Iklan
UPDATE

Kuliah Semester 6 di DKV

7 Matakuliah dengan 21 SKS

Kuliah Semester 6 di DKV. Kuliah Semester 6 di DKV.

KuliahSemester 6 di DKV. Semester genap dalam tahun ketiga saya kuliah di jurusan Desain Komunikasi Visual, adalah tanda bahwa saya semakin mendekati akhir masa studi S1. Semester 6 adalah semester terakhir dengan jumlah matakuliah yang banyak, yaitu 7 matkul dengan total 21 SKS. Bagaimana kesan di semester ini?

Eits, sebelum lanjut membaca, perlu saya beritahukan bahwa tulisan ini saya buat untuk memberikan gambaran padamu tentang seperti apa mata kuliah yang diajarkan di jurusan “Desain Komunikasi Visual” (DKV). Mungkin tidak semua universitas mengajarkan matakuliah yang sama dengan kampus saya (Telkom University), namun kurang lebih inti pelajarannya berkisar tentang desain dan seni (dengan tambahan ilmu manajemen dan bisnis).


Creative Writing (3 SKS)

Dimulai dengan matakuliah Creative Writing (Menulis Kreatif). Ini adalah matkul pilihan khusus untuk jurusan DKV, yang dapat diambil oleh semua konsentrasi DKV. Oh iya, DKV kampus saya terbagi ke dalam 4 konsentrasi (penjurusan lagi), yaitu Desain Grafis, Multimedia, Advertising, dan Manajemen Desain (ini yang saya ambil). Tiap konsentrasi punya matkul berbeda-beda (tapi ada juga yang sama sih).

Seperti namanya, matakuliah Creative Writing ini mengajak mahasiswa belajar cara menulis yang kreatif. Kemampuan menulis (bahasa kerennya: copywriting) merupakan salah satu nilai tambah bagi seorang desainer. Kemampuan ini bakal sangat berguna apabila kamu hendak melanjutkan karir di bidang media atau agensi periklanan.

Baca juga: Kuliah Semester 4 di DKV

Artikel di media cetak/online, script film/iklan, cara penyampaian pesan yang efektif, semua dipelajari di matkul 3 SKS ini. Dosen yang mengajar waktu itu adalah Pak Nala Nandana Undiana. Tugas yang diberikan lebih banyak tugas individu, dan beberapa tugasnya antara lain menceritakan kembali isi buku, menulis pesan sebuah iklan, hingga mempelajari semiotika.


Pemasaran & Perilaku Konsumen (3 SKS)

Matakuliah yang satu ini termasuk matkul teori. Di dalam matkul yang diajar oleh Bu Maria Apsari Sugiat ini, saya belajar bagaimana cara melakukan pemasaran suatu produk dan menganalisis perilaku konsumen terhadap produk tersebut. Sebenarnya ini adalah pengembangan materi dari matkul sebelumnya, yaitu Riset Pemasaran. Tugas yang diberikan adalah tugas individu, dimana kami harus menganalisis sebuah produk dari sudut pandang pemasaran dan perilaku konsumennya.


Studio Manajemen Desain 4 (4 SKS)

Berbeda dengan Studio Manajemen Desain 3 yang fokus pada membuat video profile, di matakuliah Studio Manajemen Desain 4 ini kami belajar cara me-rebranding suatu UKM! Dosen yang mengajar adalah Pak Bijaksana Prabawa, dosen yang memiliki keahlian khusus dibidang branding. Saya mendapat kelompok bersama 3 teman laki-laki, yaitu Cecep, Haman dan Wahyu.

Karena tugasnya harus rebranding UKM, kami pun mencari-cari UKM di sekitaran Bandung. UKM Sardjana Food yang memiliki usaha di bidang kedai masakan sunda (terutama nasi liwet bakarnya), terpilih sebagai UKM yang akan kami rebranding. Waktu itu kami berempat menyambangi kedai Sardjana Food di kawasan Cimahi. Di sana kami melakukan wawancara bersama pemiliknya, dan kejutan, habis wawancara kami ditraktir seporsi nasi bakar oleh pemiliknya UKM ini! (rejeki~)

Tugas rebranding ini dimulai dari pembuatan logo baru, dan logo buatan sayalah yang akhirnya terpilih. Setelah itu, masing-masing dari kami berempat membuat beberapa alternatif desain untuk berbagai keperluan rebranding ini. Diantaranya adalah stationery, desain foodtruck, packaging makanan, desain sosial media, website, banner, booth pameran, tas, hingga desain flyer, poster, dan iklan majalah. Tugasnya lumayan berat sih, tapi syukurlah saya mendapat nilai yang memuaskan~


Manajemen Inovasi (3 SKS)

Di matakuliah teori ini, saya belajar tentang bagaimana mengelola sebuah inovasi dalam bidang desain dan produk. Inovasi sangat diperlukan agar desain kita dapat berbeda dibanding yang sudah ada, serta tidak terlihat monoton. Matkul ini diajar oleh Pak Muliadi Palesangi (yang kemudian digantikan oleh Pak R. Susanto), dan tugas yang diberikan ada tugas individu dan tugas kelompok.

Baca juga: 7 Peralatan Kuliah Untuk Mahasiswa DKV


Portofolio Strategi (3 SKS)

Matakuliah ini adalah gabungan matkul praktik dan matkul teori. Matkul yang diajar oleh Pak Aditya Satyagraha ini mengajarkan mahasiswa untuk membuat portofolio karyanya. Portofolio adalah kumpulan karya-karya terbaik seorang desainer yang dikemas ke dalam suatu buku portofolio atau web/situs online. Portofolio ini sifatnya sangat wajib untuk dimiliki tiap desainer, karena, saat pertama kali melamar di perusahaan, pasti yang ditanya duluan adalah si portofolio karya ini.

portfolio book~ 😊

A post shared by Agung Rangga Lawe (@agungrangga) on

Di matkul ini, tugas yang diberikan adalah tugas individu. Di sini saya belajar membuat buku portofolio, membuat CV (Curriculum Vitae) kreatif, hingga logo sendiri dan stationery. Oh iya, logo dari blog ini (simbol daun semanggi berwarna merah putih) dibuat di matkul Portofolio Strategi loh! Logo daun semanggi ini saya bentuk menjadi inisial nama saya: “AR”. Apa kamu bisa melihatnya?


Manajemen Strategi (3 SKS)

Lanjut ke matkul teori lainnya, yaitu Manajemen Strategi. Di matakuliah ini, kami belajar bagaimana cara mengatur strategi untuk sebuah perusahaan. Yaa, barangkali saja setelah lulus nanti ada salah satu di antara kami yang melanjutkan kerja di perusahaan, atau bahkan memiliki perusahaan sendiri. Strategi-strategi ini sangat erat kaitannya dengan dunia manajemen dan bisnis. Matkul ini diajar oleh Pak R. Susanto, dan tugas yang diberikan kebanyakan berupa tugas individu.


General Branding (2 SKS)

Di matakuliah terakhir ada General Branding, yang merupakan lanjutan dari matakuliah Branding Activation di semester kemarin. Matkul yang diajar oleh Bu Wirania Swasty ini berisi penjelasan lanjutan mengenai branding secara umum. Kalau gak salah, tugasnya waktu itu adalah tugas kelompok, yaitu menganalisis branding suatu produk di pasaran.

Baca juga: Pakaian Kuliah Mahasiswa DKV


Kuliah semester 6 di DKV pun selesai, dan syukurlah semuanya berjalan dengan lancar. Oh iya, di semester ini saya sempat membuat buku cergam pertama bareng penerbit Rabbit Hole. Setelah semester ini berakhir, saya juga mulai melaksanakan magang di Penerbit Mizan. Semoga tulisan ini bermanfaat untukmu, terima kasih sudah membaca.

Salam,
Agung Rangga


Oh iya, ayo ikutan Giveaway “Cerita Hujan”! Ada hadiah berupa buku dan pulsa, deadline 7-21 Oktober 2016. 😀

Giveaway Cerita Hujan

Iklan

30 Comments on Kuliah Semester 6 di DKV

  1. Wah, mata-mata kuliahnya menarik nih, sebagian besar belom pernah gua pelajari sewaktu kuliah dulu. Lu kuliah di Telkom ya? Kok seru ya keliatannya? Hehehe. Kalo jaman gua dulu, kebanyakan disatuin ke dalam pelajaran Mayor Desain Grafis…

  2. kok seru nama mata kuliahna ya.
    saya dulu nggak jauh- jauh dari fisika matematik, fisika optik, fisika medis, fisika material, dan fisika lainnya. 😀

  3. Waaaah sudah menjelang semester akhir, cepet yaaa? Kayaknya saya terakhir ngeblog, agung lagi bahagia keterima di telkom ngomongin asrama kalo ga salah inget 😂 hihiii

  4. asyik2 ini mata kulaihnya, kekinian banget deh
    tertarik dengan branding itu..

  5. Wah sudah nunggu wisuda ternyata. Selamat ya.
    DKV sekarang lagi booming ya, banyak peminatnya.
    Ternyata ada pelajaran creative writing juga.

  6. Kok aku jadi pengen ambil kuliah pasca kaya jurusan mu ya agung, ada nulisnya, ada designnya, lengkap mendukung dunia perbloggeran

  7. Wah selamat terpilih jadi rebranding kak.
    Betewe bukannya sekarang smt ganjil sih?

    Eh di bawah sendiri ada event keren nih. Pengen ikutan deh

  8. iiih mata kuliahmu kok seru-seru banget siiiih? Kayaknya aku akan suka General branding dan creative writing deh

  9. mas, ajari lah aku tentang materi Pemasaran & Perilaku Konsumen

  10. Yaampun dulu aku pengen banget kuliah DKV, tapi akhirnya ga keterima dan masuk ke IT. Itu semua matkulnya passionku banget huhu. jadi pengen lanjut DKV

  11. Bagus artikelnya. Roman romannya satu angkatan sama temen aku nih, anak dkv telkom bandung juga

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Menulis Masa Lalu – Agung Rangga
  2. Kuliah Semester 7 di DKV – Agung Rangga
  3. Kuliah Semester Akhir di DKV (Bagian 1) – Agung Rangga

Apa komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: