Iklan
UPDATE

Desain Kartu Mandiri e-Money Tema Berbagi

Desain Kartu Mandiri e-Money Tema Berbagi Desain Kartu Mandiri e-Money Tema Berbagi

Lomba – Desain Kartu Mandiri e-Money Tema Berbagi adalah sebuah lomba yang diadakan oleh Bank Mandiri dan Hellomotion. Lomba ini bertujuan untuk mengemas kartu e-money menjadi lebih keren dan menarik sehingga menambah nilai estetika dari kartu e-money yang praktis. Kebetulan saya mengikuti lomba ini, dan tidak disangka-sangka, dapat juara 3!


Tentang Lomba

Sebenarnya lomba desain kartu e-money ini sudah sering diadakan oleh Bank Mandiri. Oh iya, pada tahu kartu e-money kan ya? Itu loh, kartu yang bisa dipakai untuk belanja/bayar tanpa ribet. Kartu ini bisa kita gunakan sebagai pengganti uang tunai, mudah diisi ulang, dan dapat dimiliki oleh nasabah maupun non-nasabah Bank Mandiri. Uang yang ada dalam kartu e-money ini bisa kita gunakan untuk bayar tol, beli tiket bus, bayar parkir, hingga belanja di berbagai retailer ternama (dari minimarket, SPBU, hingga restoran).

Untuk menyambut bulan Ramadhan tahun ini, lomba desain kartu Mandiri e-money mengangkat tema spesial, yaitu “Berbagi”. Peserta lomba dibebaskan berkreasi sesuai dengan tema yang sudah ditentukan. Lomba ini bersifat “blind contest”, dimana kita tidak bisa melihat karya peserta yang masuk di situs Hellomotion hingga batas pengumuman finalis nanti. Yang paling seru, ada total 10 pemenang dalam lomba ini (Juara 1, 2 , 3, dan 6 juara harapan pilihan juri, serta 1 juara favorit dengan vote publik terbanyak).

Baca juga: Maskot Surabaya: Cak Sura dan Cak Baya

Lombanya sendiri diadakan pada 27 April-8 Mei 2016. Jujur, awalnya saya malas untuk mengikuti lomba ini, karena saya sedang sibuk-sibuknya mengerjakan tugas akhir dan persiapan buat sidang preview. Hingga pada tanggal 6 Mei (2 hari menjelang deadline lomba), salah seorang teman saya di Facebook menulis status berisi link lomba ini. Dan tidak tahu kenapa, pikiran saya langsung berubah jadi mau ikutan. Sebenarnya gak berharap banyak bakal menang, yang penting saya bisa sejenak melupakan tugas akhir.


Desain Saya

desain kartu Mandiri e-money Berbagi Berkah

desain kartu Mandiri e-money Berbagi Berkah

Desain pertama saya untuk lomba ini pun selesai hari itu juga, yang dibuat dari bangun tidur siang hingga menjelang malam (sekitar 3-4 jam). Judul desain pertama ini adalah “Berbagi Berkah”, dengan deskripsi sebagai berikut:

“Ramadhan ialah bulan penuh berkah. Semua umat-Nya mendapatkan berkah sesuai dengan hasil perbuatan mereka selama menjalani ibadah. Di bulan yang suci ini, ada baiknya kita saling berbagi berkah pada sesama umat-Nya. Tidak peduli apakah itu banyak maupun sedikit, berkah tersebut akan sangat berguna bagi orang yang membutuhkannya. Karena berbagi berkah adalah salah satu cara untuk mengucap syukur atas karunia-Nya.”

Fyuh, sedikit lega karena akhirnya saya bisa kirim desain buat lomba ini. Tapi dalam hati, saya merasa agak kurang puas dengan desain yang ini. Mungkin karena proses mencari ide dan pengerjaan yang buru-buru, jadinya terasa kurang maksimal hasil akhirnya (salah sendiri bikinnya mepet deadline! ). Setelah makan malam, saya kembali membuat sketsa untuk desain kartu yang kedua. Cuma baru sketsa kasar aja sih, sambil memikirkan konsep desainnya.

Besoknya (7 Mei) setelah pulang dari BIP (Bandung Indah Plaza) untuk membeli jas, saya mulai menyelesaikan desain kartu yang kedua. Mulai mengerjakannya setelah makan siang, hingga akhirnya desain kedua ini selesai pukul 22:00. Namun, pas saya mau kirim desainnya ke situs Hellomotion, tiba-tiba link untuk mengirim desain menghilang! Ya ampun, padahal deadlinenya kan besok, harusnya malam itu masih bisa kirim dong! Sambil panik, saya coba tanyakan masalah ini ke akun Hellomotion di Twitter. Ternyata ada error di situs mereka, dan 30 menit kemudian saya bisa kirim desain lagi (matur suksma Hyang Widhi… ).

desain kartu Mandiri e-money Berbagi Kebersamaan

desain kartu Mandiri e-money Berbagi Kebersamaan

Untuk desain kedua saya berjudul “Berbagi Kebersamaan”, dan saya sangat puas dengan desain ini. Menurut saya, desain kedua lebih ceria dan berwarna dibanding desain pertama. Oh iya, berikut deskripsinya:

“Bulan Ramadhan adalah saat yang sangat pas untuk berkumpul dan bersilaturahim dengan keluarga. Banyak orang yang menghabiskan waktu selama bulan Ramadhan dengan melakukan berbagai kegiatan menyenangkan bersama keluarga. Mulai dari menyiapkan makanan untuk sahur dan berbuka, sholat bersama, hingga saling melepas rindu antar anggota keluarga. Dengan berbagi kebersamaan saat Ramadhan, niscaya hubungan keluarga akan menjadi lebih rekat dan indah.”


Pengumuman Finalis

Tanggal 13 Mei adalah hari pengumuman finalis 30 besar. Pas ngecek pengumuman ini, deg-degannya tuh persis kayak membuka amplop kelulusan pas SMA! Dan ternyata, desain kedua saya masuk jadi finalis! Huwaaa, senangnya~  Malam harinya, saya langsung mengabari kedua orang tua saya, dan mereka pun turut senang. Bisa masuk sebagai finalis saja saya sudah bersyukur, artinya desain saya berhasil menarik minat juri. Astungkara, semoga bisa jadi juara.

Besoknya (14 Mei), saya menghadiri acara Road Blog Bandung. Di sela-sela acara, saya sempatkan untuk mempromosikan desain saya agar teman-teman di media sosial bisa memilih (vote) biar bisa menang sebagai juara favorit. Voting berlangsung dari tanggal 14-16 Mei di Facebook Mandiri Fiesta. Cuma sebentar ya, huhuhu… Tapi peluang saya buat dapat vote ini cukup kecil sih, soalnya desain finalis yang lain banyak yang memiliki jumlah vote lebih besar dibanding saya (punya saya ada di urutan terakhir-terakhir, hiks ).

Tanggal 16 Mei, saya mendapat email dari tim Hellomotion, yang katanya mereka sedang melakukan “random crosscheck” pada 30 finalis lomba desain kartu e-money ini. Mereka meminta saya untuk mengirim file asli desain kartu yang terpilih sebagai finalis ke email mereka, untuk dicek keaslian desainnya. Hmm, baiklah, langsung saja saya kirim desainnya. Ukuran asli filenya (format psd) sekitar 267 MB, dan saya kompres ke dalam zip hingga jadi 78 MB (biar bisa dikirim lewat email). Semoga saja ini pertanda baik buat saya.


Pengumuman Pemenang

Akhirnya tibalah hari pengumuman pemenang, yaitu tanggal 19 Mei. Dari pagi hingga malam, saya terus ngecek situs Hellomotion maupun akun Facebook dan Twitternya. Sayangnya, belum ada tanda-tanda pengumumannya. Pas besok paginya (20 Mei), saya cek situsnya lagi, pengumumannya sudah ada! Dan begitu membacanya (sambil dalam hati komat-kamit berdoa), matur suksma, SAYA JUARA 3!!! Wuaaaah, ternyata perjuangan saya ikut lomba ini berbuah manis~

Untuk bisa menerima hadiahnya, saya harus mengirim surat pernyataan keaslian karya yang telah ditandatangani di atas materai, serta wajib memiliki rekening Bank Mandiri atas nama sendiri. Duh, di rumah cuma Mama yang punya rekening Bank Mandiri! Alhasil, saya pun harus buka rekening baru di Bank Mandiri, untung cabang banknya dekat sama perumahan tempat saya tinggal. Cuma butuh waktu 30 menit untuk proses pembuatan rekening baru di sana. Keren!

Baca juga: Game Concept Competition 2013 (bagian 1)

Tanggal 9 Juni saya ditelepon oleh pihak Hellomotion, yang mengabarkan kalau hadiah akan cair hari itu atau besoknya. Memang benar, besok pagi saya cek saldo rekening lewat aplikasi Mandiri Mobile, saldo saya sudah bertambah!  Karena saya tidak punya NPWP, jadi saya harus menanggung biaya pajak hadiah (yang ternyata cuma 1% ). Hari Minggunya (12 Mei), uang hadiah dari lomba ini langsung saya belikan laptop baru untuk menggantikan laptop saya yang sudah sekarat (ludes deh… ). Matur suksma Hyang Widhi, semoga laptop baru ini bisa awet.


Beli Kartu Mandiri e-money

Sabtu kemarin (18 Juni), saya iseng membuka situs belanja online Bhinneka. Eh, ternyata kartu Mandiri e-money edisi spesial Ramadhan sudah mulai dijual di sana (klik untuk beli). Yap, desain kartu ini sifatnya “limited edition”, dan harganya pun cuma Rp 100.000,- (sudah termasuk saldo Rp 50.000,- di dalamnya). Selain di Bhinneka dan toko online lainnya, kartu Mandiri e-money ini juga bisa didapatkan di cabang Bank Mandiri atau Merchant Retail (seperti Indomaret, Alfamart, Superindo, dll).

senangnya punya kartu Mandiri e-money

senangnya punya kartu Mandiri e-money

Kemarin (22 Juni) paket dari Bhinneka datang, pas ketika saya baru tiba di kost setelah mencetak perlengkapan buat persiapan sidang preview 3. Isinya adalah kartu Mandiri e-money dengan desain buatan saya sendiri! Kyaaa, rasanya tuh bahagia banget kalau desain/karya kita bisa dipakai sama orang banyak~

Paket penjualan kartu Mandiri e-money

Paket penjualan kartu Mandiri e-money


Yap, kira-kira begitulah cerita saya dalam mengikuti lomba Desain Kartu Mandiri e-Money Tema Berbagi ini. Buat kamu yang mau memiliki kartu e-money edisi terbatas ini, segeralah beli! Saya juga sempat diwawancara oleh kampus soal ini, dan berhasil mejeng di website kampus! Ngomong-ngomong, lomba ini ternyata diadakan lagi dengan tema baru! Hmm, ikut lagi gak ya~

Salam,
Agung Rangga

Iklan

23 Comments on Desain Kartu Mandiri e-Money Tema Berbagi

  1. Selamat ya, desainnya emang keren.

  2. Halo agung, salam kenal..
    Waaah seneng bgt yaa kalau karya kita diapresiasi & digunakan banyak orang.
    Semangat terus berkarya ya 🙂

  3. Kereeeeen. Selamat ya, agung

  4. lialathifa // 25 Juni 2016 pukul 08:24 // Balas

    Saya jadi ikutan seneng bacanya, kebayang rasanya cekot2 gembira apalagi ngirimnya udah mau dateline ya, apalagi hasil karya kita dipajang dimana2.. but emang designnya emang lbh ceria yg kedua, lbh eye catching

    Selamat ya.. salam kenal juga

  5. Aaaak keren! Mengingat saya pernah sit in di DKV bikin beginian emang susah banget 😣

    Apalagi dikejar deadline, kece abis ih juara 3 ketika awalnya tiba2 kepengen aja, selamat yaak! 🌻

  6. Huwiihhh keren banget tuh kak desainnya
    Perlu belajar grfisnya nihhh
    hheee

  7. Keren banget gung bisa jadi juara 3. Hadiahnya juga keren bisa buat beli laptop baru. Nurut saya sih mending ikutan lagi sekalian ngasah kreativitas.

  8. Waaah selamat, desainnya colorful dan emang keren. Salam kenal

  9. widih bagus banget mas angung…salut dan sukses selalu…

  10. Selamat ya Agung, disain memang keren ceria loh. Selamat terus berkarya ya Agung. Suksma tlah berbagi kebahagiaan.

  11. Congrats ya bang! Gak nyangka ternyata desain yang dibuat saat-saat deadline ternyata bisa mengantarkan bang Agung jadi pemenangnya! hahaha
    oiya, kalau misalkan ingin topup saldo e-moneynya sementara kita gak punya kartu debit Mandiri gimana tuh, bang? Soalnya gue bukan nasabah mandiri huhuhu

Apa komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: