Pengalaman Mengembalikan Domain ke WordPress.com

Pengalaman Mengembalikan Domain ke WordPress.com
Pengalaman Mengembalikan Domain ke WordPress.com

Selamat datang di blog agungrangga.com! Sebuah blog yang berisi berbagai curhatan, pengalaman, ulasan, perjalanan, dan segala macam tentang Agung Rangga. Pada tulisan kali ini, saya akan membahas soal perjalanan domain pada blog ini.


Domain Awal

Seperti yang sudah saya utarakan di tulisan sebelumnya, Desember kemarin blog ini genap berusia 7 tahun. Saat pertama kali mulai ngeblog, saya memilih layanan WordPress.com sebagai “rumah” untuk blog ini.

Layaknya blog gratisan lainnya, domain awal yang saya pakai memiliki ekstensi (akhiran) “.wordpress.com”. Hal ini sama seperti blog gratisan yang dibuat di layanan Blogger yang berakhiran “.blogspot.com”.

Memilih nama domain itu gampang-gampang susah! Ibaratnya, domain itu seperti alamat rumah kita di dunia maya. Misalnya, orang lain mau mencari blog/situs kita, maka yang dituju adalah alamat domain tersebut.

Jika salah memilih nama domain (seperti salah eja, susah diucapkan/ditulis, sulit diingat, dll) akan merugikan kita sendiri. Maka dari itu, perlu pertimbangan dan pemikiran yang mantap untuk menghasilkan nama domain yang pas.

Domain awal blog ini adalah “agungrangga.wordpress.com”, di mana masih menggunakan nama saya. Karena saat itu saya mau nge-branding blog saya biar lebih kece, kemudian diubah lah nama domainnya menjadi “popnote.wordpress.com”.

Suatu saat, saya ingin kembali menggunakan nama saya sebagai domain dengan tujuan personal branding. Karena domain “agungrangga.wordpress.com” sudah tak bisa dipakai, maka saya hilangkan satu huruf di depan jadi “gungrangga.wordpress.com”.


Domain Premium

Setelah cukup lama ngeblog, saya pikir sudah saatnya blog ini memiliki domain premium. Yang dimaksud domain premium adalah domain tanpa embel-embel layanan penyedia blog gratis (seperti “.wordpress.com” atau “.blogspot.com”).

Pada November 2014, saya pun membeli domain “agungrangga.com”. Domain tersebut dibeli langsung di wordpress.com dengan biaya langganan $18 USD per tahun. Saya pikir, harga segitu cukup murah dan sesuai dengan kantong mahasiswa saya.

Kira-kira, saya telah menggunakan nama domain itu sekitar 2 tahunan. Hingga pada suatu hari di bulan Oktober 2017, saya mengambil langkah untuk memindahkan blog ini ke self-hosted WordPress.

Tidak hanya memindahkan isi blog, domain “agungrangga.com” juga saya transfer ke penyedia layanan hosting saya. Namun, baru sehari menggunakan self-hosted WordPress, saya sudah tidak betah.

Akhirnya saya kembali ke WordPress.com, dan memindahkan lagi isi blog ke sini. Sayangnya, domain “agungrangga.com” tidak bisa ditransfer balik ke WordPress.com, yang ada hanya bisa memetakan domain (domain mapping) saja.

“Once you have transferred a domain away, it will not be possible to transfer it back to WordPress.com.”
– WordPress.com

Untuk menggunakan layanan domain mapping, saya diwajibkan membeli paket upgrade yang ditawarkan oleh WordPress.com. Dari ketiga paket upgrade (Pribadi, Premium & Bisnis), saya pilih yang paket pribadi (karena harganya paling murah).

Tapi, kalau saya menggunakan domain mapping, saya harus membayar biaya langganan paket sebesar $48 USD per tahun, ditambah Rp 200.000,- per tahun untuk biaya langganan domain di registrar luar. Biaya yang sangat besar untuk saya.

Maka dari itu, saya lebih memilih beli domain baru lewat paket upgrade tadi, dan melupakan domain “agungrangga.com”. Dari sekian banyak pilihan, domain baru yang saya pilih adalah “agung.blog”.

Domain dengan ekstensi “.blog” masih jarang yang pakai, dan biaya langganan per tahunnya pun mahal ($30 USD). Tapi karena paket upgrade di WordPress.com punya domain credits gratis, jadi saya berani mengambil domain tersebut.


Transfer Domain Ke WordPress.com

Saat malam pergantian tahun kemarin (31 Desember 2017), saya iseng-iseng membuka halaman dukungan WordPress.com. Waktu itu, saya sangat terkejut dan tidak percaya dengan apa yang telah saya temukan di sana! (lebay ih!)

transfer domain ke wordpress.com
transfer domain ke wordpress.com

Ternyata, sekarang sudah bisa mentransfer domain dari registrar luar ke WordPress.com! Wuaaah, inilah yang saya nantikan sejak dulu! Saya pikir, sekarang lah saat yang tepat untuk mengembalikan domain “agungrangga.com”!

Sebelumnya, saya cek dulu ini beneran sudah bisa transfer domain atau belum. Saya segera menghubungi tim support WordPress.com. Karena saat itu hari libur, jadi cuma bisa via surel (biasanya via obrolan langsung/live chat).

Cukup lama saya menunggu balasan dari mereka. Begitu menerimanya, ternyata memang benar yang dikatakan di halaman dukungan tersebut. Dengan begitu, saya semakin mantap untuk mengubah domain blog ini.

Tapi, saya tidak mau mengeluarkan uang lebih. Biaya transfer domain yang dibebankan sebesar $18 USD, sudah termasuk biaya perpanjang selama 1 tahun. Kalau jadi mengambil itu, maka saya harus membayar 2 domain sekaligus!

Untuk mensiasatinya, saya hubungi lagi tim support WordPress.com. Saya meminta mereka untuk membatalkan domain “agung.blog”, karena saya berniat untuk hanya menggunakan domain “agungrangga.com” yang akan ditransfer ke sini.

Baru 10 menit menghubungi mereka via surel, tiba-tiba domain “agung.blog” sudah hilang dari blog saya! Berkat hilangnya domain tersebut, maka saya mendapatkan sebuah domain credits gratis di paket upgrade saya~


Proses Transfer Domain

Hore, sekarang saya bisa pakai domain “agungrangga.com” lagi! Eits, ternyata perjuangan saya belum selesai saudara-saudara~ Masih ada satu tahapan yang harus saya selesaikan: transfer domain!

Hal pertama yang saya lakukan adalah menghubungi pihak hosting/registrar tempat domain “agungrangga.com” berada saat itu. Saya meminta mereka untuk menonaktifkan kunci registrar, perlindungan privasi, dan mengambil kode transfer.

Setelah semuanya beres, segera saya masuk ke halaman pembelian domain. Kemudian, saya memastikan bahwa semua yang diperlukan sudah lengkap (ada 3 tahapan yang harus dilalui), dan melakukan proses “checkout”.

gagal saat transfer domain
gagal saat transfer domain

Namun, ternyata ada kesalahan/error terjadi pada WordPress.com! Saya tidak bisa melakukan transfer domain beserta perlindungan privasinya ke WordPress.com. Padahal, saya sudah mendapat receipt transaksi ini di kotak masuk surel saya!

Setelah mencoba berkali-kali, hasilnya masih gagal juga. Terpaksa saya hubungi lagi pihak WordPress.com, dan mereka berjanji akan mengatasi masalah ini di tim internal mereka. Saat itu, saya hanya bisa pasrah saja.

Pas tanggal 2 Januari 2018, saya coba transfer domain lagi. Kejutaaan! Kali ini proses transfer domain saya berhasil! Sama sekali tidak ada kendala seperti sebelumnya! Matur suksma Hyang Widhi!

Tidak lama, saya mendapatkan surel konfirmasi dari pihak WordPress.com dan pihak registrar di tempat hosting lama. Begitu selesai konfirmasi, domain saya pun masuk ke masa propagasi (peralihan DNS dari server registrar lama ke server registrar baru).

Katanya sih, proses transfer domain butuh waktu 5-7 hari kerja sampai selesai. Eh, ternyata besoknya (3 Januari 2018) dapat surel lagi dari WordPress.com, yang berisi ucapan selamat karena proses transfer domain telah selesai!


Pasca Perubahan Domain

Setelah proses transfer domain, ternyata masih banyak hal yang perlu saya lakukan. Pertama, mengubah domain “agungrangga.com” menjadi domain utama blog ini. Kedua, mengubah alamat blog yang ditautkan pada semua akun media sosial saya.

Ketiga, mendaftarkan ulang blog saya di Google Search Console agar blog saya bisa terindeks di Google dengan lancar. Selain Google, saya juga mendaftarkan ulang ke Bing, layanan mesin pencari dari Microsoft.

Terakhir, saya mengubah semua tautan (links) di blog ini yang mengarah pada alamat domain yang lama (agung.blog), agar menuju alamat domain yang baru (agungrangga.com). Semuanya saya ubah secara manual satu per satu, dari yang ada di dalam tulisan, halaman, hingga komentar.

Dampak yang paling dirasakan dari perubahan domain ini adalah statistik kunjungan yang menurun drastis. Wajar sih, soalnya Google sedang mengindeks ulang blog saya, dan itu butuh waktu hingga sebulan lebih.

Tapi tidak apa, anggap saja seperti memulai lembaran baru di tahun yang baru~ (cie elah~)


Seperti itulah cerita saya tentang proses pengembalian domain ke WordPress.com. Ini hanya sebagian kecil dari perjalanan ngeblog saya yang masih panjang. Intinya, saya senang bisa kembali menggunakan domain agungrangga.com!

Bagaimana dengan cerita dibalik nama domain blog/situsmu?

Salam,
Agung Rangga

Iklan

Penulis: Agung Rangga

Salam kenal! Saya adalah seorang Indonesian Visual Storyteller yang hobi menulis di blog, baca komik, dan jalan-jalan.

50 thoughts

  1. Waahhh saya dah lama ga jumpa nih, ternyata domainnya ganti .com, sukses terus ya mas, jangan lupa mampir. Eh… Salam #DuniaFaisol

  2. Hati hati Agung dalam menggunakan template dari WordPress. Saya pernah kena hack sekali gara2 template gratisan, eh semuanya hilang & ada beberapa content, gambarnya diganti2 dengan barang jualan gak jelas gitu. Jadi lebih baik pakai yg berbayar walaupun harus kocek kantong sedikit. Hitung2 investasi

  3. Berarti kalau sudah transfer domain ke wp.com, harga $48 (untuk paket pribadi) sudah include semuanya Mas? Kalau domainnya di luar kan kita bayar double (domain dan apaketnya ) ya Mas 🙂

Apa pendapatmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s