindo, dan membuat naskah komik untuk penerbit Mizan.

Mei - Buku komik Bippo kedua terbit
Mei – Buku komik Bippo kedua terbit

Saya berusaha semaksimal mungkin agar menghasilkan ilustrasi dan naskah yang baik. Syukurlah keduanya berhasil selesai tepat waktu, dan mendapat tanggapan positif dari masing-masing editor. Selanjutnya, proyek-proyek mulai berdatangan lagi silih berganti. Astungkara, ini semua berkat rahmat dari Sang Hyang Widhi. Selengkapnya bisa kamu baca di sini:


Juni

Di tengah-tengah kesibukan freelance, pada akhir bulan Juni lalu, saya dan keluarga jalan-jalan ke Magelang dan Yogyakarta. Kebetulan, adik saya yang kuliah di Bali sedang liburan dan pulang ke Bekasi. Kami memutuskan untuk liburan singkat ke Candi Borobudur dan Candi Prambanan saat libur Lebaran.

Juni - Jalan-jalan ke Candi Borobudur
Juni – Jalan-jalan ke Candi Borobudur

Biarpun cuma tiga hari saja, tapi liburan kali ini benar-benar sangat berkesan! Saya senang sekali karena bisa sembahyang di kedua candi tersebut, dan merasakan kembali kemegahan mahakarya para leluhur di masa lampau. Belum lagi, pengalaman terjebak arus balik saat pulang dari sana. Selengkapnya bisa kamu baca di sini:


Juli

Di bulan ini tidak ada peristiwa penting. Saya banyak menghabiskan waktu bersama kedua sahabat saya, Yunas dan Yogas. Mulai dari karaokean, makan-makan di McDonald’s atau KFC, dan jalan-jalan di car free day. Jarang-jarang kami bisa kumpul bertiga, karena Yunas sedang kuliah di Turki dan Yogas kerja di Jakarta.

Juli - Di car free day bareng Yogas dan Yunas
Juli – Di car free day bareng Yogas dan Yunas

Akhir bulan ini saya sempat beli hadiah ulang tahun untuk diri saya sendiri (padahal ultahnya bulan september), berupa ponsel pintar Apple iPhone 6. Memang sih model lama, tapi berhubung harganya sudah lebih “masuk akal” (sekitar 5,5 juta), jadinya saya beli deh. Dari dulu ingin sekali mencicipi produk Apple ini, dan syukurlah sekarang bisa beli dari hasil keringat sendiri~ Ulasannya menyusul!


Agustus

Pas di bulan Juni kemarin, tiba-tiba saya dihubungi oleh salah satu dosen di kampus saya kuliah dulu. Beliau bilang kalau di sana sedang ada lowongan untuk asisten dosen, dan menawarkan saya untuk ambil kesempatan itu. Setelah mengirim berkas lamaran, akhirnya saya resmi jadi asisten dosen di jurusan DKV!

Agustus - Mulai mengajar sebagai asisten dosen
Agustus – Mulai mengajar sebagai asisten dosen

Tahun ajaran baru dimulai Agustus ini. Akhirnya saya kembali ke Bandung dan tinggal di kost yang lama. Saya ditempatkan untuk mengajar di mata kuliah Studio Manajemen Desain 1 di semester 3 dan memegang 4 kelas sekaligus. Awalnya deg-degan banget, namun lama-kelamaan jadi terbiasa juga~ Selengkapnya bisa kamu baca di sini:


September

Selamat ulang tahun, Gung! Tidak terasa, tahun ini saya berumur 24 tahun. Saya bersyukur sekali masih diberikan kesehatan dan semangat untuk menjalani hari dari Sang Hyang Widhi. Suka-duka kehidupan pun sudah saya lalui dengan hati yang ikhlas, karena yang terpenting, saya selalu ingat untuk berbuat baik setiap waktu.

September - Ulang tahun yang biasa saja
September – Ulang tahun yang biasa saja

Beberapa pencapaian di usia 24 tahun ini antara lain adalah: lulus dari kuliah S1 dengan predikat cum laudebelajar bekerja dan punya penghasilan sendiri, serta berkesempatan menjadi asisten dosen. Ketiga hal itu merupakan batu loncatan bagi saya untuk menuju kehidupan yang lebih baik. Selengkapnya bisa kamu baca di sini:


Oktober

Bulan ini merupakan bulan paling kelam di tahun 2017. Saya memutuskan untuk memindahkan blog ini dari WordPress.com ke self-hosted blog. Domain .com yang sudah 2 tahun lebih bersama saya pun juga ditransfer ke penyedia layanan lain. Awalnya sih hanya ingin coba-coba self-hosted blog, namun ternyata tidak cocok bagi saya.

Oktober - Bulan kelam dalam perjalanan ngeblog saya
Oktober – Bulan kelam dalam perjalanan ngeblog saya

Alhasil, saya kembali ngeblog di WordPress.com, membeli paket personal dengan domain baru (.blog), dan tema baru untuk blog ini. Saya merelakan diri untuk berpisah dari domain .com, dan memulai semuanya dari awal dengan domain baru. Saya pun berjanji untuk tidak lagi mengulangi kesalahan ini. Selengkapnya bisa kamu baca di sini:


November

Bulan ini tidak ada peristiwa penting, semuanya berjalan seperti biasa. Jika dihitung-hitung, saya sudah menyelesaikan tiga proyek ilustrasi, dan lima proyek naskah komik. Astungkara, semoga saja pekerjaan ini terus berlanjut, sehingga nantinya saya bisa memiliki portofolio karya yang banyak.

November - Mengawasi UAS mahasiswa di kampus
November – Mengawasi UAS mahasiswa di kampus

Selain itu, sekarang saya benar-benar menikmati peran sebagai asisten dosen. Kedua dosen yang saya dampingi pun sangat kooperatif dan membimbing saya dalam mengajar yang baik. Terlebih lagi, saya sudah sangat akrab dengan mahasiswa-mahasiswa yang saya ajar. Ahh, rasanya bahagia sekali~


Desember

Yaaay, selamat datang di bulan terakhir tahun 2017! Genap satu semester saya mengajar sebagai asisten dosen. Liburan semester saya manfaatkan dengan pulang ke Bekasi dan beristirahat sejenak dari pekerjaan freelance. Oh iya, akhirnya saya punya peralatan gambar baru, yaitu Apple iPad Pro 10.5 dan Apple Pencil! Kedua gawai ini akan menggantikan tablet gambar Wacom Bamboo saya yang sudah berusia lebih dari 5 tahun. Ulasannya menyusul~

Desember - Menggambar di Apple iPad Pro 10.5 dan Apple Pencil
Desember – Menggambar di Apple iPad Pro 10.5 dan Apple Pencil

Dan yang paling membahagiakan, bulan ini blog saya genap berusia 7 tahun! Wuih, ini adalah sebuah pencapaian besar bagi saya, karena bisa konsisten menulis di blog selama itu. Pokoknya, jatuh-bangun dunia ngeblog rasanya sudah pernah saya rasakan semuanya. Selengkapnya bisa kamu baca di sini:


Kira-kira, seperti itulah sebagian kecil dari beberapa peristiwa yang saya alami di sepanjang tahun 2017 ini. Ada yang menyenangkan, ada yang menyedihkan. Tapi tidak apa-apa, karena semua itu bagian dari pengalaman. Bukankah pengalaman adalah guru yang terbaik?

Akhir kata, saya mengucapkan banyak terima kasih untuk kamu yang setia membaca blog ini, dan menemani saya sepanjang tahun 2017. Sekali lagi, selamat tahun baru 2018 ya! Semoga tahun ini menjadi tahun yang lebih baik lagi untuk kita semua!

Salam,
Agung Rangga

Iklan

Penulis: Agung Rangga

Salam kenal! Saya adalah seorang blogger yang merangkap sebagai ilustrator, penulis buku dan komikus.

25 thoughts

  1. Halo Mas Rangga, salam kenal. Setelah blog walking ke beberapa blog dan berakhir dengan nyasar ke blog ini 😄

    Cerita yg menarik, tulisannya rapi banget dan selamat tahun baru ya Mas.
    Makin berkarya dan berkembang.

    Anw, kerjaan as freelance itu emang enak banget karena fleksible waktunya. Jadi mau resign dari kantor juga 😂

    – ceritaliana.com

Apa pendapatmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s