Iklan
UPDATE

Pesona 3 Pura di Lombok

PopNoteRecovery

gapura utama - Pura Suranadi, Lombok gapura utama - Pura Suranadi, Lombok

PerjalananPesona 3 Pura di Lombok. Liburan ke Bali dan Lombok, kurang lengkap rasanya kalau tidak melakukan Tirta Yatra (sembahyang ke Pura) yang ada di sana. Dan memang, kedua pulau itu memiliki beberapa Pura yang cukup terkenal. Seperti yang saya janjikan di notes sebelumnya [Kembali Dari Liburan | trip-to-Bali], kali ini saya akan mengajakmu untuk melihat tiga Pura yang sempat saya dan keluarga kunjungi ketika kami berada di Lombok.

Pura Batu Bolong

pura yang indah di tebing laut - Pura Batu Bolong, Lombok

pura yang indah di tebing laut – Pura Batu Bolong, Lombok

Dan pas saya selidiki, memang benar, ada bagian batu karang yang bolong (mungkin karena terkikis ombak~). Oh iya, Pura ini terletak di pinggir pantai yang terkenal di Lombok loh~ Yap, Pantai Senggigi! Sayang, kami tidak sempat bermain di pantainya waktu itu.Oke, Pura pertama yang kami kunjungi bernama Pura Batu Bolong. Namanya unik ya~ Dan ketika saya bertanya pada paman saya, beliau mengatakan bahwa Pura ini dinamai begitu, karena ada sebuah karang yang batunya memang bolong.
sebuah batu karang yang bolong, sumber nama pura inikah - Pura Batu Bolong, Lombok

sebuah batu karang yang bolong, sumber nama pura inikah – Pura Batu Bolong, Lombok

Pura Lingsar Narmada

utama mandala - Pura Lingsar Narmada, Lombok

utama mandala – Pura Lingsar Narmada, Lombok

Di area pura, ada sebuah gua kecil yang mungkin bisa dimasuki orang dengan cara merangkak (tapi, gua ini gak boleh dimasuki loh!). Kata pamanku, konon bila kita menyusuri gua ini, nanti kita akan tembus ke Gunung Rinjani!Dan Pura kedua yang kami kunjungi adalah Pura Lingsar Narmada. Pura yang masih berada di wilayah Lombok Barat ini memiliki area yang cukup luas. Dan Pura ini terletak di sebelah Puri Lingsar, tempat yang ada taman besar, di mana raja-raja Lombok beristirahat.

gua ini bisa tembus ke gunung rinjani - Pura Lingsar Narmada, Lombok

gua ini bisa tembus ke gunung rinjani – Pura Lingsar Narmada, Lombok

Pura Suranadi

gapura utama - Pura Suranadi, Lombok

gapura utama – Pura Suranadi, Lombok

Di Pura ini terdapat sebuah kolam besar yang merupakan sumber mata air. Dan air di kolam ini, dijadikan sebagai tirta untuk sembahyang. Airnya sangat bening, dan terasa dingin, persis air dari kulkas.Nah, ini dia Pura yang terakhir kami kunjungi, Pura Suranadi. Pura ini juga merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Lombok. Jadi jangan heran kalau banyak pengunjung baik itu turis lokal atau mancanegara yang ke sini~

sumber mata air untuk tirta - Pura Suranadi, Lombok

sumber mata air untuk tirta – Pura Suranadi, Lombok

Fiuuuh~ Dan itulah tiga Pura yang sempat kami kunjungi. Bisa sembahyang di sana, merupakan sebuah pengalaman yang mengesankan bagiku. Karena, itu pertama kalinya saya dan keluarga ke lombok. Terima kasih sudah membaca. Ada yang pernah mengunjungi salah satu dari tiga Pura ini?

Salam – Agung Rangga

Iklan

Apa komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: