28 Tahun

28 Tahun
28 Tahun

Selamat ulang tahun, Gung! Lagi, lagi, saya harus memberitahu semua yang membaca tulisan ini, bahwa ulang tahun saya adalah 10 September. Yap, seperti biasa, akhir-akhir ini saya selalu telat menulis tentang perayaan hari spesial saya di blog ini. Berhubung kita sudah di penghujung tahun 2021, jadi ada baiknya saya segera menyelesaikan tulisan tentang ultah ke-28 ini.

Di usia yang hampir memasuki “kepala 3” ini (ouch!), ada banyak sekali hal yang terjadi dalam hidup saya. Apalagi, karena saya sudah memiliki pekerjaan tetap, tentu membuat hari-hari saya menjadi lebih “berwarna”. Entah itu warna yang indah, maupun warna yang suram. Tapi tidak apa-apa, namanya juga proses pendewasaan. Sedikit demi sedikit, saya semakin memahami bahwa, jadi orang dewasa itu berat, tapi seru!

Pencapaian di Usia Ini

Sehat selalu ya, Gung!
Sehat selalu ya, Gung!

Saya mengubah sedikit sub-bab ini, dari “Pencapaian Tahun Ini” ke “Pencapaian di Usia Ini”, karena saya akan menghitung dari September 2020 ke September 2021. Pertama, pastinya saya sangat bersyukur karena sudah punya pekerjaan tetap, yaitu mengajar sebagai dosen di almamater S1 saya dulu. Hmm, jujur, sampai saat ini saya masih tidak menyangka bahwa saya “beneran” jadi dosen, cita-cita dadakan pas masa kuliah yang jadi kenyataan.

Sampai tulisan ini dibuat, saya sudah jadi dosen di jurusan DKV Universitas Telkom selama 1,5 tahun (3 semester). Jujur, dulu saya kira dosen itu tugasnya hanya mengajar dan memberi nilai saja. Tapi pas sudah dijalani, wow, behind-the-scene-nya sungguh…spektakuler! Mulai dari melaksanakan kewajiban tri dharma (pengajaran, penelitian, pengabdian pada masyarakat), tugas fungsional, jadi anggota panitia acara tertentu, jadi pembimbing dan penguji tugas akhir, bahkan semester ini saya sudah jadi dosen wali untuk 25 orang mahasiswa!

Mungkin kapan-kapan saya akan tulis pengalaman selama 1,5 tahun mengajar di universitas, karena tulisan ini kan fokus untuk membahas ulang tahun saya yang ke-28~ Oke, selain jadi dosen, sepertinya tidak ada lagi sih pencapaian saya yang “grande”. Paling cuma pencapaian-pencapaian kecil seperti saya mulai rajin olahraga, mulai menyisihkan gaji untuk ditabung (iya Ma, ini udah mulai nabung kok), dan berusaha untuk mengatur waktu seefisien mungkin (ini yang paling sulit).

Hadiah Ulang Tahun

Hadiah yang ke-28
Hadiah yang ke-28

Bicara soal hadiah ultah, tidak ada hadiah yang saya dapatkan dari orang lain sih, selain ucapan “selamat ulang tahun” di grup Whatsapp, yang merupakan template copy-paste atau forward-an dari orang-orang yang mengucapkan duluan (astaga, gak kreatif banget deh!). Yaa, saya sih tidak terlalu mempermasalahkan itu. Lagipula, kebetulan hari ulang tahun saya bertepatan dengan salah satu hari tersibuk bagi rekan-rekan kerja saya: perwalian semester! Jadi, ya sudah lah ya~

Nah, seperti biasa, saya selalu memberikan hadiah ultah untuk diri saya sendiri dong~ Tahun ini saya memberikan hadiah berupa ponsel baru keluaran lama: Apple iPhone XR. Setelah hampir 3 tahun tidak mengganti ponsel, akhirnya saya menukar Apple iPhone 6 dan Samsung Galaxy A8 2018 saya ke ponsel ini. Berkat menyisihkan gaji dari awal mengajar, akhirnya bisa terbeli juga~ Senang banget rasanya punya ponsel ber-“poni”, hahaha~

Harapan dan Impian

Kue dan kopi selebrasi setiap ulang tahun
Kue dan kopi selebrasi setiap ulang tahun

Hmm, kalau ini sepertinya masih sama sih dengan tahun lalu. Saya berharap bisa segera memiliki hunian layak yang sederhana, tidak perlu terlalu besar, dan tidak terlalu jauh juga dari kampus. Kemudian, saya juga berharap agar bisa menjadi dosen tetap di kampus ini. Iya, saat ini status saya masih dosen fulltime, doakan semoga segera jadi dosen tetap ya~ Selain itu, saya juga ingin segera naik jabatan fungsional ke jenjang Asisten Ahli, biar lebih mantap!

Impian saya lainnya, semoga saya bisa sehat selalu, semakin rajin merawat diri, semakin mahir mengelola waktu, dan berusaha untuk dapat mengendalikan emosi, entah itu emosi baik atau emosi buruk. Yang terakhir ini saya masih banyak belajar sih, karena jujur, di usia ke-28 ini saya menghadapi berbagai cobaan hidup yang membuat saya hampir goyah. Tapi tidak apa, lagi-lagi, ini proses pendewasaan yang harus saya hadapi.

Yap, kira-kira begitulah yang saya rasakan di ulang tahun saya yang ke-28 ini. Sekali lagi, tulisan ini sangat telat dibuat, karena saya ulang tahun tanggal 10 September 2021 kemarin. Semoga saja tulisan ke-29 nanti bisa terbit tepat waktu. Terima kasih sudah baca sampai sini!

Jadilah yang pertama berkomentar

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*