Semester 2 di Magister Desain

Semester 2 di Magister Desain

Semester kedua saya saat kuliah di jurusan Magister Desain dilaksanakan sekitar bulan Januari-Mei 2019. Tidak jauh berbeda dengan semester 1 kemarin, di semester ini saya masih kuliah di kelas seperti biasa. Ada beberapa mata kuliah yang merupakan lanjutan dari mata kuliah di semester lalu, dan ada juga mata kuliah yang baru di semester ini. Total ada 6 mata kuliah dengan bobot keseluruhan sebesar 13 SKS.

Lanjutan dari: Semester 1 di Magister Desain

Desain & Media

Mata kuliah pertama adalah Desain & Media, dengan bobot 2 SKS, dan diajari oleh Pak Dr. Intan Rizky Mutiaz M.Ds. Pada mata kuliah ini, kami belajar cara mengembangkan media baru sebagai bahan pembelajaran. Tugas yang diberikan adalah tugas kelompok, di mana kelompok saya membuat sebuah video vr (virtual reality) yang berisi materi tentang pengenalan serangga untuk anak-anak sekolah dasar. Saya bertugas dalam pembuatan ilustrasi serangga lebah dan kupu-kupu.

Menunggu masuk kelas di gedung S2 FSRD ITB
Menunggu masuk kelas di gedung S2 FSRD ITB

Teori Komunikasi

Mata kuliah kedua adalah Teori Komunikasi, dengan bobot 2 SKS, dan diajari oleh Pak Hafiz Aziz Ahmad S.Sn.,M.Des.,Ph.D. Uniknya, mata kuliah ini sebenarnya kami ambil di semester 1, dan sudah dipelajari sampai akhir juga. Namun, karena bobot SKS di semester 1 kemarin sudah banyak, jadi mata kuliah ini diambil lagi di semester 2 (tapi tidak belajar lagi). Seperti namanya, mata kuliah ini mengajarkan kami bagaimana cara berkomunikasi. Tugas yang diberikan adalah menganalisis sebuah iklan dan latihan membuat artikel jurnal.

Manajemen Produksi

Berikutnya ada mata kuliah Manajemen Produksi, dengan bobot 2 SKS, dan diajari oleh Pak Banung Grahita, S.Ds.,M.Ds.,Ph.D. Mata kuliah ini mengajarkan kami bagaimana mengelola dan mengatur alur proses produksi sebuah karya desain. Tugas besar yang kami kerjakan adalah membuat sebuah rancangan aplikasi yang dikerjakan secara berkelompok. Kebetulan, kelompok saya membuat rancangan aplikasi media sosial khusus mahasiswa ITB, tentu saja berdasarkan hasil riset dan wawancara ke beberapa mahasiswa di sini.

Kumpul-kumpul bersama teman sekelas
Kumpul-kumpul bersama teman sekelas

Desain dan Faktor Manusia II

Mata kuliah keempat adalah Desain dan Faktor Manusia II, dengan bobot 2 SKS, dan diajari oleh Pak Andar Bagus Sriwarno, S.Sn.,M.Sn.,Ph.D. Saya agak bingung sih, kenapa ada angka 2-nya di nama matkul ini, soalnya di semester kemarin kami tidak mengambil matkul dengan nama yang sama (biasanya kalau ada angka 2, berarti matkul lanjutan dari semester sebelumnya). Di matkul ini, kami belajar bagaimana memahami sebuah desain dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Tugas besarnya kalau tidak salah adalah membuat resume dari beberapa jurnal.

Teori Desain II

Selanjutnya ada mata kuliah Teori Desain II, dengan bobot 2 SKS, dan diajari oleh Pak Hafiz Aziz Ahmad S.Sn.,M.Des.,Ph.D. Ini adalah matkul lanjutan dari Teori Desain I di semester 1 kemarin. Tidak jauh berbeda dengan semester sebelumnya, di matkul lanjutan ini kami memperdalam teori-teori yang nantinya akan dipakai untuk tesis. Tugas besarnya kalau tidak salah kami diminta membuat artikel untuk jurnal. Saya membuat sebuah artikel jurnal berformat article review sesuai dengan teori-teori yang akan saya pakai untuk tesis saya. Sayangnya, artikel jurnal ini gagal untuk diterbitkan, alasannya karena… (nanti saya ceritakan di tulisan semester 3).

Liburan sebelum UAS
Liburan sebelum UAS

Metode Penelitian Desain

Terakhir ada mata kuliah Metode Penelitian Desain, dengan bobot terbesar di semester ini: 3 SKS, yang diajari oleh Pak Dr. Achmad Syarief S.Sn.,M.Sc. Matkul ini cukup seru, karena selain diajari oleh dosen utamanya, kami juga diajari oleh beberapa dosen tamu yang berasal dari berbagai bidang di keilmuan desain! Benar-benar menambah wawasan sih. Untuk tugas besarnya, kami diminta untuk membuat proposal tesis yang terdiri atas Bab 1 dan Bab 2, untuk kemudian dipresentasikan ke dosennya. Jujur, proposal tesis saya waktu itu ditolak, hiks. Tapi syukurlah saya bisa lulus dari matkul ini.

Nah, itu semua adalah mata kuliah yang saya pelajari di semester kedua waktu kuliah di Magister Desain ITB. Syukurlah saya bisa melalui semester ini dengan lancar, biarpun IP saya sempat turun sedikit, hehe. Hmm, kira-kira ada apa ya di semester ketiga nanti?

Bersambung ke : Semester 3 di Magister Desain (Bagian 1)

Salam,
Agung Rangga

Diterbitkan oleh

Agung Rangga

Hai, salam kenal! Saya adalah seorang dosen yang hobi menulis, baca komik, dan jalan-jalan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s