Pindah ke Luar Daerah? Mau Coba Apartemen? Ini Panduannya

Apakah dalam waktu dekat ini kamu dan keluarga berencana untuk melakukan pindahan? Mendengar kata pindahan saja sepertinya sudah membuat lelah. Terlebih lagi jika pindahan tersebut ke luar kota atau luar daerah.

Pindah ke Luar Daerah? Mau Coba Apartemen? Ini Panduannya
Pindah ke Luar Daerah? Mau Coba Apartemen? Ini Panduannya

Pastinya kamu harus mengurus banyak hal untuk proses pindahan tersebut. Entah itu berkemas, surat pindah, perabotan, dokumen-dokumen lain, bahkan mempersiapkan diri untuk beradaptasi dengan lingkungan dan suasana baru.

Bagi kamu yang mungkin masih bingung menentukan ke mana daerah atau tempat yang tepat untuk memulai lingkungan baru, tidak ada salahnya untuk mencoba apartemen.


Mengapa Apartemen?

Mengapa Apartemen
Mengapa Apartemen [shutterstock]
Mungkin kamu dan keluarga lebih menyukai suasana yang kondusif dan terjamin keamanannya oleh penjaga. Dibandingkan dengan mencari rumah baru yang lingkungannya belum tentu sesuai dengan keinginanmu, apalagi jika kamu diburu waktu dan ingin benar-benar merasakan suasana tempat tinggal yang tidak biasa, maka bisa jadi apartemen adalah pilihan yang tepat.

Tinggal di apartemen bukanlah ide yang buruk. Bahkan jaman sekarang banyak orang yang memilih tinggal di apartemen dibandingkan dengan rumah biasa. Namun bagi kamu yang baru pertama kali ingin pindah ke apartemen, berikut ada beberapa panduan untuk menghadapi dan beradaptasi dengan lingkungan di dalam maupun luar apartemen agar tidak menimbulkan efek stres ketika proses pindahan tersebut. Yuk, kita simak informasi selengkapnya.


Panduan Pindahan ke Apartemen Baru untuk Pertama Kali

Panduan Pindahan ke Apartemen Baru untuk Pertama Kali
Panduan Pindahan ke Apartemen Baru untuk Pertama Kali [shutterstock]
Mencoba hal yang baru bukan merupakan suatu kesalahan, termasuk memilih pindah ke apartemen. Karena pada kenyataannya, mencari rumah baru juga bukan merupakan hal yang mudah.

Jangan takut untuk mengawalinya dengan menyewa sebuah apartemen untuk keluargamu. Apalagi jika keluargamu masih tergolong keluarga kecil yang membutuhkan lingkungan tenang dan nyaman.

Jika dikemudian hari kamu jatuh cinta terhadap hunian jenis ini, kamu mungkin bisa membeli sebuah apartemen dimana properti jenis ini sekarang dan mungkin dimasa depan sedang “hit” dikarenakan lahan tanah yang semakin sempit.

Kamu bisa melihat harga pasar apartemen di Jakarta Pusat ini sebagai pencerahan awal sebelum nanti berniat untuk memiliki apartemen sendiri. Biasanya, kamu yang ingin mencoba apartemen, diawal-awal waktu selalu ada pertimbangan-pertimbangan tertentu yang mungkin membuat kamu masih ragu untuk pindah ke apartemen.

Jangan khawatir, karena ada beberapa tips yang bisa kamu praktekkan agar dapat pindah ke apartemen dengan tanpa rasa menyesal. Kamu akan menemukan lingkungan baru yang kamu idam-idamkan.

Kamu juga harus tahu bahwa warga Jakarta sangat berminat tinggal di apartemen! Di bawah ini adalah beberapa tips bagi kamu yang baru pertama kali pindah ke apartemen:


1. Pahami Setiap Sudut Ruangan di Apartemenmu

Pahami Setiap Sudut Ruangan di Apartemenmu
Pahami Setiap Sudut Ruangan di Apartemenmu [shutterstock]
Bila kamu sudah mencari dan menemukan apartemen baru yang sesuai dengan kriteriamu, maka segeralah sewa apartemen tersebut. Bagian yang terpenting adalah kamu harus mengerti setiap sudut ruangannya.

Sebelum melakukan proses pindahan, akan lebih baik bila kamu sudah memikirkan gambaran tentang bagaimana kamu harus mengatur semua barang-barang dan perabotan.

Kamu juga harus pandai dalam mendekorasi setiap ruangannya agar tercipta suasana yang nyaman untuk ditinggali. Oleh karena itu, usahakan untuk memahami setiap bagian dari apartemen agar kamu bisa merencanakan proses pindahan dengan baik.

Akan lebih baik pula jika kamu mempelajari pendekoran ruangan dengan baik. Atau bisa pula kamu melakukan konsultasi dengan desainer atau orang kepercayaanmu mengenai tata ruang apartemen.


2. Kalau Bisa, Janganlah Menunda Proses Packing

Kalau Bisa, Janganlah Menunda Proses Packing
Kalau Bisa, Janganlah Menunda Proses Packing [shutterstock]
Banyak orang yang merasa bahwa packing merupakan pekerjaan yang tidak menyenangkan dan merepotkan. Akan tetapi, packing merupakan salah satu proses terpenting saat melakukan pindahan.

Karena dengan packing, kamu dapat mengatur proses pindahan dengan baik dan lebih praktis. Jangan lakukan packing secara mendadak. Jika kamu berencana untuk pindah sekitar satu bulan ke depan, kamu bisa mulai mencicil packing barang-barang yang sekiranya tidak sering digunakan.

Packing barang-barang besar terlebih dahulu untuk mempermudah pengaturannya. Jika sekiranya ada barang yang sudah tidak dibutuhkan lagi, kamu bisa memberikannya kepada orang lain atau menjualnya.

Apalagi apartemen biasanya merupakan gedung yang tergolong minimalis, sehingga kamu harus memilah mana saja barang-barang yang penting dan tidak penting. Jangan sampai barang tersebut terlalu memenuhi ruangan apartemen.

Oleh sebab itu, penting juga untuk memilih kembali barang-barang pindahanmu agar proses pindahan tersebut dapat berjalan dengan baik.


3. Ketahuilah Aturan-Aturan Tertentu yang Sudah Ditentukan dalam Tempat Tinggal Apartemen

Ketahuilah Aturan-Aturan Tertentu yang Sudah Ditentukan dalam Tempat Tinggal Apartemen
Ketahuilah Aturan-Aturan Tertentu yang Sudah Ditentukan dalam Tempat Tinggal Apartemen [shutterstock]
Satu hal penting yang tidak boleh dilupakan adalah kamu harus mengetahui aturan- aturan yang terdapat di dalam gedung apartemen. Karena kamu tinggal di lingkungan yang berbeda dengan lingkungan luar dan di dalam gedung bertingkat, maka pastinya akan terdapat aturan-aturan tertentu yang harus dipatuhi.

Apalagi jika kamu masih dalam proses pindahan. Kamu harus tahu aturan-aturan apa
saja yang diperbolehkan dalam proses tersebut. Kamu bisa menanyakannya kepada penjaga atau security apartemen. Tanyakanlah dengan detail agar proses pindahan dapat berjalan dengan lancar.


4. Mulailah Membuat Catatan-Catatan Penting

Mulailah Membuat Catatan-Catatan Penting
Mulailah Membuat Catatan-Catatan Penting [shutterstock]
Pindahan memang merupakan sebuah proses yang cukup rumit, terutama jika terlalu banyak barang yang dimiliki. Untuk menghindari hal-hal yang terlewat selama proses pindahan, kamu perlu mulai membuat catatan-catatan penting yang dibutuhkan saat proses pindahan.

Karena kamu perlu mengorganisir hal secara rapi, agar proses pindahan juga dapat berjalan lebih efektif dan efisien. Kamu bisa mencatatnya pada notes yang dimiliki, namun biasanya notes ini akan mudah hilang, apalagi selama masa proses pindahan akan banyak barang yang dikemas, maka bisa jadi notesmu hilang di suatu tempat atau tak sengaja sudah terkemas.

Cara praktisnya adalah membuat notes dengan menggunakan ponsel, tab, atau sejenisnya, untuk mempermudah pekerjaanmu. Selain itu, dengan gadget tersebut, kamu dapat menyimpan informasi tentang kontak-kontak yang dibutuhkan selama proses pindahan, misalnya jasa pindahan, kontak pemilik gedung, kontak desainer, dan lain sebagainya.


5. Carilah Jasa Pindahan yang Tepat dan Koordinasikan dengan Baik

Carilah Jasa Pindahan yang Tepat dan Koordinasikan dengan Baik
Carilah Jasa Pindahan yang Tepat dan Koordinasikan dengan Baik [shutterstock]
Mungkin kamu akan lebih membutuhkan jasa pindahan ketika akan pindah ke sebuah apartemen. Karena biasanya pindah ke apartemen akan lebih melelahkan dibandingkan pindah ke rumah biasa, terutama bila apartemenmu berada di lantai yang cukup tinggi.

Kamu tidak mungkin melakukannya sendirian karena akan sangat menguras tenaga. Solusinya, carilah jasa pindahan yang tepat dan terpercaya. Berikan instruksi dengan benar kepada pihak jasa pindahan untuk mengangkut semua barang-barangmu.

Kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu mengenai mana jasa pindahan yang harus disewa, kemudian jika kamu sudah menentukan tanggal pindahan, usahakan koordinasi proses pindahan dengan pihak jasa pindahan paling tidak 3 hari sebelum hari H.


6. Jangan Segan untuk Meminta Bantuan

Jangan Segan untuk Meminta Bantuan
Jangan Segan untuk Meminta Bantuan [shutterstock]
Pindahan merupakan suatu hal yang merepotkan. Jika dengan menyewa jasa pindahan saja tidak cukup, maka jangan ragu untuk meminta bantuan dari para keluarga, sahabat, maupun orang kepercayaanmu.

Kamu juga bisa meminta pendapat mereka mengenai pengaturan barang dan perabotan di dalam apartemen. Jangan segan untuk meminta bantuan kepada mereka agar pekerjaanmu lebih ringan dan mudah. Jangan lupa pula untuk mengadakan syukuran dan undang orang-orang terdekatmu setelah proses pindahan tersebut selesai.


7. Kosongkan Jadwal dan Jaga Stamina Selama Proses Pindahan

Kosongkan Jadwal dan Jaga Stamina Selama Proses Pindahan
Kosongkan Jadwal dan Jaga Stamina Selama Proses Pindahan [shutterstock]
Proses pindahan memang membutuhkan waktu yang tidak singkat serta tenaga yang cukup terkuras. Oleh karena itu, usahakan selama beberapa hari sebelum hingga pasca pindahan kamu tidak memiliki janji apa pun. Luangkan waktu dan fokuskan prioritasmu untuk pindahan.

Jangan lupa pula untuk tetap istirahat dengan cukup dan menjaga stamina selama proses pindahan. Kamu tidak ingin kan proses pindahan berjalan tidak lancar karena mengalami kelelahan maupun sakit? Jangan kesampingkan kesehatanmu, karena proses ini merupakan salah satu proses penting untuk menentukan kehidupanmu yang selanjutnya.


Itulah beberapa tips yang bisa dijadikan panduan bagimu yang tertarik pindah ke apartemen. Sekali lagi, proses pindahan membutuhkan persiapan yang tidak singkat, jadi kamu harus memiliki rencana dan bayangan ke depan.

Yang paling penting adalah kamu harus dapat memastikan bahwa nantinya kehidupanmu dan keluarga akan lebih baik di lingkungan yang baru.

Salam,
Agung Rangga


Catatan: Tulisan ini adalah sponsored post, bila kamu ingin bekerja sama dengan saya, silakan hubungi saya di halaman “Kontak”.

Iklan

Penulis: Agung Rangga

Salam kenal! Saya adalah seorang Indonesian lifestyle blogger yang hobi menulis, baca komik, dan jalan-jalan.

6 thoughts

  1. Pindah rumah yang paling males adalah packing barang..
    Indonesia itu menurut saya masih kurang adanya layanan jasa pindahan rumah. Padahal ya hunian rumah apartemen, kantor, perumahan, udah kayak warung nasi uduk yg udah banyak bgt. Kadang orang yang sibuk mungkin gak ada waktu lebih buat packing barangnya yang banyak.

Apa pendapatmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s