Iklan
UPDATE

Stabilkan Koneksi Internet Dengan PING

#PopNoteRecovery

Stabilkan Koneksi Internet Dengan PING Stabilkan Koneksi Internet Dengan PING [sumber: pexels.com]

CurhatStabilkan Koneksi Internet Dengan PING. Bzzz… Kadang saat ber-internet ria, koneksi internet saya suka putus sendiri. Aduh… Ini nih yang bisa membuat saya ‘bad-mood‘ seharian. Apalagi kalau sampai tidak bisa mengurus blog… Huah… Rasanya pingin lompat dari atas… tempat tidur… (gubrak!)

Ya, lalu, saya bertanya pada teman saya, bagaimana caranya agar internet bisa stabil, paling tidak, jangan putus-putus lah… Dan teman saya menjawab seperti ini, “coba aja di-PING“.

PING? Apaan tuh? Pas cari artinya di kamus Wikipedia, ketemu deh pengertiannya:

Ping (kadangkala disebut sebagai singkatan dari Packet Internet Gopher) adalah sebuah program utilitas yang dapat digunakan untuk memeriksa konektivitas jaringan berbasis teknologi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Dengan menggunakan utilitas ini, dapat diuji apakah sebuah komputer terhubung dengan komputer lainnya. Hal ini dilakukan dengan mengirim sebuah paket kepadaalamat IP yang hendak diujicoba konektivitasnya dan menunggu respon darinya.”

Jadi, tidak ada salahnya kan kalau kita coba sekarang… Saya memakai OS Windows 7, dengan modem Venus VT-218, koneksi HSDPA operator 3 (Three) dengan paket internet 2GB, dan segelas teh hangat (lho?).

Pertama, koneksikan dulu internetnya, dan kalau sudah nyambung baru buka ikon komputer yang ada di ‘tray’. Itu loh, yang suka kedap-kedip itu… Lalu klik kanan di ikon tersebut, klik status, maka kita akan dapat jendela seperti ini:

jendela status koneksi internet

jendela status koneksi internet

Nah, seperti yang diatas, gambar kedua komputer sebelum di-’ping’ masih kedap-kedip, dan koneksi internet saya jadi sangat tidak stabil. Bahkan buka Google aja lama banget…

Nah, sekarang, mari kita coba mem-’ping’-i koneksi ini. Caranya, buka aplikasi ‘Command Prompt’/’cmd’. Gak ketemu? Cari di kolom ‘search’, ketik ‘cmd’ (tanpa tanda kutip).

jendela cmd

jendela cmd

Nah, di jendela tersebut, ketik kalimat seperti ini:

ping http://www.google.com -t

Alamat situsnya boleh diganti kok. Jadi, tidak harus Google. Yang penting, cari alamat situs yang biasanya mempunyai akses cepat saat dibuka oleh kamu.

Setelah mengetikkan perintah itu dan menekan tombol ‘enter’, maka jendela tersebut akan menjadi seperti ini:

jendela 'cmd' setelah melakukan 'ping'

jendela ‘cmd’ setelah melakukan ‘ping’

Wow… Jangan kaget ya… Tulisan-tulisan tersebut adalah hasil ketika kita melakukan ‘ping’. Nah, mari kita tengok lagi jendela status koneksi internet setelah kita melakukan ‘ping’:

jendela status koneksi internet setelah melakukan 'ping'

jendela status koneksi internet setelah melakukan ‘ping’

Huwa… Gambar komputer yang tadinya kedap-kedip sekarang nyala terus… Dan sekarang, koneksi kita tetap stabil saat digunakan internetan… Tapi, jangan lupa, jendela ‘cmd’-nya jangan ditutup selama internetan, agar koneksi-nya tidak putus-putus lagi…

Jadi, jendela ‘cmd’-nya di-minimize aja. Kalau sudah selesai internatan, baru ditutup. Ok?

Nah, sekian dulu notes tips kali ini… Silakan dicoba dulu… Terima kasih…

Salam – Agung Rangga

Iklan

Apa komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: