Iklan
UPDATE

Harga Gitar Akustik dari Berbagai Merk dan Tips Membelinya

Pilih Gitar Akustik Yamaha, Cort atau Ibanez?

Harga Gitar Akustik dari Berbagai Merk dan Tips Membelinya Harga Gitar Akustik dari Berbagai Merk dan Tips Membelinya

Intermeso – Harga Gitar Akustik dari Berbagai Merk dan Tips Membelinya. Bermain gitar merupakan sebuah hobi yang mengasyikkan. Selain untuk bersosialisasi dan kesenangan pribadi, kemampuan bermain gitar juga bisa menjadi ketrampilan yang mendatangkan penghasilan.

Tidak heran jika saat ini banyak anak muda yang senang mengembangkan bakatnya dalam memainkan gitar. Salah satunya adalah dengan menggunakan gitar akustik. Jika kamu juga memiliki hobi bermain gitar dan ingin membelinya, maka informasi mengenai harga gitar akustik dari berbagai merk dan tips untuk membelinya, menjadi penting untuk diketahui.

Daftar Harga Gitar Akustik Yamaha, Cort dan Ibanez

Daftar Harga Gitar Akustik Yamaha, Cort dan Ibanez

Daftar Harga Gitar Akustik Yamaha, Cort dan Ibanez [sumber: pexels.com]

Gitar akustik disebut juga dengan gitar klasik. Hal ini dikarenakan senar nylon yang masih dipakai sejak awal dibuatnya, hingga saat ini. Berbagai merk gitar bertaraf internasional juga masih menggunakan senar jenis nylon ini, walaupun ada juga yang sudah menggunakan senar steel. Walaupun demikian, masing-masing merk tentu memiliki keunggulan dan harga gitar akustik yang berbeda-beda. Sebelum menentukan merk apa yang akan dibeli, ada baiknya jika kita mengenal lebih jauh merk-merk tersebut. Adapun merk-merk gitar dan harganya adalah:

1. Yamaha

Yamaha telah menjadi merk gitar yang banyak dipilih. Tidak hanya masyarakat biasa, musisi ternama dunia pun banyak yang menggunakan gitar ini. Kualitasnya memang tidak perlu diragukan lagi. Untuk memenuhi kebutuhan konsumen dari berbagai kalangan, Yamaha juga menyediakan berbagai tipe produk dengan harga gitar Yamaha yang beragam. Untuk gitar klasik natural seperti tipe GL1, bisa dibeli dengan harga 720 ribu rupiah. Sedangkan C-315 harganya 860 ribu rupiah, F-310P 1,1 juta rupiah dan harga gitar akustik tipe F-310 harganya 1,2 juta rupiah.

Selain gitar klasik, Yamaha juga banyak menawarkan gitar akustik elektrik. Beberapa tipenya sangat cocok digunakan oleh professional maupun pemula. Bahkan gitar APX 500II menjadi gitar Yamaha yang paling laris di dunia. Berbagai pilihan warna dan seri telah diluncurkan untuk tipe ini. Harga gitar akustik elektrik tersebut berkisar antara 2,1 hingga 2,7 juta rupiah. Tipe gitar akustik elektrik lainnya adalah FX310 yang memiliki harga 1,3 juta rupiah, AD810E yang memiliki harga 1,9 juta rupiah dan CPX500II yang harganya 3,1 juta rupiah.

2. Cort

Pabrikan Cort telah menjadi salah satu produsen gitar terbesar di Asia. Pabrik yang kini berlokasi di Indonesia ini telah memproduksi berbagai jenis gitar dengan kualitas internasional. Kualitas gitar tersebut tidak kalah dengan merk lainnya, seperti Yamaha. Harga gitar akustik Cort dengan tipe Open Pore SFX-ME-OP memiliki harga 2 jutaan. Sedangkan Earth Grand F-OP sekitar 3,4 jutaan rupiah. Untuk harga gitar akustik elektrik dengan tipe AD-880CE-NAT, Cort memberi harga 2,4 juta rupiah. Dan tipe AD810E, harganya 1,97 juta rupiah.

3. Ibanez

Ibanez memang telah merajai penjualan gitar bazz di dunia. Tetapi tidak hanya itu, brand ini juga menawarkan berbagai gitar akustik yang telah dipakai banyak musisi dunia. Produk asal Jepang tersebut memang mampu memberikan spesifikasi maupun kualitas alat musik yang sangat tinggi. Tidak heran jika harganya juga lebih mahal dari para pesaingnya. Adapun harga gitar Ibanez akustik elektrik tipe AEG8E adalah 2 jutaan rupiah. Sedangkan untuk gitar klasik elektrik tipe GA6CEAM harga yang ditawarkan adalah 2,4 juta rupiah.

Masing-masing merk memang menawarkan harga gitar akustik yang berbeda-beda, dengan tipe dan kualitas yang berbeda pula. Sehingga sebelum membelinya, kita harus mengetahui dulu dengan jelas kebutuhan dari penggunaan gitar tersebut. Apakah untuk pemula yang masih belajar menggunakan gitar, ataukah untuk professional. Dengan demikian, maka kita bisa membeli gitar yang tepat dengan harga yang juga sepadan. Beberapa tips juga dibutuhkan agar gitar yang dibeli memang memiliki kualitas yang diharapkan.

Tips Membeli Gitar Akustik

Tips Membeli Gitar Akustik

Tips Membeli Gitar Akustik [sumber: pexels.com]

Suara yang indah memang mampu dihasilkan oleh sebuah gitar akustik. Walaupun demikian, kualitas suara tersebut akan berbeda-beda tergantung pada bahan maupun keahlian dari pembuat gitar. Agar bisa membeli gitar akustik yang bagus dan mampu menghasilkan suara merdu, tidak hanya harga gitar akustik saja yang menjadi pertimbangan. Ada beberapa tips yang juga harus diperhatikan. Tips-tips ini akan sesuai untuk berbagai merk gitar, apakah itu Yamaha, Cort ataupun Ibanez. Tips tersebut adalah :

1. Bahan dan body gitar

Body gitar dapat terbuat dari berbagai bahan. Yaitu triplek, paduan triplek dan kayu serta full kayu. Kualitas gitar terbaik adalah yang terbuat dari bahan full kayu. Gitar ini mampu menghasilkan suara yang lebih bagus serta lebih berat. Tetapi tentu saja, harga gitar akustik full kayu umumnya memang lebih mahal daripada yang triplek. Selain itu bentuk body gitar juga akan mempengaruhi suaranya. Cutaway atau lekukan yang ada antara leher dan body gitar mampu membuat gitar meraih nada-nada tinggi.

2. Leher gitar

Selain body, leher gitar juga akan mempengaruhi kualitasnya. Neck atau leher gitar yang bagus adalah yang bentuknya lurus tanpa bengkok. Agar tidak mudah bengkok, biasanya pada leher tersebut ditempatkan besi penyangga atau truusord. Walaupun harga gitar akustik murah yang kita pilih, usahakan tetap memilih gitar dengan leher yang tidak bengkok. Leher gitar juga harus bebas dari sambungan, apalagi yang terbuat dari bahan berbeda. Selain itu, ukuran leher harus sesuai genggaman tangan penggunanya. Sehingga saat menggunakan, akan terasa lebih nyaman.

3. Fret gitar

Saat akan membeli gitar, sebaiknya memilih produk yang memiliki fret berbahan stainless steel. Bahan ini mampu menghasilkan suara yang lebih bagus. Stainless steel juga lebih awet. Cobalah juga mengecek kekerasan fret. Semakin keras fret, maka kemampuannya menahan gesekan senar akan semakin baik. Selain itu, jumlah fret juga harus dicermati. Semakin banyak jumlah fret, maka akan semakin mudah untuk mencapai nada tinggi. Fret berkualitas bagus akan membuat harga gitar akustik yang mahal sekalipun terasa sepadan dengan suara yang dihasilkan.

4. Mencoba suara gitar

Tips terakhir saat hendak membeli gitar adalah mencoba suaranya secara langsung. Harga gitar akustik yang mahal sekalipun tidak akan ada artinya jika menghasilkan suara yang jelek. Karena itu cobalah semua nada dengan menekan senar satu demi satu. Lakukan percobaan ini dari fret ke-5 hingga yang tertinggi. Selanjutnya coba juga menstem gitar. Sebuah gitar yang baik adalah yang mudah untuk distem atau diputar, tetapi kuat atau tidak mengalami perubahan suara senar. Alat stem sebaiknya tidak bergetar saat dibunyikan.

Setelah keempat tips diatas dilakukan, maka kita bisa mengetahui kualitas gitar yang akan dibeli. Kecermatan saat pemilihan produk bisa membuat harga gitar akustik yang tidak terlalu mahal mampu memiliki kualitas suara yang sangat bagus. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan dan mampu menunjang hobi bermusik yang dimiliki.

Sebaliknya, kita pun tidak akan merasa menyesal karena membeli produk yang mahal tetapi kualitasnya rendah. Karena itu informasi mengenai harga dan tips di atas diharapkan bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum membeli gitar. Untuk informasi review dan harga yang lengkap, kamu juga bisa mengeceknya di http://www.bhinneka.com/category/gitar_akustik.aspx.

Salam,
Agung Rangga


Catatan: tulisan ini adalah sponsored post

Iklan

7 Comments on Harga Gitar Akustik dari Berbagai Merk dan Tips Membelinya

  1. Keren sponsored post lg.

    Artikel ini mnarik, pling cocok buat adik saya yg SMK, lg senang2 main gitar, tp gitar lmanya udah gak maksimal lg.

    Mksih tips nya mas Agung, biar sya share ke dia nnti.

  2. yg paling keren itu harga sebanding dengan kualitas ya

  3. Harganya lumayan ya sekarang. Aku beli gitar pertama itu tahun 1995, harganya 500rb dan dulu keknya udah top banget 😀 hahaha masih awet sampe sekarang

Apa komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: