UPDATE

Rahasia Ngeblog Kreatif Bersama ASUSPRO B8230

#EkspresikanDirimu Dengan #ASUSINTEL

Rahasia Ngeblog Kreatif Bersama ASUSPRO B8230 Rahasia Ngeblog Kreatif Bersama ASUSPRO B8230

Gadget – Rahasia Ngeblog Kreatif Bersama ASUSPRO B8230. Menurut saya, ngeblog itu bukan hanya sekedar menulis. Ngeblog adalah cara saya menyampaikan pengalaman, aspirasi, opini, dan berbagai hal lainnya, yang dikemas dengan cara kreatif dan tentunya bermanfaat bagi saya sendiri atau pembaca blog saya. Kali ini, saya akan membocorkan sedikit rahasia dalam proses pembuatan konten kreatif untuk blog ini.

Oh iya, di tulisan ini saya juga akan memperkenalkan salah satu produk notebook ASUS yang bernama ASUSPRO B8230. Salah satu keunggulan utama dari notebook ini—yang menurut saya berguna banget untuk ngeblog—adalah prosesor yang tertanam di dalamnya. Notebook ASUS sangat terkenal dengan Intel Core i3/Intel Core i5/Intel Core i7 Processor yang dimilikinya. Menggunakan Intel® Core™ i7 6500U Processor atau Intel® Core™ i5 6200U Processor generasi keenam (Skylake), membuat kinerja ASUSPRO B8230 menjadi sangat gegas (selamat tinggal lag~).

keunggulan prosesor Intel Skylake

keunggulan prosesor Intel Skylake

Memang apa sih keunggulan Intel Core i3/Intel Core i5/Intel Core i7 Processor, terutama yang generasi ke-6? Ternyata ada banyak sekali lho keunggulan jenis prosesor yang dipakai oleh notebook ASUSPRO B8230 ini. Beberapa keunggulan tersebut diantaranya adalah peningkatan performa hingga 2,5 kali lipat, daya tahan baterai yang lebih lama, tampilan grafis visual yang mendukung format 4K Ultra HD dan 3D, konversi video yang lebih cepat hingga 17 kali lipat, dan performa yang telah dioptimalkan untuk Windows® 10! Komplit banget kan~ Kalau begitu, kita lanjut ke bahasan utama yuk!

1. Mencari Ide Tulisan

Mencari Ide Tulisan

Mencari Ide Tulisan

Oke, langsung saja ke rahasia pertama saya dalam ngeblog yang kreatif, yaitu ada di proses pencarian ide. Tidak bisa dimungkiri, proses pertama ini adalah proses paling krusial/penting dalam pembuatan konten blog. Tapi syukurlah, ide-ide untuk ngeblog bisa datang dari mana saja. Ada banyak sekali sumber ide di sekitar kita yang bisa dijadikan bahan tulisan. Asal kita mau mencarinya, maka tidak akan sulit untuk menemukan ide tersebut.

Beberapa cara saya dalam mencari ide tulisan adalah dengan membaca buku favorit (biasanya komik dan novel), menonton film yang bagus (baik animasi maupun film lainnya), mendengarkan musik sambil bersantai (ujung-ujungnya jadi tulisan ulasan album musik nih), main game seru (buat menghilangkan stres), ngobrol bareng keluarga/sahabat (banyak ide seru dari mereka), hingga membaca jurnal harian saya (untuk membuat tulisan flashback).

Prosesor, OS, Storage ASUSPRO B8230

Prosesor, OS, Storage ASUSPRO B8230

Ngomong-ngomong, ternyata ASUSPRO B8230 ini juga berguna lho di proses pencarian ide yang sudah saya sebutkan tadi. Soalnya, notebook ini memiliki penyimpanan berupa Solid State Drives (SSD) berkapasitas 256GB! Dengan kapasitas sebesar itu, kita bisa menyimpan ebook, film, musik, game, dan aplikasi penunjang blogging lainnya dalam satu notebook. Ditambah lagi dengan sistem operasinya yang sudah Windows 10 Pro, bakal sangat memudahkan kita dalam ngeblog berkat user interface yang sudah familiar, serta dukungan berbagai software yang sangat baik.

2. Menulis Konten Blog

Menulis Konten Blog

Menulis Konten Blog

Rahasia yang kedua ada di proses menulis konten blog. Dalam proses ini, ada empat tahapan yang biasa saya gunakan. Tahap pertama yaitu membuat kerangka tulisan. Hihihi, masih pada ingat kah cara membuat kerangka tulisan yang diajarkan saat SD? Sederhananya, kerangka tulisan saya buat dalam bentuk poin-poin penting yang akan dibahas. Tidak usah banyak-banyak, maksimal 3-5 poin penting saja. Tahap kedua adalah menjabarkan poin-poin tersebut ke dalam beberapa paragraf. Pastikan paragraf ini tidak ngelantur ke mana-mana, dan fokus hanya ke poin yang sedang dibahas.

Tahap ketiga adalah masukkan foto-foto pendukung yang sesuai dengan tema tulisan. Sudah tidak jaman isi blog cuma tulisan doang! Pembaca blog (termasuk saya) pasti malas membaca konten blog yang hanya berupa tulisan saja. Paling tidak, isi satu atau dua foto lah, biar tulisan kita tidak monoton banget. Tahap terakhir adalah menentukan judul tulisan. Hahaha, kamu tidak salah baca kok~ Saya memang lebih suka membuat judul tulisan setelah selesai menulis konten blog. Alasannya, kadang saya suka kelamaan mikirin judul, eh malah tidak jadi nulis~ Jadinya, memilih judul adalah hal terakhir yang saya lakukan saat menulis.

keyboard, touchpad, layar ASUSPRO B8230

keyboard, touchpad, layar ASUSPRO B8230

Dalam urusan menulis konten blog, tentunya kita butuh layar dan keyboard notebook yang nyaman dong ya~ Untungnya, notebook ASUSPRO B8230 ini mempunyai full-size illuminated keyboard yang berjenis chiclet, membuat kita bisa mengetik dengan mudah pada kondisi lingkungan yang kurang cahaya, bahkan dalam kegelapan! Ditambah dengan fitur SensePoint dan touchpad yang berukuran besar dengan smart gesture yang bermanfaat banget. Layar pada notebook ini pun berjenis LED dengan ukuran 12.5″ (16:9) beresolusi Full HD (1920×1080) yang sangat nyaman dilihat berkat teknologi Anti-Glare dan WideView Technology-nya.

3. Buat Ilustrasi Dari Tulisan

Buat Ilustrasi Dari Tulisan

Buat Ilustrasi Dari Tulisan

Lanjut ke rahasia ketiga saya, yaitu membuat ilustrasi dari tulisan yang sudah dibuat. Bila kamu perhatikan, hampir setiap tulisan dalam blog ini pasti memiliki ilustrasi berupa gambar karakter kartun. Ilustrasi ini saya buat berdasarkan karakter fiksi ciptaan saya: “Gung”. Dia adalah karakter yang mewakili saya, karena memiliki ciri khas dan sifat yang sama seperti kreatornya. Di tiap gambar ilustrasi, Gung akan menunjukkan kepada pembaca blog, apa isi utama dari suatu tulisan. Ia akan berpakaian dan melakukan kegiatan tertentu, sesuai dengan tema tulisan blog.

Ilustrasi Gung ini saya buat dengan cara menggambar digital, menggunakan bantuan pen tablet dan software khusus untuk menggambar. Cara menggambar digital sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan teknik manual (pakai kertas & pensil), karena sama-sama menggunakan tangan dan imajinasi. Bila sudah jadi, gambar ilustrasi ini saya pasang menjadi gambar fitur (featured image), yang letaknya di bagian awal tulisan. Oh iya, gambar fitur ini bisa kok kamu ganti dengan foto atau gambar-gambar lainnya, jadi tidak usah khawatir~

memori, grafis, upgrade ASUSPRO B8230

memori, grafis, upgrade ASUSPRO B8230

Saya senang banget begitu tahu kalau notebook ASUSPRO B8230 ini memiliki RAM (memori) sebesar 4 GB yang berjenis DDR4 2133MHz SDRAM Onboard Memory. Percaya deh, software untuk menggambar dan editing itu banyak sekali mengonsumsi memori, dan dengan ukuran segitu, notebook ini pasti mampu menjalankannya dengan lancar! Udah gitu, kalau kamu merasa masih kurang dengan kapasitasnya, kamu bisa upgrade RAM & storage dengan membuka kompartemen di bagian bawah notebook ini. Oh iya, ASUSPRO B8230 juga ditenagai oleh Integrated Intel HD Graphics 520, yang sudah cukup baik bila digunakan untuk mengelola grafis di notebook ini.

4. Edit, Terbitkan, Bagikan dan Blogwalking

Edit, Terbitkan, Bagikan dan Blogwalking

Edit, Terbitkan, Bagikan dan Blogwalking

Rahasia terakhir adalah empat hal yang harus dilakukan setelah menulis, yaitu mengedit, menerbitkan, membagikan, dan blogwalking. Tulisan blog yang sudah jadi jangan buru-buru diterbitkan, harus kita edit dahulu. Baca ulang tulisan yang sudah dibuat, perbaiki kata, ejaan, hingga tanda baca yang salah, dan pikirkan lagi apakah tulisan kita bermanfaat atau malah dapat merugikan orang lain. Setelah benar-benar yakin, barulah kita bisa menerbitkan tulisan tersebut di blog kita.

Ingin agar tulisanmu dibaca oleh orang lain? Caranya mudah banget! Bagikan saja link tulisanmu ke berbagai platform sosial media atau layanan chat. Banyak banget kok pilihan untuk membagikan tulisan di blog, tinggal pandai-pandainya kita memanfaatkannya saja~ Bila belum puas, lakukanlah yang namanya “blogwalking”. Berkunjung ke blog orang lain, membaca tulisannya yang menurutmu menarik, dan memberikan komentar di sana, adalah salah satu cara untuk mengenalkan blog kita pada orang lain. Bisa-bisa, kita malah dapat teman dan komunitas baru dari dunia blogging ini.

baterai, dimensi, keamanan ASUSPRO B8230

baterai, dimensi, keamanan ASUSPRO B8230

Asiknya, notebook ASUSPRO B8230 memiliki baterai 3 cell berjenis Li-Polymer yang dapat dilepas (replaceable) dan tidak gampang habis (berkat prosesor hemat dayanya). Plus dengan ukuran yang cukup ringkas (31 cm x 21.5 cm x 1.29 cm) dan berat sekitar 1.33 kg (dengan baterai), notebook ini pas banget diajak ngeblog di mana saja dan kapan saja. Gak bakal lagi deh sibuk mencari colokan gara-gara baterai cepat habis atau tas berat gara-gara bawa laptop~

Selain berbagai macam fitur yang telah disebutkan tadi, kelebihan lainnya dari notebook ASUSPRO B8230 adalah punya fitur keamanan tinggi lho~ Ada pemindai sidik jari untuk konfirmasi akses ke notebook, Trusted Platform Module (TPM) untuk mengenkripsi data, hingga Smart Card Reader untuk login atau otorisasi. Selain itu, notebook ini dibuat sangat kokoh dengan standar militer MIL-STD 810G, yang memiliki daya tahan tinggi dan sudah teruji, sehingga kita tidak perlu khawatir lagi~

Spesifikasi Lengkap ASUSPRO B8230

Spesifikasi Lengkap ASUSPRO B8230

Nah, kira-kira begitulah empat rahasia ngeblog kreatif ala saya. Hihihi, sebenarnya sih keempat hal tersebut memang sudah umum dilakukan ya, tapi di sini saya cuma sekedar mengingatkan kembali (reminding) saja kok. Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat untuk kamu yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca di sini. Oh iya, bila kamu membutuhkan notebook baru untuk ngeblog, bisa banget lirik si ASUSPRO B8230 ini. Terima kasih sudah mampir, dan terus #EkspresikanDirimu dengan #ASUSINTEL. Keep blogging!

Salam,
Agung Rangga


ASUS - INTEL

ASUS – INTEL

Catatan:
Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Asus yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Asus Indonesia.

Sumber gambar dan referensi:
https://www.asus.com/id/Commercial-Notebooks/ASUSPRO-B8230UA/
http://bloggerperempuan.com/asuspro-b8230/
http://www.intel.co.id/content/www/id/id/learn/smart-shopper/5-reasons-to-upgrade.html

Iklan

38 Comments on Rahasia Ngeblog Kreatif Bersama ASUSPRO B8230

  1. Mkasih mas Agung Rangga buat sharing ttg ngeblog kreatifnya.

    Btw, pasca kuliah kamu sibuk enforcement produk IT ya. Ok, bagus sih, kan biar ilmu kuliahnya ttg desain kom visualnya teraplikasi, ya kan? He he….

  2. Semaga menang. Bagus tulisannya. Sudah terbaca dengan mengalir dan lancar.

  3. Cara dapet idenya sama nih sambil baca buku, kalau baca buku kadang ide nya suka dapet banyak 😄

  4. Untuk seorang blogger mempunyai laptop yang mumpuni seperti Asus ini berkah ya, Gung….:)

  5. kompleeettt banget euyyy! beneran bikin mupeng punya Asus Pro gegara baca artikel ini!

  6. Wah ulasan yang menarik mas…
    Apalagi ilustrasi gambarnya itu loh

  7. Hahaha, aku setujua semuanya. Kecuali nomor 3, aku gak bisa gambar sendiri 😝😝😝

  8. Wah aku malah biasanya judulnya duluan.
    Kalau ga ada ide baru belakangan judulnya tapi biasanya ga puas T_T
    Blogpostmu keren Gung, semoga menang yaaah.

  9. Aku juga pake asus dari awal kuliah, udah 5 tahun sampe skrng masih awet, kecuali batrenya yg meninggal gara-gara skripsian.

    Nice review gung, btw animasinya lucu hihi

  10. Dengan tambahan ilustrasi membuat tulisan kamu jadi gampang dimengerti. Aku sendiri kalau ditanya lagi mengenai RAM, prosesor dll nga mudeng kalau nga ada ilustrasi seperti yang kamu buat diatas. Terima kasih yach dan semoga menang.

  11. Wah, keren ulasannya lengkap ya. Ram nya bisa upgrade, ini baru paten. Semoga menang ya

  12. Semoga menang ya Guuuung

  13. Keren mas ada komiknya segala, kayaknya bakalqn menang ni, saya leptopnya lagi ngehang…aktivitas ngeblog jadi tersendat, aihhh jadi tergiur asus

  14. asikkk agung turun, sukses yah, suka deh sama kartunnya, ayo ngelomba lagi banyak lomba yang bisa digarap dengan kemampuan mu gung

  15. cocok banget nih anak DKV bikin konten kreatif ditambah gambar2 yg menarik. Good luck ya Agung

  16. rahasia kreatif dengan tulisan kreatif

  17. Hai kakak salam kenal yah.

  18. Halo Gung, kayaknya kita pernah ketemu pas di launching FWD kah? *moga ga salah*
    Hihi, baru pertama berkunjung kesini kayaknya nih ya, ampun 🙂 Selamat yak jadi salah satu juara juga. Aku suka, simple tapi padat berisi 🙂

  19. KAlo saay, ide – tulis – research- tulis ulang – edit -edit – edit -edit, sampe pc ng-lag :D,, 2500 kata bisa jadi 600 doank :D, tapi se,oga bisa beli laptop biar lebih gampang ane nge-blog, amin.. aminin gan ! :d

Apa komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: