5 Persiapan Sebelum Datang ke Event

5 Persiapan Sebelum Datang ke Event
5 Persiapan Sebelum Datang ke Event

Beberapa tahun yang lalu, saya sering sekali datang ke berbagai macam event/acara. Mulai dari pertemuan antar blogger di Bandung, hingga acara konvensi budaya pop terbesar di Indonesia.

Datang ke acara-acara besar tersebut memang membawa kesan tersendiri bagi saya. Bisa mendapatkan pengalaman dan bertemu dengan orang-orang baru adalah salah satu contohnya.

Misal, saat datang ke acara temu blogger, saya dapat wawasan baru seputar dunia blogging, berkenalan dengan blogger-blogger kondang, sampai kopi darat dengan teman-teman blogger. Dapat goodie bag/suvenir adalah sebuah bonus bagi saya.

Kalau di acara konvensi seperti Popcon Asia, saya mendapat wawasan seputar dunia komik, animasi, hingga budaya pop terbaru, bisa bertemu dengan seniman/komikus terkenal, dan beli berbagai macam komik karya komikus lokal.

Saat pertama kali memutuskan untuk datang ke suatu event, memang banyak sekali hambatan yang saya alami. Saya sama sekali belum punya pengalaman datang ke acara-acara besar seperti itu, dan tidak tahu harus mulai dari mana.

Namun pengalaman mengajari saya banyak hal. Setelah mengikuti beberapa acara seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kini saya tahu apa-apa saja yang harus saya lakukan pada sebelum, selama, dan setelah datang ke suatu event.

Hal yang akan saya bahas di tulisan kali ini adalah, apa saja persiapan yang biasanya saya lakukan sebelum datang ke suatu acara. Tentunya, saya tidak mau dong kalau saya gagal menikmati acara yang sudah saya nantikan, hanya karena kurangnya persiapan.


1. Cek Jadwal Event

Cek Jadwal Event
Cek Jadwal Event [sumber: pixabay]
Hal pertama yang dilakukan tentunya adalah cek jadwal acara tersebut. Catat tanggal, jam dan lokasi acara tersebut dilangsungkan. Pastikan juga kalau jadwal acara tersebut tidak mengganggu waktu kerja/sekolahmu.

Biasanya, saya selalu memilih acara yang dilangsungkan saat weekend. Namun, kalau ada acara penting yang mengambil waktu di weekday, usahakan kamu telah minta waktu cuti/izin beberapa hari sebelumnya.


2. Beli Tiket Masuk

Beli Tiket Masuk
Beli Tiket Masuk [sumber: pixabay]
Biasanya, tiket masuk untuk ke suatu acara akan dijual dari jauh-jauh hari. Pihak penyelenggara akan memberikan pengumuman terhadap ketersediaan tiket di media cetak (koran/majalah/brosur/poster/baliho) hingga media elektronik (iklan televisi/media sosial/website resmi).

Harga tiketnya pun bisa bervariasi. Contohnya untuk acara konser musik, tiket akan dijual per kategori berdasarkan lokasi berdiri/duduk. Belum lagi, biasanya akan ada promo/diskon bila membeli beberapa tiket sekaligus, atau bonus suvenir untuk beberapa pembeli pertama. Promo Tiket Event dan Konser Beli disini.


3. Siapkan Diri & Barang Bawaan

Siapkan Diri & Barang Bawaan
Siapkan Diri & Barang Bawaan [sumber: pixabay]
Tiket sudah di tangan, kini saatnya persiapan diri sebelum datang ke acara. Hal yang utama pastinya adalah jaga kondisi badan agar tetap fit dan bugar. Jangan sampai kamu jatuh sakit sehari sebelum acara tersebut berlangsung!

Selain itu, pastikan barang bawaan kamu sudah disiapkan. Di beberapa acara, barang bawaan pasti akan diperiksa oleh petugas di sana. Jadi, pastikan kamu tidak bawa barang-barang berbahaya atau yang dilarang.


4. Atur Perjalanan Menuju Venue

Atur Perjalanan Menuju Venue
Atur Perjalanan Menuju Venue [sumber: pixabay]
Beberapa hari sebelum berangkat, pastikan kamu sudah mengatur rute perjalanan menuju venue/tempat acara tersebut diadakan. Untuk memudahkanmu, buka aplikasi peta di ponselmu dan tandai lokasinya.

Selanjutnya, kamu tinggal memilih mau pergi menggunakan sarana transportasi umum atau kendaraan pribadi. Saya sendiri biasanya pergi menggunakan kendaraan umum seperti ojek online, bis, atau kereta. Cek Promo Harga Tiket Kereta di Tokopedia.


5. Datang Lebih Awal

Datang Lebih Awal
Datang Lebih Awal [sumber: pixabay]
Saat hari-H, ada baiknya kamu datang ke sana lebih awal. Misalnya, acara tersebut dimulai pukul 10:00, mungkin kamu bisa pergi dari rumah 2 sampai 3 jam sebelumnya. Waktu ini bisa bervariasi, tergantung jauh-dekatnya tempat acara tersebut dari kediamanmu.

Datang lebih awal juga punya manfaat lebih. Selain kamu bisa menghindari macetnya jalanan atau hambatan lain selama dalam perjalanan, kamu juga bisa dapat nomor antrian pertama, dapat pergi ke kamar kecil sebentar sebelum masuk, dan lain-lain.


Kira-kira, begitulah tips dari saya untuk persiapan sebelum datang ke suatu event. Semoga saja tips ini bermanfaat bagimu. Terima kasih sudah membaca!

Salam,
Agung Rangga


Catatan: tulisan ini adalah sponsored post

Iklan

Penulis: Agung Rangga

Salam kenal! Saya adalah seorang blogger yang merangkap sebagai ilustrator, penulis buku dan komikus.

20 thoughts

  1. Bener banget..kalo mau pergi kemanapun harus dipersiapkan..barang1 penting masukin tas..jangan sampai buru2 datang lebih awal..malah ada perlengkapan yg tertinggal di rumah..

  2. Waduh apalagi buat yg tinggal di Jakarta. Terutama perjalanan menuju ke tempat event paling penting tuh. tergantung hari apa dan jam berapa jg eventnya.

  3. Terimakasih artikelnya bermanfaat.
    Kesemua tipsnya betul banget … sebelum hari H semua harus disiapkan dengan matang, jangan sampai ada yang terlupakan atau tertinggal.

Apa pendapatmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s