UPDATE

Bermain Nintendo 3DS XL

Bermain Nintendo 3DS XL Bermain Nintendo 3DS XL

PermainanBermain Nintendo 3DS XL memang sangat menyenangkan! Selain untuk mengisi waktu luang, dengan bermain game-game di konsol ini juga dapat meredakan stress dan kepenatan akibat mengerjakan tugas kuliah. Hah, kamu baru dengar nama “Nintendo 3DS”? Oke, berikut ini akan saya ceritakan sedikit mengenai makhluk apa ini sebenarnya.

varian Nintendo 3DS

varian Nintendo 3DS [sumber]

Nintendo 3DS merupakan sebuah konsol game portable yang diproduksi oleh perusahaan game ternama di Jepang: Nintendo. Salah satu keunggulan dari konsol game ini adalah kemampuannya menampilkan efek 3D (tiga dimensi) stereoscopic pada game tanpa menggunakan alat bantu seperti kacamata 3D. Hal ini tentu merupakan sebuah terobosan baru di dunia industri konsol game portable.

Saat ini, ada 3 varian jenis Nintendo 3DS, yaitu Nintendo 3DS (berukuran mini), Nintendo 3DS XL (berukuran jumbo) dan Nintendo 2DS (berbentuk datar, tanpa fitur 3D). Yang saya miliki adalah jenis Nintendo 3DS XL berwarna merah. Selain itu, masih ada banyak sekali fitur-fitur unggulan pada konsol game ini, antara lain:


Layar 3D dan Slider Pengatur Kedalaman Efek 3D

Layar 3D dan Slider Pengatur Kedalaman Efek 3D

Layar 3D dan Slider Pengatur Kedalaman Efek 3D [sumber]

Hoho, ini dia fitur unggulannya~ Seperti yang dijelaskan di awal, layar atas Nintendo 3DS memiliki fitur menampilkan efek 3D stereoscopic yang dapat menimbulkan kesan ruang dan kedalaman pada game, sehingga bermain game-game 3D menjadi lebih mudah. Kalau belum terbiasa dengan efek 3D-nya, kamu bisa mengatur kedalaman efek dengan mengubah posisi slider 3D-nya. Selain itu, efek 3D ini juga bisa dimatikan total, sehingga kamu bisa memainkannya dengan efek 2D saja, sehingga mata tidak cepat lelah.


Kamera 3D dan Sensor Game (Motion & Gyro)

Kamera 3D dan Sensor Game (Motion & Gyro)

Kamera 3D dan Sensor Game (Motion & Gyro) [sumber]

Konsol ini juga menyematkan kamera, bukan cuma 1, melainkan 3 sekaligus! 2 kamera di bagian luar berfungsi untuk menangkap foto berefek 3d, yang bisa ditampilkan di layar atas 3DS. Sementara 1 kamera ada di bagian dalam untuk kamu yang hobi selfie. Ditambah lagi ada 2 sensor game yang bisa memudahkan kita dalam bermain! Motion sensor dan gyro sensor akan beraksi ketika kita memiringkan atau memutar 3DS, sehingga menambah keseruan pas waktu bermain.

Baca juga: Pokemon X & Y [Nintendo 3DS]


Kontrol Analog, 2 Layar, dan Stylus

Kontrol Analog, 2 Layar, dan Stylus

Kontrol Analog, 2 Layar, dan Stylus [sumber]

Yay, inilah fitur favorit saya! Pertama, 3DS memiliki 2 buah layar, layar atas untuk menampilkan efek 3D, layar bawah sebagai layar sentuh dengan menggunakan bantuan stylus! Jadi, bermain game di 3DS tidak akan membosankan, karena kita bisa berinteraksi dengan mudah berkat 2 layar ini. Kedua, adanya kontrol analog yang memudahkan kita menggerakkan karakter dalam game dengan lebih luwes, jadi gak perlu capek-capek lagi pencet tombol arah (d-pad).


Kartu Memori, Streetpass, dan Software Lainnya

Kartu Memori, Streetpass, dan Software Lainnya

Kartu Memori, Streetpass, dan Software Lainnya [sumber]

3DS juga dilengkapi slot kartu SD untuk menyimpan lagu, foto, dan game digital. Ada juga fitur Streetpass, yang berguna untuk mengetahui siapa saja orang disekitarmu yang juga memainkan konsol 3DS ini, dengan cara bertukar informasi menggunakan wifi. Serta, masih banyak lagi software yang terdapat di dalam konsol ini, yang tentunya bisa jadi hiburan selingan ketika bosan bermain game.


Nintendo eShop

Nintendo eShop

Nintendo eShop [sumber]

Selain menggunakan game berbentuk fisik (berupa cartridge, semacam kaset game), 3DS juga dilengkapi dengan fitur game digital yang dijual di toko khusus bernama eShop. Di sini, kita bisa membeli berbagai macam game dan aplikasi dengan menggunakan kartu kredit atau voucher eShop. Saya sih lebih senang membeli game digital, karena gak perlu repot-repot gonta-ganti cartridge untuk memainkan game lain.

Baca juga: Pergilah Malas!


Tidak Bisa Dibajak & Belum Ada Emulatornya

Dulu pas masih menggunakan Nintendo DS Lite (sesepuh 3DS), kita sih bisa dengan leluasa memainkan game-game bajakan. Di 3DS sih sebenarnya bisa, cuma prosedurnya ribet banget! Antara lain, kita harus menyiapkan uang sekitar Rp 800.000,- untuk beli Gateway (semacam flashcard, untuk main game bajakan) dan firmware 3DS harus masih berada di 4.5 (sekarang udah di 9.0 loh!).

Makanya, saya lebih memilih untuk membeli game original. Biarpun harganya (lumayan) mahal, tapi jadi ada rasa lebih aman dan bangga karena bisa mendukung para pengembang game 3DS. Oh iya, sejauh ini, GAK ADA EMULATOR UNTUK 3DS! Yap, jadi jangan harap bisa memainkan game 3DS di komputer atau smartphone kamu, beli konsolnya!


Harga dan Region

Untuk harga konsol 3DS sekitar 1,7 juta, 3DS XL sekitar 2,5 juta, sedangkan 2DS sekitar 1,5 juta (karena masih baru, jadi agak mahal). Sedangkan harga gamenya berkisar antara 100-500 ribu rupiah. Sistem 3DS ini ada region lock-nya dan ada 3 region: USA, Jepang, dan Eropa. Kamu gak bisa main game lintas region (konsol USA dengan game Jepang), melainkan harus 1 region (konsol USA dengan game USA).


Hmm, jadi bagaimana? Sudah tahu kan tentang nintendo 3DS? Ehehehe, sekedar info, Nintendo 3DS XL saya dibeli dengan uang hasil hadiah lomba konsep game di event Gameworks kemarin. Kamu bisa baca liputan lombanya di tulisan ini dan ini. Untuk kedepannya, akan saya coba ulas beberapa game 3DS yang sudah saya mainkan.

Terima kasih sudah membaca, silakan tinggalkan komentar di bawah ya~

Salam – Agung Rangga

Iklan

48 Comments on Bermain Nintendo 3DS XL

  1. Saya sudah lama banget gak main game beginian. Sekarang mah main game di tab saja. Tapi berhubung tab-ku hilang terpaksa puasa dulu main game. *kok ya malah curcol*

  2. Kalo Ngegame saya juga pake iPad.
    Pake x-box Nunggu kalo main ke rumah Sodara di Bandung.

  3. kalau games aku kurang tertarik 🙂 di ipad aja game cepet bosen

  4. Udah pernah beli game di nintendo eshop ya? Aku pernah nyoba tp gak tau caranya, malah uangnya yg ditahan
    merasa susah percaya kalau gini :/

    • iya, saya lebih sering beli di eshop. 🙂
      hmm, kok bisa ditahan? saya sih beli vouchernya di beberapa penjual online. jadi kita tinggal transfer uang, lalu kode voucher dikirim ke email, dan siap buat beli game di eshop. 🙂

      • Ya begitulah, nintendo
        Wktu aku coba ngirim tulisannya gagal, tp kemudian dpt notifikasi dr banknya kalau berhasil. La? Yg bener gimana +_+

        Setelah aku search di internet ternyata ada jg ngalamin masalah serupa
        Sejak itu kapok deh kalau tau gitu

        Wah itu gimana? Soalnya kelihatannya gak ribet
        Boleh kasih link dimana kamu belinya?
        Tp itu terpercaya 100% gak? Takutnya uangnya dibawa kabur +_+

      • owalah, kok bisa ya…
        saya sih biasanya beli di sini: www(dot)ibanezblack(dot)com. udah 2 kali beli voucher eshop di sana (bukan promosi loh ya~). 😀
        silakan dicoba.

      • Harganya gak dimahalin kan ya? Misalnya harga game 29.99$, bayarnya nambah jadi 31$ atau semacamnya

        Sori banyak nanya
        Thanks buat jawabannya 🙂

      • hmm, sedikit dimahalin sih, ya namanya juga nyari untung. tapi mau gimana lagi, soalnya di indonesia sendiri memang agak susah mencari voucher eshop. 😢

      • sama-sama. 🙂

  5. 3ds bisa mainin film ato mp3 engga??

  6. Panji Galih // 18 Mei 2015 pukul 16:22 // Balas

    gus bedanya nintendo 3ds sama yg 3ds xl apa ya?

  7. Panji Galih // 18 Mei 2015 pukul 17:11 // Balas

    saya butuh untuk hiburan, dari kecil saya kekurangan hiburan. kalo soal game yg dapat dimainkan ada bedanya ga? antara 2ds, 3ds, dan 3ds xl ?

    • ahahaha~
      untuk game sendiri ga ada bedanya. semua game 3ds bisa dimainkan di 3ds, 3ds xl & 2ds. 😀

      • Panji Galih // 19 Mei 2015 pukul 11:06 //

        jadi game2 yang mungkin dirilis oleh pihak nintendo kedepannya bisa compatible dengan semua jenis NDS ya gus?
        untuk 2ds sendiri saat ini kira2 dikisaran berapa ya dipasaran?

      • 3DS, bukan NDS.
        yap, nintendo bakal terus ngeluarin game-game 3DS, dan semuanya kompatibel ke 3DS, 3DS XL & 2DS.
        2DS mungkin sekitar 1,5 sampai 2 jutaan (kalau ga salah, coba aja cek di toko game/situs online shop).

  8. Panji Galih // 19 Mei 2015 pukul 14:06 // Balas

    jadi tidak perlu khawatir ya jika game2 keluaran baru tidak dapat dimainkan di 2DS, Berarti harga 2DS dan 3DS tidak beda jauh ya, padahal dengan penambahan fitur 3D. menurut anda mana yg lebih baik 3DS atau 2DS?

    • kalau mau model lipat, fitur 3d, dan speaker stereo, pilih 3DS.
      kalau mau yang lebih murah, model batang, pilih 2DS.
      keduanya bagus, tergantung selera doang.

  9. Gan mau tanya nih… kemarin saya ada beli game di eshop.. tapi setelah dmasukin nomor kartu kredit dan tekan ok.. ada tulisan not used.. bla.. blaa.. blaaa.. lupa.. tapi dari kartu kredit sudah di potong.. game yg dbeli pun ga ada di 3ds saya.. mohon masukannya… tq…

  10. Ok gan tq yaw.. 😊

  11. Muhammad FAjar Kurniawan // 31 Mei 2015 pukul 05:18 // Balas

    gan, ane baru mau beli nih gan, cuma masi bingung masalah region nya, yg mau ane beli itu kata si penjual region asia, kira2 klo ane beli game yg region usa bisa masuk ga y? mohon bimbingan nya gan, trims 😀

  12. Halo kak rangga. Saya lg di jepang nih. Disini, 3ds dan yg xl itu harganya sekitar 8000-10000yen loh, kira2 paling mahalnya 1.080.000 rupiah hehe
    Pengen nanya nih, ada rencana mau beliin buat ade2 di rumah, cuma game kesukaan mereka beda, yg satu monster hunter satu lagi pokemon. Nah, cartridge game nya itu cuma bisa dipake di satu 3ds aja atau bisa jg buat 3ds yg lainnya lagi ga ya? Ky dvd ps gitu misalnya… Mohon bantuannya ya kak. Makasih 😀

  13. gung asli bali mana
    tiang dari sanur
    kok saya beli 3dsnya mahal bgt ya 3.500jt plus kaset anti gores apakah itu termasuk mahal ya apa saya di tipu ama penjualnya

    rata2 saya liat harganya 2.5-3jt

    • salam kenal Yogi, saya dari Karang Asem.
      hmm, model yang kamu beli 3DS biasa atau 3DS XL? kalau saya beli yang 3DS XL, dan harganya memang kisaran 2,5-3 jutaan. 🙂

  14. klo pertama kali beli nitendo 3dsxl apa yang harus dilakukan, registers dan sebagainya sampai siap dimainkan.
    apakah langsung bisa dimainkan (sudah ada permainan bawaan dr console nya) atau harus beli secara terpisah memory yang sudah ada permainan nya atau bagaimana.
    mohon penjelasannya kakak. Mkasih

    • hmm, yang paling mudah sih langsung register/buat nintendo id (ada di setting).
      kalau game-nya sendiri bisa langsung beli kaset originalnya (di toko game yg juga jual 3DS) atau beli game digitalnya di nintendo e-shop. ☺

  15. Bro, saya mau nanya, kalau di bali cari console nintendo 3ds dimana ya?

  16. mas, saya mau beli nintendo 3ds cuma karena pengen main Phoenix Wright : Dual Destinies… kira2 menurut mas worth it ga ya? Kalau game2 3ds kan ga bisa dimainin di nds yang lama, nah kalo di nintendo 2DS, game2 3ds bisa ga dimainin? Thanks ya mas

    • hmm, urusan worth it atau tidak sih tergantung pemainnya.
      2DS sama dengan 3DS, cuma bedanya di bentuk dan tidak bisa menampilkan layar 3D. jadi game 3DS bisa dimainkan di 2DS. ☺

  17. Bang, 3ds yg recommend region apa?
    Apa region asia bisa main game jepang sama usa?

  18. Mohon pencerahan. 3ds xl sya sleep mode. Trus sya coba masuk k HOME. layarx stop d HOME Menu. Bisa gak dperbaiki????

  19. Halo mas, boleh info online shop yg jual 2ds? Saya sudah cari, tapi koleksi yg mereka punya kurang lengkap, terimakasih

1 Trackback / Pingback

  1. Pergilah Malas! | Agung Rangga

Apa komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: