7 Tahun Ngeblog di WordPress.com

Selamat ulang tahun yang ketujuh untuk blog ini~ Astaga, beneran tidak terasa lho! Kayaknya baru kemarin deh saya bikin akun di WordPress.com, tahu-tahu sudah 7 tahun aja. Waktu memang cepat berlalu ya~ (tsaaah~)

Tidak terasa sudah 7 tahun
Tidak terasa sudah 7 tahun

Di kesempatan ini, saya mau cerita sedikit tentang perjalanan blog saya hingga saat ini. Kalau bicara pengalaman pertama ngeblog, sebenarnya sudah sering banget saya tulis di blog ini. Salah satu tulisan lengkap yang menceritakan perjalanan ngeblog saya bisa kamu baca di sini: Hari Blogger Nasional.


Perjalanan Ngeblog

Perjalanan Ngeblog
Perjalanan Ngeblog [sumber: pexels]
Singkatnya, saya pertama kali ngeblog pas masih SMA, sekitar tahun 2010. Berbeda dengan teman-teman saya yang rata-rata nulis di Blogger, saya memilih nulis di WordPress.com. Ini blog pertama saya: blancrangganoir[dot]wordpress.com, tapi karena lupa password dan username-nya, jadi saya biarkan begitu saja.

Lalu bikin blog baru lagi dengan alamat agungrangga[dot]wordpress.com, yang kemudian diubah jadi popnote[dot]wordpress.com. Blog PopNote merupakan awal saya mulai menulis serius, setelah di dua blog sebelumnya saya masih sering copy-paste artikel dari situs lain.

Tahun 2014 saya memindahkan semua tulisan di blog PopNote ke blog baru dengan alamat gungrangga.wordpress.com (blog ini). Eh, akun saya malah kena suspend (ditahan) oleh WordPress.com. Sementara akun dipulihkan, terpaksa saya ngeblog di Blogger dengan alamat gungrangga[dot]blogspot.com.

Setelah akun WordPress.com pulih, saya kembali ke sini dan memindahkan tulisan yang ada di blog Blogger kemarin ke blog ini (blog yang di Blogger dihapus). Karena mau fokus ke blog gungrangga, blog PopNote pun saya hapus.

Ternyata saya lupa mengunggah backup file PopNote ke blog ini, dan laptop saya keburu rusak. Semua tulisan yang saya buat selama 4 tahun pun lenyap begitu saja. Kamu bisa membaca kisah lengkapnya di sini: Memori Yang Hilang.

Akhirnya saya move on, dan terus menulis di blog ini. Untuk menambah semangat ngeblog, saya beli domain premium “agungrangga[dot]com” untuk blog ini, juga tema premium “Pocket” yang kemudian diganti ke “MH Magazine”. Setelah itu, saya jadi semakin aktif ngeblog dan mulai dapat tawaran sponsored post.

Bulan Oktober 2017, saya memutuskan untuk mencoba self-hosted WordPress. Semua tulisan termasuk domain blog dipindahkan ke tempat hosting baru. Karena merasa tidak cocok, akhirnya saya kembali ke WordPress.com. Sayangnya, domain .com tersebut tidak bisa dikembalikan ke WordPress.com, dan layanan domain mapping tidak lagi dijual terpisah.

Dengan terpaksa, saya mengeluarkan uang lebih untuk sekalian beli paket upgrade yang ditawarkan WordPress.com (saya pilih yang “pribadi”). Sebenarnya bisa sih memetakan domain .com yang kemarin ke blog ini, tapi saya lebih memilih menggunakan domain baru. Agar mudah diingat, saya pilih domain dot blog.

Karena ganti domain, statistik seperti domain authority, page authority, hingga indeks di laman pencarian Google pun jadi mulai dari 0 lagi. Untuk menyegarkan tampilan blog, saya membeli tema premium “Lenscap”, yang sekarang digunakan di blog ini. Fyuh, kira-kira begitulah perjalanan ngeblog saya~


Mengapa Masih di WordPress.com?

Mengapa Masih di WordPress.com?
Mengapa Masih di WordPress.com? [sumber: automattic]
Mungkin kamu bertanya-tanya, sudah 7 tahun ngeblog kok masih bertahan dengan WordPress.com? Kenapa tidak sekalian pindah ke self-hosted WordPress? Bukannya lebih enak di self-hosted WordPress, bisa bebas ngutak-atik blog sesuka hati?

Hmm, sebenarnya hal ini sudah saya bahas di tulisan ini: Pindah dari WordPress.com, dan Kembali Lagi. Intinya, saya belum siap untuk untuk ngeblog di self-hosted WordPress, dan meninggalkan segala kemudahan yang ditawarkan oleh WordPress.com.

Jujur, saya cuma ingin fokus menulis konten blog. Saya paling malas berurusan dengan hal-hal teknis. Memang sih, semua itu bisa dipelajari. Tapi, kalau terus-terusan mengurusi hal teknis seputar hosting dan lainnya, kapan saya punya waktu buat nulis?

Err, mungkin terlalu berlebihan ya… Jadi gini, saya tuh orang yang mudah teralihkan perhatiannya. Sekali menemukan hal yang baru, maka perhatian saya hanya akan fokus pada hal baru itu, sampai saya merasa bosan. Takutnya, blog ini malah tidak pernah update, karena saya sibuk utak-atik “daleman” blognya.

Lagipula, layanan yang ditawarkan WordPress.com sudah cukup kok untuk saya. Dengan biaya berlangganan $48 setahun, saya sudah dapat domain unik ini, kapasitas penyimpanan 6GB serta dukungan support team yang sangat baik.

Mungkin di self-hosted WordPress, harga segitu bisa dapat layanan yang lebih bagus dibanding WordPress.com. Misalnya, kamu bisa memasang plug-in dan tema kustom. Dan yang paling dibanggakan blogger (terutama “blogger jaman now”), bisa dipasang iklan sejenis Google AdSense.

Hmm, menurut saya sih blog saya sudah cukup teroptimisasi tanpa harus memasang plug-in. Buktinya, lancar-lancar saja tuh pas diakses via komputer maupun ponsel. Selain itu, sejauh ini blog saya tidak pernah terdapat pesan “error” dan tidak pernah “down” statusnya.

Soal tampilan blog, sekarang saya lebih suka dengan tampilan yang minimalis. Tema yang dipakai saat ini menurut saya sudah pas. Tata letak konten dan navigasi menunya rapi, ringan diakses, dan yang paling saya suka: tingkat keterbacaan tulisannya sangat bagus!

Terakhir soal iklan di blog. Sebenarnya saya sempat memakai layanan WordAds (AdSense-nya WordPress) selama kurang lebih 6 bulan. Tapi, rasanya ada iklan di blog tuh mengganggu banget. Blog saya jadi tidak terlihat profesional dan kesannya saya hanya fokus mencari uang.

Tapi, setiap blogger tentu punya preferensi yang berbeda-beda. Semua bebas mengatur blognya masing-masing. Anggap saja hal yang saya sampaikan tadi cuma sekedar preferensi saya pribadi, hehehe~


Harapan Ngeblog di Tahun Berikutnya?

Harapan Ngeblog di Tahun Berikutnya?
Harapan Ngeblog di Tahun Berikutnya? [sumber: pexels]
Terakhir, harapan saya untuk aktivitas ngeblog di tahun-tahun berikutnya sebenarnya cukup sederhana sih. Semoga bisa lebih aktif menulis di blog ini dan menghasilkan konten blog dengan kualitas yang lebih baik.

Dan saya harap, tulisan-tulisan yang ada di blog ini dapat bermanfaat bagi kamu dan pembaca lainnya. Oh iya, maaf ya kalau akhir-akhir ini saya suka menulis yang panjang-panjang. Kadang ide saya mengalir begitu saja, dan susah untuk direm~

Saya juga mau mengucapkan terima kasih buat kamu yang sudah membaca tulisan ini dan tulisan-tulisan lain di blog ini. Apalagi sampai meninggalkan komentar dan membagikan tulisan saya ke media sosial, itu merupakan sebuah kehormatan besar bagi saya.

Buat yang cuma nge-like tulisan, terima kasih juga! Tapi saya sudah menonaktifkan fitur like-nya WordPress sih, jadi tidak tahu siapa saja yang memberi bintang di tulisan blog ini. Saya lebih suka kalau kamu memberi komentar, karena pasti saya jadi lebih mudah untuk mengunjungi balik blogmu~


Sepertinya cukup sekian tulisan tentang perayaan 7 tahun ngeblog di WordPress.com ini. Karena sudah lebih dari 1000 kata, mari kita akhiri saja~ Kalau kamu, sudah berapa lama ngeblog? Ada pengalaman menarik selama ngeblog? Ceritakan di kolom komentar ya~

Salam,
Agung Rangga

Iklan

Penulis: Agung Rangga

Salam kenal! Saya adalah seorang Indonesian Visual Storyteller yang hobi menulis di blog, baca komik, dan jalan-jalan.

63 thoughts

  1. Mantap mas. Sudah 7 tahun ya. Kalau saya sudah entah berapa kali dan berapa lama vakum. Mulai lagi dari 0. Tapi bener sih kalau tipe yang mudah ‘dialihkan perhatiannya’ ya mending nulis aja dulu ya. Takut malah mood nya udah rusak. Eh ujung2ny gajadi nulis.πŸ˜…

  2. Selamat ya ultah 7 thn blogging… sadiss deh.. saya malah baru lahir euy,, baru 10 days blogging… huehehehe… semoga saya bisa seperti mas Agung tetep semangat 7 thn dan seterusnya jadi penulis …salut banget… keep inspiring others…

    1. Bisa dong, saya juga pakai wordads di blog ini. πŸ˜€
      Ada beberapa syarat untuk diterima WordAds, seperti punya domain TLD, trafik kunjungan yang tinggi, dan lain-lain. πŸ™‚

Apa pendapatmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s