Iklan
UPDATE

Biologi-Olahraga-Sunda & Kimia-Jepang | #UAS2012

#PopNoteRecovery

Biologi-Olahraga-Sunda & Kimia-Jepang | #UAS2012 Biologi-Olahraga-Sunda & Kimia-Jepang | #UAS2012 [sumber: Hargatop.com]

Sekolah – Biologi-Olahraga-Sunda & Kimia-Jepang | #UAS2012. Kamis kemarin adalah perang melawan 3 pelajaran sekaligus : Biologi, Olahraga dan Bahasa Sunda. Sedangkan hari ini (jumat, 16 maret 2012) adalah perang melawan Kimia dan bahasa Jepang. Bagaimana kelanjutannya? Hehehe, maaf, maaf kelewatan nulis notes kemarin. Err, sebenarnya sih memang ada yang mau ditulis, tapi malah jadi ngurusin yang lain~ Eh iya, sebelumnya, saya mau mengucapkan : “Bienvenue à la note de chocolat~

Nah, bagaimana kalau kita mulai notes hari ini dengan flashback ke malam rabu (14/03/2012), sekitar pukul 19:30… *masuk ke dimensi waktu* Seharusnya malam itu saya les tambahan. Dan kata dua teman saya sih, mereka mau les Kimia, soalnya hari jumat UAS Kimia. Tapi, entah dapat dorongan dari mana, tiba-tiba saya urungkan niat untuk les malam itu.

Ingat akan besok (kamis, 15/03/2012) UAS Biologi, maka segeralah saya ambil kisi-kisi yang diberikan guru biologi tercinta~ Dan kisi-kisinya ternyata hanya berupa poin-poin dari SKL (Standar Kompetensi Lulusan) yang berisi indikator-indikator soal. Owalah, saya mana ngerti yang beginian! Tapi, berusaha untuk mengerti, saya cocokan satu demi satu apa yang tertulis di dalam SKL itu dengan materi-materi yang ada di buku PM (Pendalaman Materi) sekolah. Nah, pas seperti ini baru saya mengerti, seperti apa kira-kira gambaran soal yang akan keluar pas UAS nanti~

Karena takut lupa dengan apa yang dipelajari, saya coba untuk merangkum semua materi berdasarkan SKL. Saya tulis tuh rangkumannya di lembar belakang SKL. Dan pas jam sudah menunjukkan pukul 22:00, materi yang sudah terangkum mencapai 30 SKL (dari total 40 SKL). Karena mata sudah ngantuk berat (gara-gara akhir-akhir ini jam biologis terganggu), maka saya putuskan untuk melanjutkannya besok pagi.

Dan tepat pukul 4:00 pagi saya bangun, lalu melanjutkan untuk menulis sisa rangkuman. Tak sampai 1 jam, semua SKL sudah terangkum. Segeralah saya mandi, sembahyang, sarapan, dan berangkat ke sekolah. Terus, kapan dipelajari rangkuman segitu banyaknya? Hehe, percaya atau nggak, saya memang lebih terbiasa belajar “SKBMSU” yang merupakan singkatan dari “sistem-kebut-beberapa-menit-sebelum-ujian“~

Ya, dengan cara itu, apa yang saya pelajari lebih mudah ‘nyangkut‘ di otak. Dan pas ujian dimulai, maka apa yang saya pelajari masih ‘segar’ diingatan~ Dan percaya atau nggak, saya sangat susah untuk menyerap materi kalau belajar pas malam hari! Soalnya, kalau pas bangun tidur nanti, saya mendadak kena ‘temporary-amnesia‘, gak bisa ingat apa yang saya pelajari semalam! (ada-ada aja ya~)

Dan syukurlah, apa yang sudah saya rangkum semalaman bisa sangat-sangat berguna. Lanjut ke perang kedua hari itu : Olahraga. Aduuuh, kenapa pelajaran seperti Olahraga juga ada ujian tertulisnya sih??? Perasaan gurunya gak pernah ngasih materi apa-apa deh! Dan setelah UAS Olahraga selesai, langsung dilanjut UAS Bahasa Sunda! Tapi gak apa-apa, toh ternyata soal yang di UAS-kan masih familiar dengan ingatan saya (soalnya pernah dijadikan bahan ulangan harian~).

So, so, so, UAS kemarin saya nyatakan : cukup lancar! Kembali ke hari ini. Tadi saya baru melaksanakan UAS Kimia dan Bahasa Jepang. Sebenarnya sih, semalam saya mau belajar bahasa Jepang, tapi, saya malah kena ‘sindrom-lupa-hiragana‘ mendadak! (hiragana = huruf Jepang) Oke, beberapa menit sebelum UAS pertama hari ini : Kimia, saya masih sempat mempelajari beberapa materi, seperti larutan elektrolit, pH larutan, perubahan wujud larutan, dan lainnya (tentunya yang saya paham betul doang~).

Dan UAS berikutnya : Bahasa Jepang. Untunglah, saya sempat menghafalkan hiragana beberapa menit sebelum ujian. Pas soal bahasa Jepang dibagikan ke saya, langsung saja saya buat tabel hiragana di lembar pertama soal UAS itu~ Dan hanya bermodalkan tabel hiragana plus ingatan tentang materi-materi kelas X, XI, XII, saya mulai mengerjakan soalnya. Hmm, ternyata tidak sesulit apa yang saya kira~ Cuma, karena saya melihat beberapa teman-teman saya sudah mengumpulkan lembar jawaban, saya jadi buru-buru mengerjakannya! (saat itu tinggal saya dengan 1 teman saya yang belum selesai~)

Tapi gak apa-apa, saya nyatakan UAS hari ini : cukup lumayan~ (lah, apa bedanya sama yang kemarin?) Fiuuuh~ Gak terasa ya, besok adalah perang terakhir dengan UAS. Fisika dan Komputer, i’m ready!

Salam – Agung Rangga

Iklan

Apa komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: