Iklan
UPDATE

Fisika, Oh Fisika… Kenapa Kau Susah Dipahami???

#PopNoteRecovery

Fisika, Oh Fisika… Kenapa Kau Susah Dipahami??? Fisika, Oh Fisika… Kenapa Kau Susah Dipahami??? [sumber: pexels.com]

Sekolah – Fisika, Oh Fisika… Kenapa Kau Susah Dipahami??? Seberapa pun kerasnya saya mempelajari Fisika, hasilnya tetap gagal. Antara sedih, malu, geram, marah, stress, dan emosi lainnya yang membuat saya pusing! Halo… Setelah berstress-stress ria kemarin, ternyata hari ini saya semakin tambah stress! Bayangkan, hari ini, jadwal mata pelajaranku dalam 1 hari berjumlah 5, dan 4 diantaranya mengadakan UTS hari ini!!!

Yap, bisa dibayangkan, dalam waktu yang sangat singkat, kita harus segera menyelesaikan soal-soal ujian dengan benar. Dan, mari kita mulai melihat apa yang sebenarnya terjadi… Dimulai pada jam pertama-kedua, mata pelajaran yang paling tidak saya kuasai, Fisika, memulai hari UTS ini. Dan, sepertinya, sang guru sangat senang sekali melihat para muridnya tersiksa dengan soal-soal yang beliau bagikan.

Begini, beliau membuat 4 macam soal, berkode A, B, C, & D, dan keempat soal itu berisikan 20 soal pilihan ganda. Nah, walaupun soalnya hanya 20 dan pilihan ganda, tapi kami dituntut untuk menuliskan cara penyelesaiannya pada lembar soal tersebut! WTF?! Dan, tidak seperti yang saya kemukakan di notes ini, kali ini beliau membolehkan kami duduk berdampingan dengan teman sebangku. Namun, peletakan kode soal yang biasanya digunakan oleh beliau seperi di notes tadi, kini jadi sedikit berbeda, bisa dilihat di gambar berikut…

Taraaa!!! Coba tebak, apakah kami bisa menyontek dengan sistem peletakan kode soal seperti itu? Jawabannya : TIDAK! Muka sang guru pun sangat senang, dan ada beberapa kata-kata beliau yang masih saya ingat dan membuat saya jengkel sampai sekarang, di antaranya…

“…Hmm, dikasih soal 2 biji aja udah mumet, apalagi disuruh ngerjain 20 soal?…” [dengan wajah menyindir paling sadis! nusuk banget kata-katanya…]

“…kalian harus tulis caranya ya! kalau nggak, siap-siap aja nilai kalian dibagi setengah…” [what?! kalau pun betul 20, dibagi 2 jadi 10, terus gara-gara gak nulis caranya dibagi 2 lagi, jadi nilai akhirnya cuma 5?!?!]

“…makanya, jangan masuk kelas IPA dengan perjanjian, ya begini deh hasilnya…” [maksudnya si murid masuk ipa gara-gara membuat suatu perjanjian, dan perjanjian tersebut harus ditepati, ya, kayak masuk pakai syarat gitu… tapi, saya kan masuk IPA karena NILAI MURNI!!!]

“…hehehe… Coba ibu bawa kamera, pengen banget ibu mengabadikan wajah-wajah suram kalian pas ngerjain ulangan…” [inilah yang tersadis…]

Huah!!! Udah ah, gak mau lagi inget kata-kata itu lagi! Baiklah, kembali lagi ke topik. Saya akui, saya sangat lemah di pelajaran ini! Karena, bagaimana pun kerasnya saya belajar, pasti hasilnya 2, antara mendapat nilai 0 besar atau mengikuti ulangan remedial! Oke, saya tidak peduli hal itu, dan yang terpenting sekarang adalah, bagaimana caranya agar nilai-nilai Fisika saya yang hancur-lebur itu bisa membawa saya sampai ke kelas XII dan sampai lulus SMA??? Sudahlah, kita lanjut saja ke pelajaran lain…

Jam berikutnya, jam ketiga-keempat, diisi oleh pelajaran olahraga. Baiklah, saat saya ingin melepas stress Fisika tadi dengan cara keliling lapangan 100 kali [mungkin gak ya???], eh, kami malah disuruh guru olahraga untuk mengerjakan soal UTS yang ada di buku LKS olahraga… Dan, selesai istirahat, jam kelima dimulai. Dan pelajaran yang paling membosankan, Sejarah, ternyata juga mengadakan UTS?! Hah? Padahal kami baru saja mengerjakan ulangan hariannya minggu lalu!

Dan istimewanya, jam keenam yang harusnya diisi pelajaran Basa Sunda, malah diambil pelajaran Sejarah! Jadinya, UTS Sejarah pun berjalan dengan mulus. Namun, tidak saat saya mengerjakan 25 soal pilihan ganda tersebut. Serasa terbawa ke alam mimpi, dimana saya berhadapan langsung dengan belanda dan acara pembacaan proklamasi…

Jam ketujuh, jam terakhir di hari ini, diisi dengan UTS pelajaran yang ‘kurang-penting-sekarang-namun-penting-nantinya’, Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH). Yah, soalnya cuma sekitar 20-an, dan tak sampai 5 menit, saya sudah selesai engerjakannya… Oke, mungkin sampai disini dulu notes hari ini. Semoga saya bisa mengerjakan UTS berikutnya besok. [Biologi+Kimia] SIAP-SIAP-SIAP!!!

Salam – Agung Rangga

Iklan

Apa komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: