UPDATE

Pengalaman Merilis Sticker LINE

Pengalaman Merilis Sticker LINE Pengalaman Merilis Sticker LINE

Curhat – Pengalaman merilis sticker LINE pertama ini benar-benar berkesan! Mulai dari mencicil gambar sticker setiap hari, mengikuti perlombaan sticker di platform sebelah, menunggu proses review yang cukup lama hingga perasaan pas ditolak. Pada akhirnya, sticker berjudul “Komik Gung – Emotions” muncul juga di LINE STORE. Sebuah proses panjang yang sungguh seru!

Sebelum lanjut membaca, bagi kamu yang gemar chatting menggunakan aplikasi LINE, silakan beli sticker saya di LINE Store dengan mencari “Komik Gung – Emotions”, atau klik di sini:
http://store.line.me/stickershop/product/1234736/id.

Jadi, sudah lama saya menginginkan untuk punya sticker LINE buatan sendiri. Alasannya sederhana sih, untuk mengenalkan karakter fiksi ciptaan saya: “Gung” pada publik luas. Proses memperkenalkan karakter Gung ini awalnya dimulai dari komik strip mingguan yang saya beri nama “Komik Gung“. Komik strip ini bisa dinikmati di fanpage Facebook, Twitter, Instagram, blog ini, dan yang terbaru: di akun official LINE.

Baca juga: Panduan Formulir Pajak LINE Creators Market

Sekedar info, LINE merupakan sebuah aplikasi chatting gratis yang tersedia di hampir semua platform (Android, iOS, Windows Phone, dan lain-lain). LINE memiliki banyak pengguna aktif yang kian hari makin bertambah, baik di Indonesia maupun di negara lain. Uniknya, selain bisa mengirimkan teks, kita bisa menggunakan sticker-sticker lucu sebagai pemanis chatting kita. Ada banyak sticker yang dijual di LINE STORE, yang dapat dibeli menggunakan LINE Coins atau via pemotongan pulsa.

Beberapa tahun lalu, LINE meluncurkan fitur LINE Creators Market, yaitu sebuah wadah bagi para kreator di seluruh dunia untuk menjual sticker buatannya sendiri di LINE STORE! Begitu mendengar ada kesempatan menerbitkan sticker sendiri ini, saya merasa begitu bersemangat! Pikir saya, ini adalah kesempatan bagus untuk mengembangkan karakter Gung lebih luas lagi.

Saya mulai membuat set sticker ini sekitar bulan November 2015 kemarin. Saya mencoba untuk mencicil minimal 1 gambar sticker dalam 1 hari, namun gagal karena banyak hambatan yang menghalangi saya (tugas kuliah, kegiatan kampus, dan rasa malas). Oh iya, saya juga sempat mendaftarkan set sticker ini ke BBM Sticker Contest yang diadakan Desember 2015 kemarin. Tapi sayangnya, saya kurang beruntung untuk bisa menang di lomba tersebut.

Hingga akhirnya, set sticker Komik Gung – Emotions ini selesai pada 7 Januari 2016. Besoknya, saya submit set sticker ini ke situs LINE Creators Market sambil harap-harap cemas. Soalnya, pas saya baca beberapa forum di Internet, katanya proses review sticker ini memakan waktu yang cukup lama, bahkan bisa sampai berbulan-bulan! Mungkin ini semua karena LINE sangat menyeleksi ketat sticker-sticker yang akan dijual di LINE STORE, jangan sampai sticker kita melanggar beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku di sana.

Status pertama saat selesai submit sticker adalah: “Waiting for Review“. Sambil menunggu, saya mengurus form pajak untuk meringankan potongan pajak dari hasil penjualan sticker saya nanti. Caranya sih mudah banget, cuma isi “Application Form for Income Tax Convention“, kemudian print dan kirimkan bersama screenshot akun LINE Creators Market kita ke kantor LINE di Jepang sana. Semua ini saya kirim menggunakan jasa EMS dari Pos Indonesia, dan dikenai biaya Rp 156.000,-.

Tanggal 12 Januari, saya mendapat pemberitahuan dari LINE Creators Market, kalau sticker saya statusnya berubah menjadi: “Rejected“! Hah?! Ditolak?!?!?! Pas saya baca, ternyata ada beberapa sticker yang harus diperbaiki karena ada bagian yang tidak transparan. Owalah, ternyata kesalahan sekecil ini pun bisa menyebabkan sticker kita ditolak! Langsung saja hari itu saya bereskan semuanya, dan submit ulang. Saya berdoa, semoga kali ini tidak ditolak lagi…

Baca juga: Pengalaman Bersama BNI

2 hari kemudian (14/1), status sticker saya berubah menjadi: “In Review“. Dan baru semalam (16/1), akhirnya sticker saya berstatus: “Approved“!!! Wuaaaah!!! Saya pun langsung merilis sticker saya saat itu juga hingga statusnya menjadi: “On Sale“. Tapi, harus nunggu beberapa menit dulu sebelum sticker saya muncul di LINE STORE. Begitu sudah ada di sana, langsung saya beli, dan saya pakai saat chatting ke teman-teman saya. Astungkaraaa, akhirnya penantian panjang saya kini usai sudah~~~

Sticker LINE Komik Gung - Emotions

Sticker LINE Komik Gung – Emotions

Nah, sebenarnya, tantangan buat saya baru saja dimulai. Iya, saya harus berusaha agar sticker ini dapat diminati oleh banyak orang, dan mereka harus mulai berkenalan dengan sosok karakter Gung. Maka dari itu, saya mohon dukunganmu dengan membeli sticker LINE ini, dan mengenalkan Gung pada teman-temanmu. Saya yakin, Gung bisa menjadi karakter yang akan disukai banyak orang.

Terima kasih sudah membaca. Tunggu kejutan saya nanti ya~

Salam – Agung Rangga

Iklan

40 Comments on Pengalaman Merilis Sticker LINE

  1. mas agung saya udah buat temanya tp di reject, balesannya gini:
    “5.2 Themes that make use of copyrights that lack a clear owner, such as fan fiction
    The themes you submitted were created based on illustrations with rights of undeterminable ownership.
    Please provide documentation, certifications, or links that prove you created these illustrations.
    Please read the review guidelines carefully before making any further submissions.”
    Itu kenapa ya? mohon bantuannya… Makasih sebelumnya

    • Hmm, kayaknya sih gara-gara kamu menggunakan karakter fiksi yang sudah terkenal. Atau mungkin karaktermu mirip karakter fiksi terkenal itu.
      Coba aja lampirkan dokumentasi atau sertifikat kepemilikan karaktermu sendiri ke pihak LINE. 😅

      • Wah pd hal saya buatnya pake imajinasi saya sendiri loh 😦
        Dokumentasi yg kyk gimana ya mas maksudnya?
        BTW makasih nih mas atas responnya, sukses selalu karakter Gung nya 🙂

      • Hmm, coba aja kirim bukti kepemilikan karaktermu, kayak character sheet, atau sejenisnya. 😅

  2. Rizki Perdana // 30 Januari 2017 pukul 01:31 // Balas

    Mas agung masalah saya pada saat mau masukin akun paypal malah ditolak,padahal akun paypal saya udah di verifikasi dan tipe bisnis,apakah haru buka rekening bang dulu ya,soalnya saya pakai vcc mastercard

  3. Mas Agung, saya sudah submit sticker sejak tanggal 20 Januari kemarin, tapi nunggu status In Review aja makan waktu 4 hari, terus sampe skarang blm di Approve, malahan muncul status ‘Processing’, kenapa ya itu? Dimana mana saya liat orang rilis stiker kok gaada yg muncul kayak beginian.. makasih

  4. rizki mawardi // 3 Februari 2017 pukul 17:17 // Balas

    Mas Agung bantu saya dong. Saya sudah buat stiker line namun bermasalah d paypal. Sehingga tidak jadi untuk menjual stikernya. Nah saya tidak butuh uang dari stiker tu saat ini. Saya hanya mau organisasi saya memiliki stiker lime. Mas Agung bisa banyu saya dengan cara stiker saya. Saya kirim ke mas Agung. Dan mas Agung menguprove stiker saya di line

  5. Mas Agung saya mau nanya dong itu kan klo di statistics ada sent sama received, itu masing” menjelaskan apa ya mas? Terimkasih

  6. Mas,apa harus pakai kartu kredit? Soalnya saya sekeluarga nggak ada yang punya kartu kredit

  7. Gan, mau tanya dimana saya bisa mendownload file “application form for income tax convention”? Saya cb gugling tp kurang paham yg mana yang harus di download… lalu kirim nya ke mana, gan?

  8. Ka mau tanya tanya lewat email boleh ka? Soal nya aku kebingungan sendiri soal ini 😂 umurku masih 16tahun, status ku stiker ku “sedang peninjauan” aku ga paham sampe kapan status itu berubah 😂 tapi aku belum juga udah daftar paypal tapi gabisa login di line creator ada tulisan “akun anda tidak bisa di gunakan karna belum verikasi ,kunjungi halaman anda bla bla bla” tolong bantu ka aku juga ingin punya stiker saya sendiri

  9. halo mas 🙂 mau tanya nih..
    Kalau misalnya form pajak itu tidak diurus untuk sementara waktu , apakah itu berpengaruh pada proses merilis stiker set baru? ( seperti tidak akan bisa diapproved untuk dipublikasikan)
    Terus, stiker set saya berubah status nya dari “Waiting for Review” menjadi “Processing”, itu maksudnya gimana yah? Berhubung, tidak ada penjelasan mengenai status tersebut di FAQ nya
    Thankss ^^

  10. sorry nah mau nanya yang sedikit sensitif, sejauh ini sudah dapat keuntungan berapa ya dari penjualan sticker di linenya mas? mungkin gk usah spesifik kira2 rangenya aja misal 1jt per 3 bulan atau berapa.. Terima kasih.

  11. halo gan , apakah saat anda membuat stiker line mesti membayar dulu?
    misalnya, waktu sudah di publish , anda dikenakan biaya sebesar Rp.12.000.
    atau bagaimana?

  12. Halo kak, saya juga bermasalah dengan paypal nih… tapi saya ngga butuh penghasilannya kok kak 😦 soalnya ini sticker saya bikin sebagai hadiah untuk temen, gapapa ya kalau ga usah daftarin paypalnya di line creator?

  13. mas agung… boleh tau ga biasanya promosiin stickernya dimana aja? bisa donk bagi pengalamannya… saya tunggu balasan emailnya ya mas…

Apa komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: