Inilah Makanan yang Tepat untuk Awal MPASI Anak

Inilah Makanan yang Tepat untuk Awal MPASI Anak

Untuk tumbuh kembang anak, orang tua perlu memperhatikan jenis asupan yang tepat. Untuk bayi yang baru lahir hingga berusia 6 bulan, umumnya jenis makanan yang dikonsumsi masih berupa ASI (air susu ibu) eksklusif tanpa makanan ataupun minuman tambahan. Pemberian ASI ini tetap berlanjut hingga anak berusia 2 tahun.

Seperti yang kita ketahui, manfaat ASI sangatlah besar bagi tumbuh kembang anak. Beberapa manfaat pemberian ASI ini, antara lain mampu meningkatkan sistem imun anak, meningkatkan perkembangan anak, memberikan nutrisi kepada anak, serta bisa menjadi bonding time antara ibu dan anak.

Saat anak berusia 6 bulan, pemberian ASI tidak cukup untuk menutrisi tubuh di masa tumbuh kembangnya. Oleh karena itu, disamping tetap menyusui bayi atau si kecil, seorang ibu juga perlu memberikan makanan pendamping ASI atau yang kerap disebut dengan MPASI.

Perlunya memberikan makanan pendamping ASI untuk bayi
Perlunya memberikan makanan pendamping ASI untuk bayi [sumber: pexels.com]

Dari MPASI inilah, anak bisa mengenal banyak rasa dan menerima nutrisi yang lebih beragam untuk tumbuh kembangnya. Untuk makanan MPASI ini, ibu tidak boleh memilih jenis makanan secara sembarangan. Untuk menu MPASI 6 bulan pertama yang tepat diberikan kepada anak, antara lain:

  • Sayuran yang ditumbuk, seperti kentang, ubi, labu, wortel, dan brokoli;
  • Buah yang ditumbuk, seperti pisang, alpukat, pepaya, pir, dan apel;
  • Sereal bayi yang bebas gluten dan kaya akan zat besi, yang nantinya bisa dicampur dengan ASI untuk penyajiannya;
  • Bubur susu atau biskuit yang sudah dihaluskan.
Perhatikan menu MPASI anak setiap hari
Perhatikan menu MPASI anak setiap hari [sumber: pexels.com]

Hindari penambahan garam, gula, atau pemanis lainnya. Pastikan jika ada sayuran setiap harinya untuk menu MPASI anak. Jika anak sudah mampu mengonsumsi jenis makanan yang disebutkan tadi, maka orang tua bisa meningkatkan jenis makanan yang diberikan, seperti:

  • Kacang-kacangan yang ditumbuk;
  • Sayuran yang dicampur dengan kentang kemudian ditumbuk;
  • Daging tumbuk;
  • Sayur hijau yang ditumbuk, seperti campuran bayam, brokoli, dan kacang polong;
  • Yogurt, susu full cream, dan krim keju.

Di usia 6 bulan ke atas, bayi umumnya semakin pintar berguling-guling dan bergerak karena otot leher dan lengannya yang semakin kuat. Sehingga selain memperhatikan MPASI anak, ibu juga perlu memperhatikan kenyamanan bayi. Penggunaan popok yang tepat sangat dibutuhkan dalam hal ini. Ibu bisa memilih jenis popok yang nyaman untuk bayi bergerak, memiliki permukaan yang lembut, daya serap tinggi, serta tidak membuat iritasi kulit bayi.


Catatan:
Tulisan ini adalah sponsored post, bila ingin bekerja sama juga, jangan ragu untuk langsung menghubungi saya melalui formulir di halaman “Kontak”.

Diterbitkan oleh

Agung Rangga

Hai, salam kenal! Saya adalah seorang dosen yang hobi menulis, baca komik, dan jalan-jalan.