Tips Menabung untuk Memenuhi Keinginan

Tips Menabung untuk Memenuhi Keinginan

Apakah kamu sedang menginginkan ponsel baru? Atau lagi berandai-andai membeli kendaraan baru? Oh, barangkali kamu sangat mengidamkan pakaian baru? Semua keinginan tersebut ingin sekali kamu capai, namun apa daya uang yang kamu miliki sekarang tidak cukup untuk memenuhinya. Lalu bagaimana solusinya? Ya menabung dong!

Sejak kecil, saya sudah dilatih oleh kedua orang tua saya untuk menabung jika sedang menginginkan sesuatu. Misalnya saat duduk di bangku SMP, saya berkeinginan untuk membeli konsol permainan Nintendo DS Lite yang harganya cukup mahal kala itu. Mau tidak mau, akhirnya saya kumpulkan uang jajan saya tiap hari, hingga akhirnya saya dapat membeli konsol permainan itu.

Rasanya beli pakai uang sendiri itu membuat saya bangga dan senang sekali~ Nah, bagi kamu yang juga mau memenuhi keinginanmu namun terganjal dengan uang yang tidak cukup, kamu bisa melakukan apa yang saya lakukan, yaitu dengan cara menabung. Berikut tips untuk menabung yang mudah ala saya~


1. Spesifikasikan Keinginanmu

Spesifikasikan Keinginanmu
Spesifikasikan Keinginanmu [sumber: pexels.com]

Pertama, kamu harus tahu apa sih yang benar-benar kamu inginkan saat ini? Misalnya, kamu ingin mengganti ponselmu yang sudah rusak atau berkinerja buruk. Nah, kamu harus spesifikasikan sedetail-detailnya, ponsel seperti apa yang kamu butuhkan? Apakah sistem operasinya Android atau iOS? Layarnya mau yang besar atau kecil? Kameranya yang seperti apa? Ketahanan baterainya seberapa lama? Kisaran harganya di rentang berapa? Dan lain sebagainya.


2. Sisihkan Uang untuk Menabung

Sisihkan Uang untuk Menabung
Sisihkan Uang untuk Menabung [sumber: pexels.com]

Langkah kedua, kamu dapat menyisihkan uang untuk menabung. Untuk kamu yang masih pelajar dan dapat uang saku dari orang tua, kamu bisa menyisihkan setengah atau seperempatnya, bisa tiap hari atau tiap minggu. Bagi kamu yang sudah bekerja dan memiliki penghasilan sendiri, kamu bisa menyisihkan gajimu di awal setelah membagi-baginya ke dalam pos-pos pengeluaran seperti biaya hidup, biaya makan, atau bayar pajak penghasilan.


3. Tahan Godaan

Tahan Godaan
Tahan Godaan [sumber: pexels.com]

Langkah terakhir dan yang paling penting adalah kamu harus menahan godaan untuk mengambil uang tabunganmu! Ya, di sini adalah langkah yang paling riskan, karena jika kamu tak tahan godaan, maka sia-sialah kamu menabung, dan semakin lama kamu dapat memenuhi keinginanmu. Cobalah untuk fokus pada target keinginan yang mau dicapai, dan lupakan atau abaikan berbagai godaan yang dapat mengaburkan fokusmu.


Jika kamu berhasil melakukan tiga langkah sederhana tadi, selamat, kamu sudah berada di jalan yang tepat menuju keinginanmu~ Selanjutnya, kamu cukup konsisten, rutin dan sabar dalam menabung, niscaya apa yang kamu inginkan selama ini akan terwujud. Terima kasih sudah membaca, semoga tulisan saya kali ini bermanfaat bagimu~ πŸ’–

Salam,
Agung Rangga


Catatan: Tulisan ini adalah sponsored post, bila ingin bekerja sama dengan saya, silakan hubungi saya di halaman β€œKontak”.

Diterbitkan oleh Agung Rangga

Salam kenal! Saya adalah seorang Indonesian lifestyle blogger yang hobi menulis, baca komik, dan jalan-jalan.

2 tanggapan untuk “Tips Menabung untuk Memenuhi Keinginan

Apa pendapatmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s