Iklan
UPDATE

Satu Semester di DKV

#PopNoteRecovery

Satu Semester di DKV Satu Semester di DKV [sumber: shutterstock.com]

Curhat – Satu Semester di DKV. Yap, kali ini saya akan membahas bagaimana saya menjalani rutinitas sehari-hari saya selama menjadi seorang mahasiswa. Iya, hohho, sekarang status saya sudah mahasiswa di Institut Manajemen Telkom Bandung, tepatnya di jurusan Desain Komunikasi Visual a.k.a DKV~

Semester pertama telah saya lewati dengan berbagai perjuangan, dari mulai ospek, awal-awal kuliah dan mengenal dunia desain, mendapatkan banyak teman baru dari berbagai macam suku di Indonesia, menyelesaikan banyak tugas, hingga menjalani ujian akhir dan mendapat nilai. Hmm, mari kita mulai~

Awal Kuliah

OKMB atau Orientasi Kegiatan Mahasiswa Baru merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan kampus saya (biasa dikenal sebagai ospek). Jujur, ini merupakan pengalaman tak terlupakan seumur hidup saya. OKMB dilaksanakan satu minggu, rinciannya: 1 hari ospek sekolah (fakultas), 2 hari ospek jurusan (prodi) dan 3 hari ospek kampus (univ).

Pas OKMB sekolah dan jurusan sih saya merasa senang, karena banyak kegiatan seru dan seminar yang diadakan saat itu. Nah, pas OKMB kampus, baru berasa apa itu arti ospek yang sesungguhnya… Pokoknya gitulah, yang namanya ospek tentu bertujuan agar mendisiplinkan kami, mahasiswa baru. Seru, menegangkan, dan,, gitulah~

OKMB selesai, kami mulai masuk perkuliahan. Di jurusan DKV, kami dibagi menjadi 2 macam kelas. Kelas utama (biasanya untuk mata kuliah umum) dan kelas studio (untuk mata kuliah khusus). Karena di kampus saya jurusan DKV paling sedikit jumlah mahasiswanya (untuk angkatan saya cuma berjumlah 100-an orang), maka kelas utama dibagi 3 kelas (Kelas A, B, dan C) dan kelas studio dibagi jadi 5 kelas (Studio 1, 2, 3, 4, dan 5). 1 kelas utama berisi sekitar 40-an mahasiswa, sedangkan 1 kelas studio hanya berisi 20-an siswa. Saya masuk ke kelas utama A dan kelas studio 2.

Dapat Teman Baru

Kalau dulu pas jaman SD sampai SMA, paling teman-teman sekelas saya berasal dari kota yang sama semua, bahkan, bisa cuma beda komplek rumah dengan saya. Lain banget pas kuliah, bayangkan saja, kamu bisa berteman dengan orang-orang yang benar-benar baru (bahkan asing), dan mereka bisa berasal dari berbagai macam suku dengan budaya dan logat bicara yang beraneka ragam, sesuai dengan daerah asal mereka! Seru? Bangeeet!!! Gak pernah terlintas di benak saya kalau saya akan mengalami hal ini, memiliki banyak teman dari se-Indonesia.

Oh iya, saya di Bandung tinggal di asrama putra. Asrama itu tidak hanya berisi mahasiswa dari kampus saya saja (IMT), melainkan juga dari 3 kampus yang tergabung dari Yayasan Pendidikan Telkom (ITT, Poltek, dan STISI). Yaa, selama satu semester ini sih saya merasa nyaman-nyaman saja tinggal di asrama itu.

Akses ke kampus lumayan juga sih jaraknya, untung disediakan minibus untuk antar-jemput dari asrama ke kampus. Karena letak asramanya di tengah-tengah Buahbatu dan Dayeuhkolot, maka akses ke Bandung kota pun gak sulit. Hehe, kalau suntuk dari kuliah, saya dan teman-teman saya sering jalan-jalan ke bandung kota. Ada BIP, BEC, Gramedia, Dago, dan masih banyak lagi~

Tugas Banyak

Mungkin ini yang paling sering dikeluhkan sama teman-teman saya, tugas di DKV itu banyak! Banyak memakan waktu, banyak jenis tugasnya, juga banyak menghabiskan jatah uang bulanan kami! Nah, karena ada 2 macam kelas, maka di DKV juga ada 2 macam tugas.

Untuk mata kuliah umum di kelas utama sih tugasnya cuma seperti tugas-tugas pas SMA, disuruh jawab soal, presentasi kelompok, buat makalah ilmiah, dan sejenisnya. Dan untuk mata kuliah khusus di kelas studio, tugasnya berupa membuat karya serta konsep dari karya itu sendiri. Paling susah yang mana? Well, semuanya sih susah,, kalau kamu udah pesimis duluan.

Yaa, bukan maksud saya untuk sombong atau apalah, tapi percaya atau tidak, saya tidak merasa terbebani dengan tugas-tugas itu. Justru saya merasa enjoy, menikmati setiap tahap penyelesaian tugas, baik itu tugas ngerjain soal maupun bikin karya.

Kenapa? Hahha, karena memang passion atau hasrat terbesar saya ya di sini, di dunia seni dan desain. Saya memilih kuliah di jurusan DKV bukan asal-asalan pilih, melainkan karena memang saya kedepannya ingin jadi seorang desainer, seniman, ilustrator, animator, komikus, atau apalah itu. Ya, karena saya benar-benar mencintai seni. Itu. *gaya ala pak mario teguh*

Ujian dan Nilai

Nah, kalau mengenai ujian, di DKV ujian (baik itu UTS maupun UAS) juga dibagi jadi 2 minggu. Biasanya, minggu pertama untuk ujian kelas studio (3 hari untuk 3 mata kuliah khusus), dimana pas ujian kami biasanya hanya mengumpulkan karya, menggambar, atau hanya menulis konsep karya yang kami buat (gak ada soal apapun~~~). Dan di minggu kedua ada ujian kelas utama (4 hari untuk 4 mata kuliah umum), disini kami disuruh menjawab soal-soal yang sudah disediakan, gak beda dengan pas jaman SD-SMA.

Tentang nilai, err, ya bisa dibilang nilai saya cukup memuaskan lah~ Setelah review UAS kemarin bersama dosen pembimbing, syukurlah saya gak termasuk yang harus mengulang di mata kuliah tertentu. Ya, ada sih beberapa teman saya yang kurang beruntung (atau memang karena kesalahan mereka sendiri) yang harus mengulang satu atau beberapa mata kuliah di semester depan.

Oh, bagaimana dengan IP a.k.a nilai akhir? Huhuhu, sampai sekarang baru 3 mata kuliah khusus yang ketahuan nilainya, sedangkan 4 mata kuliah umum lainnya belum ketahuan. Jadi, baru IP-s (IP sementara) yang bisa dilihat, sedangkan IP-total-nya belum ada.

Akhir kata, saya hanya bisa berharap agar IP saya bagus (mungkin juga harapan semua mahasiswa), dan semoga saya bisa lebih meningkatkan prestasi saya di kampus. Well, kira-kira itulah review kegiatan saya di kampus selama satu semester pertama ini. Seru? Banget! Gak sabar buat cepat-cepat ke semester kedua! Sembari menunggu liburan semester berakhir (sampai pertengahan Februari), mari kita ngeblog dan blogwalking~

Salam – Agung Rangga

Iklan

Apa komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: