Cara Mempelajari Gitar Original yang Mudah dan Cepat

Alat musik petik yang satu ini memang sangat populer di kalangan anak muda. Banyak yang ingin tahu bagaimana cara memainkan gitar agar terlihat keren.

Cara Mempelajari Gitar Original yang Mudah dan Cepat
Cara Mempelajari Gitar Original yang Mudah dan Cepat

Tidak sedikit pula yang rela mengeluarkan kocek dalam-dalam untuk membeli gitar original dan mengikuti kursus. Nah bagi kamu yang belum pernah bermain gitar sama sekali, sebaiknya pilih gitar akustik. Selain mudah dimainkan, jenisnya juga banyak dan gampang ditemukan di toko gitar terdekat.

Untuk bisa pintar bermain gitar, faktanya kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk les karena bisa dipelajari sendiri. Tentunya kamu harus memiliki gitar akustik original agar bisa berlatih dengan mudah. Belajarlah setiap hari supaya kemampuan yang kamu miliki semakin bertambah. Jika kamu menyukai musik, maka tidak akan kesulitan saat mempelajari cara bermain gitar karena semua dilakukan dengan fun.

Mempelajari gitar akustik terbaik tidaklah semudah yang dikira. Banyak yang rela jarinya lecet-lecet karena belum terbiasa memencet senar. Bagi kamu yang ingin lancar memainkan gitar original dengan cepat dan mudah, tidak perlu khawatir karena ada beberapa tips yang bisa dipraktikkan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.


1. Memilih posisi bermain gitar yang nyaman

Memilih posisi bermain gitar yang nyaman
Memilih posisi bermain gitar yang nyaman [sumber: shutterstock.com]

Posisi bermain gitar pun harus senyaman mungkin agar tidak gampang lelah. Sebagai pemula kamu bisa mengambil posisi duduk sambil memangku gitar kemudian dekatkan ke dada dan perut. Kondisi punggung harus tegak supaya kamu bisa fokus. Jika saat memetik gitar akustik elektrik kurang nyaman, ganti posisi lainnya.


2. Mempelajari cara menyetel senar gitar

Mempelajari cara menyetel senar gitar
Mempelajari cara menyetel senar gitar [sumber: shutterstock.com]

Tidak semua gitar bekas original langsung dapat mengeluarkan suara yang merdu. Kamu harus menyetel senar terlebih dahulu agar resonansi lebih halus dan seimbang. Cara menyetel senar gitar bisa dengan mudah dipelajari.

Pertama ketahui dulu nama-nama senar mulai dari atas hingga ke bawah urutannya adalah E, A, D, G, B, dan E. Yang kedua, atur tuner yang berada di kepala gitar. Jika ingin mendapatkan nada rendah, kendurkan senar. Sebaliknya jika ingin mendapatkan nada yang tinggi, tinggal kencangkan saja senar sampai tingkat yang tepat.


3. Mempelajari kunci-kunci dasar pada gitar

Mempelajari kunci-kunci dasar pada gitar
Mempelajari kunci-kunci dasar pada gitar [sumber: shutterstock.com]

Mencari tahu jenis kunci-kunci dasar menjadi hal yang wajib kamu lakukan sebagai gitaris pemula. Langkah ini harus kamu lewati jika ingin mahir memetik gitar. Adapun jenis kunci dasar yang terdapat pada gitar diantaranya adalah A, Am, B, Bm, C, D, Dm, E, Em, dan G. Setiap kunci memiliki cara sendiri untuk dimainkan. Jadi sebelum mencari tahu daftar gitar original murah sebaiknya kuasai teknik memainkan kunci dasar gitar.


4. Mempelajari cara memetik gitar

Mempelajari cara memetik gitar
Mempelajari cara memetik gitar [sumber: shutterstock.com]

Cara memetik gitar pun tidak sembarangan. Kamu akan menggunakan kelima jari untuk ditempatkan pada setiap senar. Jari manis biasa digunakan untuk menekan senar nomor 1. Sementara jari tengah ditempatkan pada senar nomor 2. Gunakan jari telunjuk untuk menekan senar nomor 2.

Sedangkan ibu jari dipakai untuk memainkan senar bass pada nomor 6, 5, atau 4. Masing-masing kunci dasar gitar memiliki teknik bermain yang berbeda dan menghasilkan suara yang tak sama pula. Misalnya saja untuk kunci dasar A, maka senar yang ditekan adalah A-D-G-B-E.


5. Terus berlatih memainkan kunci dasar gitar

Terus berlatih memainkan kunci dasar gitar
Terus berlatih memainkan kunci dasar gitar [sumber: shutterstock.com]

Kamu harus terus berlatih supaya dapat menguasai semua jenis kunci dasar dan hafal di luar kepala. Cara ini juga bertujuan untuk membiasakan jari menekan senar agar semakin lihai saat bermain gitar. Pada mulanya kamu akan merasakan sakit dan lecet pada permukaan jari karena kondisi senar yang cukup tajam.

Namun jika kamu sudah bisa memainkan semua kunci dengan mudah dan cepat, mempelajari not pun terasa ringan. Bahkan kamu bisa memainkan semua jenis lagu yang disukai. Sebaiknya jangan cepat puas diri dan terus latih skill setiap hari.


Itulah kelima tips bermain gitar original yang bisa kamu pelajari. Jika ingin mendapatkan harga gitar yang terjangkau namun kualitasnya terbaik, belanja saja di Bhinneka.com. Kunjungi website resminya untuk mendapatkan penawaran menarik. Tipe gitar yang ditawarkan sangat lengkap, mulai gitar yang diperuntukkan untuk kamu yang masih pemula hingga yang sudah profesional.


Catatan: Tulisan ini adalah sponsored post, bila ingin bekerja sama dengan saya, silakan hubungi saya di halaman “Kontak”.

Iklan

Penulis: Agung Rangga

Salam kenal! Saya adalah seorang Indonesian lifestyle blogger yang hobi menulis, baca komik, dan jalan-jalan.